×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Cara sederhana mencari ide untuk menulis sebuah artikel

0

N/A

5 Cara sederhana mencari ide untuk menulis sebuah artikel

Foto: Free Photos dari Pixabay

Tak usah bingung, ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menemukan ide guna menulis sebuah artikel.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

mela wn

03 / 11 / 2020 19:43

Bingung harus mulai darimana untuk menulis sebuah artikel? Bisa jadi sebagian orang sering kali mengalami persoalan tersebut dan bingung untuk mulai menulis artikel yang baik dan menarik.

Sama seperti menggali ide fiksi atau mencari kesimpulan dari sebuah cerita, menurut penulis ada beberapa cara mencari ide guna membuat sebuah artikel.

1. Kejadian viral atau berita update.

Tiap hari ada banyak berita viral atau update. Jadi, coba pikirkan berita apa dalam kurun waktu seminggu ini yang sedang viral atau sedang menjadi hot news. Berita-berita tersebut dapat kamu gunakan untuk menggali ide guna mulai menulis sebuah artikel.

2. Media massa maupun media sosial.

Loading...

Media massa maupun media sosial juga bisa kamu jadikan rujukan untuk mencari ide artikel yang akan kamu tulis. Bisa dari media sosial seperti Instagram atau media massa seperti TV yang sedang menayangkan hot issues. Kamu bisa menjadikannya ide untuk membuat artikel baru.

3. Pengalaman.

Pengalaman juga bisa kamu tulis menjadi artikel. Bisa berasal pengalaman pribadimu, pengalaman temanmu, atau pengalaman orang-orang terdekat di sekitarmu. Kamu bisa tentukan sendiri topik apa yang akan kamu bahas dalam artikel tersebut.

4. Passion.

Menulis artikel sesuai passion juga bisa. Kamu bisa menemukan ide dari berbagai hal yang kamu senangi, misalnya kamu senang travelling ke luar kota. Maka ceritakan pengalamanmu dalam artikel yang akan kamu buat.

Setiap orang tentu punya kegemaran yang berbeda-beda. Maka artikel yang dibuat pun bisa beragam. Apa passion kamu? Yuk, coba tuangkan dalam cerita dan buat artikel.

5. Benda di sekitarmu.

Kamu bisa mencari inspirasi menulis artikel dari benda di sekitarmu, entah itu gelas atau benda apa pun. Penulis pernah membuat artikel tentang poster yang ada gambar Kota Paris. Dari situ penulis terinspirasi untuk menulis artikel tentang Kota Paris yang dikagumi banyak orang karena Menara Eiffelnya. Kamu tertarik dengan benda apa? Coba jadikan ide dan inspirasimu untuk menulis sebuah artikel.

Asahlah teknik penulisanmu dan tuangkan dalam sebuah artikel atau cerita. Semangat untuk mencari ide-ide yang brilian!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red