×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Cara ampuh mengatasi gatal di vagina akibat keputihan

0

Kesehatan

5 Cara ampuh mengatasi gatal di vagina akibat keputihan

Masih banyak wanita merasa khawatir akan adanya keputihan yang terkadang terasa gatal dan menimbulkan aroma tidak sedap pada vagina.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dadang Supena

02 / 04 / 2020 14:05

 

Keputihan tentunya bukan suatu kondisi yang langka di kalangan wanita. Ketika mengalami keputihan, maka hal ini menandakan bahwa kamu tengah berada pada masa suburmu. Selain itu, keputihan juga merupakan reaksi alami tubuh yang dilakukan sebagai cara alami untuk menjaga kebersihan dan kelembapan organ kewanitaanmu.

Ketika seorang wanita mengalami keputihan, cairan yang dihasilkan oleh kelenjar vagina dan leher rahim akan keluar membawa sel-sel yang sudah mati dan juga bakteri-bakteri jahat yang merugikan kesehatan tubuh. Hal ini merupakan reaksi alami yang terjadi agar vagina tetap sehat dan terlindungi dari infeksi jamur dan bakteri.

Meski begitu, masih banyak wanita merasa khawatir akan adanya keputihan yang terkadang terasa gatal dan menimbulkan aroma tidak sedap pada vagina. Maka dari itu, ada beberapa tips untuk mengatasi keputihan agar organ kewanitaanmu tetap bersih dan sehat.

1. Jangan garuk vagina.

Loading...

Keputihan yang gatal memang sangat mengganggu sehinga kamu pun merasa gemas ingin selalu menggaruknya. Padahal, menggaruk vagina malah akan membuat rasa gatal itu menjadi semakin parah. Cukup dengan membilas vagina dengan air hangat saja sudah cukup untuk menghilangkan rasa gatal tersebut.

2. Kompresvagina dengan air dingin.

Mengompres vagina dengan air dingin ternyata juga dapat membantu menghilangkan rasa gatal di vagina akibat keputihan. Caranya adalah siapkan handuk yang telah dibasahi air dingin, kemudian kompres bagian vagina selama beberapa saat hingga rasa gatal menghilang.

3. Hindari pemberian sabun pada vagina.

Sabun yang tidak baik untuk digunakan dalam mencuci vagina adalah sabun dengan pewangi atau parfum. Pasalnya, pewangi pada sabun dapat menyebabkan alergi pada vagina yang pada dasarnya bersifat sensitif. Selain itu, pewangi pada sabun juga dapat menyebabkan rasa gatal semakin parah dan semakin lama untuk dapat disembuhkan. Selain sabun, hindari juga pemakaian bedak pada vagina.

4. Konsumsi yoghurt.

Mengonsumsi yogurt juga bisa jadi salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi rasa gatal di vagina akibat keputihan. Pasalnya, yoghurt memiliki kandungan lactobacillus yang dapat membantu melawan bakteri jahat yang menyebabkan keputihan menimbulkan rasa gatal.

5. Gunakan celana yang nyaman.

Gatal pada vagina juga bisa disebabkan oleh penggunaan celana yang tidak nyaman. Sebaiknya gunakan celana berbahan katun dan hindari penggunaan celana dalam yang terlalu ketat.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red