×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Tanda di bawah ini bisa menyebabkanmu tak merdeka secara finansial

0

Life

4 Tanda di bawah ini bisa menyebabkanmu tak merdeka secara finansial

Ayo mulai kehidupan finansial yang merdeka mulai dari sekarang!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

simon rajagukguk

04 / 09 / 2018 14:41

Kamu pasti sangat ingin keuanganmu berada pada level 3x lipat dari total pengeluaran, kan? Namun di setiap langkah pasti ada tantangannya. Banyak orang menyerah untuk mengejar target merdeka finansial, lantas apa sebabnya? Mereka menyerah dikarenakan tak punya aset-aset pendukung untuk membantu mengejar target tersebut. Tak jarang juga ada orang yang menyerah karena tidak sabar mengejar targetnya, mungkin mereka berpikir agar bisa kaya secara instan. Perlu diingat, tak ada cara cepat untuk merdeka secara finansial. Yang diperlukan di sini hanya kesabaran dan fokus kepada satu tujuan.

Nah, di artikel yang saya buat kali ini, saya akan membagikan tanda-tanda apa saja yang bisa menyebabkan seseorang gagal dalam mengejar target merdeka finansial. Jadi jika kamu ingin merdeka finansial dan menemukan tanda-tanda seperti yang akan saya bahas ini, kamu bisa muali coba menghindarinya agar tidak gagal dalam menggapai impianmu.

1. Mempunyai hutang.

Utang

Hutang bisa jadi penyebab gagalnya merdeka finansial. Karena utang dapat menghambatmu untuk mengatur keuangan. Hutang yang dimaksud salah satunya adalah tunggakan kartu kredit. Jadi bagi kamu yang ingin merdeka finansial, jangan coba-coba perbanyak hutang di kartu kredit karena ini bisa menghambatmu untuk merdeka finansial.

Loading...

2. Tidak mempunyai tabungan atau investasi.

Tabungan

Investasi dan tabungan sangat penting untuk membantu merdeka finansial. Kamu bisa mencoba untuk berinvestasi saham, reksadana, atau emas. Karena dengan mempunyai aset seperti ini, kamu akan merasa aman di hari tua. Tabungan juga penting, tetapi saran saya untuk lebih memilih berinvestasi, karena dengan berinvestasi, keuntungan yang didapat lebih besar.

3. Banyak cicilan.

Kendaraan Bermotor

Cicilan mungkin sedikit mirip dengan hutang. Cicilan yang dimaksud di sini adalah cicilan kendaraan bermotor seperti mobil, motor, dll. Bagi kamu yang ingin merdeka finansial harus bisa bertahan dari gaya hidup yang berlebihan. Kamu harus bisa memikirkan kedepannya. Coba saja pikirkan kalau kamu bekerja disebuah perusahaan bergaji sekitar 5 jutaan, dan kamu mencoba untuk kredit mobil dengan cicilan 3 juta per bulan, apakah sanggup? Memiliki mobil juga perlu biaya perawatan, dan biayanya pun tidak sedikit. Jadi harus berhati-hati dalam menentukan gaya hidup, ya!

4. Menghindari pola hidup sehat.

hidup sehat

Mungkin kamu berpikir kalau bekerja secara terus menerus bisa menjadikanmu merdeka finansial. Faktanya, banyak orang yang tidak memikirkan kesehatan mereka demi mendapatkan uang yang banyak. Logika saja, apakah kalau suatu saat jika kamu sakit maka uangmu tidak berkurang? Bisa saja uangmu akan habis dan terbuang sia-sia hanya untuk membiayai pengobatanmu. Jadi jangan sampai kamu meninggalkan pola hidup sehat agar uangmu tetap terjaga.

Nah, tanda-tanda di atas bisa kamu hindarkan jika ingin merdeka secara finansial. Memang banyak tantangan untuk meraih merdeka finansial. Tetapi itu akan mungkin kamu capai kalau kamu sudah mencegah kegagalannya mulai dari sekarang. Jadi tetap fokus kepada satu tujuan dan yakinlah akan langkahmu. Percayalah kamu pasti akan meraihnya.

Terima kasih sudah mengunjungi artikel saya, nantikan artikel selanjutnya ya!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red