Diabetes adalah penyakit yang berlangsung lama atau kronis serta ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah yang tinggi atau di atas nilai normal. Kadar gula dalam darah dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas, yaitu organ yang terletak di belakang lambung.

Penderita penyakit ini biasanya memiliki pantangan yang harus diikuti dan fatal akibatnya jika lalai menjalankannya. Namun penderita penyakit diabetes tak perlu khawatir karena tidak semua makanan menjadi pantangan bagi penderitanya. Jika ingin mengonsumsi sayur-sayuran, berikutinidaftar sayuran yang baik dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes.

1. Konsumsi sayuran hijau.

4 Sayur dan buah ini aman dikonsumsi oleh penderita diabetes

Beberapa sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kale, dan lainnya merupakan sayuran yang cocok dan aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Jenis sayuran ini sangat menyehatkan dan rendah karbohidrat. Mengonsumsi sayur ini tidak bakal membuat gula darahmu meningkat.

2. Kacang polong.

4 Sayur dan buah ini aman dikonsumsi oleh penderita diabetes

Selain sayuran hijau, kacang polong juga merupakan sayur yang bisa dikonsumsi dan baik bagi penderita diabetes. Jenis sayur ini bisa membantu mengontrol tingkat gula darah dan mempertahankan kesehatan kardiovaskular.

3. Air lemon.

4 Sayur dan buah ini aman dikonsumsi oleh penderita diabetes

Menikmati segarnya campuran buah lemon dan air bisa membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Air lemon bisa membantu menjaga asupan air di dalam tubuh. Kandungan serat larut di dalamnya juga bantu menjaga tingkat kolesterol dan menstabilkan tekanan darah.

4. Beri-berian.

4 Sayur dan buah ini aman dikonsumsi oleh penderita diabetes

Buah berjenis beri cenderung memiliki rasa manis dengan indeks glikemik yang rendah. Selain itu, buah ini juga bisa membantu mengontrol porsi makan yang kamu miliki.

Bagi kamu atau kerabat yang menderita penyakit diabet ini, tak perlu khawatir atau takut lagi dalam mengonsumi makanan. Tetap jaga pola makan sehat dan teratur serta diimbangi dengan olahraga secara rutin agar tidak menimbulkan penumpukan lemak yang dapat mengakibatkan penggumpalan gula dalam darah. Jaga kesehatanmu, ya!