Semua orang pasti suka traveling. Dari anak kecil, orang muda, sampai yang lanjut usia pun pasti bakal mengangguk setuju kalau diajak jalan-jalan. Selain menyehatkan jasmani, jiwa pun juga jadi lebih kuat karena stres hilang dari pikiran.

Namun selama ini traveling identik dengan menipiskan tabungan. Uang yang sudah disimpan selama bertahun-tahun harus sirna begitu saja demi menikmati keindahan alam yang nggak pernah kamu temui sebelumnya.

Berikut adalah lima cara supaya traveling jadi lebih bermakna.

1.Tulis di blog

5 Cara supaya travelingmu jadi lebih bermakna

Keindahan bakal lebih sempurna kalau bukan cuma kamu yang mengetahuinya, tapi semua orang. Jangan pelit informasi. Jadikan perjalananmu berharga dengan menuliskan cerita-cerita perjalanan pada blog. Jangan lupa untuk memasukkan berbagai detil perjalanan, terutama tiket masuk tempat wisata, biar mereka yang ingin mengunjungi destinasimu jadi lebih terbantu.

2. Nggak suka nulis? Bikin vlog

5 Cara supaya travelingmu jadi lebih bermakna

Kalau menulis bukan bakatmu, langsung utarakan karya kamu lewat lisan. Bikin video tentang petualangan kamu saja. Tinggal ambil kamera atau smartphone, rekam dan jelaskan tentang perjalananmu. Pastikan untuk memiliki konsep sebelum bikin vlog biar nggak nyasar ke mana-mana,

3. Abadikan dengan kamera

5 Cara supaya travelingmu jadi lebih bermakna

Keindahan alam jangan dibiarkan berlalu begitu saja. Nikmati kesendirianmu dengan panorama sekitar, kemudian lukis kesempurnaan tersebut lewat kameramu. Selain bisa dinikmati sendiri, kalau hasilnya maksimal juga bisa dijual, lho.

4. Menjalin persahabatan

5 Cara supaya travelingmu jadi lebih bermakna

Traveling nggak cuma tentang kesendirian dengan alam. Kamu pun bisa menemukan sahabat baru, baik itu penduduk lokal atau orang yang satu tujuan denganmu. Siapa tahu, sahabat itu kelak menjadi jodohmu.

5. Aksi sosial

5 Cara supaya travelingmu jadi lebih bermakna

Nggak cuma traveling, kamu juga bisa menjalankan misi sosial di tempatmu berpetualang. Misalnya dengan membawakan buku-buku bagi anak-anak di desa tempat tujuanmu, atau membersihkan sampah di gunung atau pantai.

Masih ada banyak cara untuk membuat traveling jadi lebih bermakna. Jalan-jalan yang nggak sekadar liburan bakal membuat petualanganmu bakal semakin sempurna dan berharga, serta jadi memori seumur hidup.