×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Penemuan misterius di bawah laut ini mendunia

0

Wow

4 Penemuan misterius di bawah laut ini mendunia

Penemuan-penemuan misterius yang tidak terduga di bawah laut.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Ilfa Rosidah

11 / 06 / 2019 17:17

Bawah laut terdapat banyak rahasia yang menanti untuk ditemukan oleh manusia. Mulai dari artefak, kapal karam, bahkan sampai kota kuno tersembunyi di bawah laut. Berikut adalah 5 penemuan misterius bawah laut yang dirangkum dari berbagai sumber (30/05).

1. Tengkorak di gua bawah laut Meksiko.

4 Penemuan misterius di bawah laut ini mendunia

Dikutip dari National Geographic, sekelompok peneliti menemukan tulang belulang berusia 10.000 tahun di sebuah gua dekat perairan Karibia, Yucatan Peninsula, Meksiko. Penemuan misterius ini merupakan penemuan tengkorak manusia Amerika tertua yang pernah ada.

Tengkorak manusia itu berada dekat dengan fosil Mastodon dan beruang prasejarah. Para ahli paleontologi masih mempertanyakan bagaimana bisa letak ketiga tengkorak ini bisa berada dalam jarak yang cukup dekat dan kenapa mereka bisa berada dalam satu gua yang sama.

Loading...

Seperti yang dikutip dari laman phinemo.com, mereka mengambil kesimpulan sementara bahwa manusia membunuh dan menjadikan Mastodon itu sebagai bahan makanan dan kulit beruang prasejarah sebagai pakaian mereka. Ada pula teori yang mengungkapkan kalau keberadaan tiga fosil prasejarah yang saling berdekatan ini terjadi karena waktu yang terus bergerak dan menggeser posisi mereka sampai berada di satu gua yang sama.

 

2. Monumen Yonaguni di Jepang.

4 Penemuan misterius di bawah laut ini mendunia

Monumen Yonaguni merupakan penemuan misterius berupa susunan bebatuan dasar laut yang terletak di sebelah selatan Pulau Yonaguni, yang termasuk ke dalam wilayah Okinawa. Susunan tersebut mirip undakan di sisi gunung. Batuan tersebut berbentuk persegi panjang raksasa dengan sudut 90 derajat yang sempurna. Ada bagian dinding yang lurus, mirip tangga, juga kolom.

Seperti yang dikutip dari laman suara.com (19/09), bertahun-tahun lamanya para pakar sejarah datang dan pergi dari tempat ini untuk mencari tahu apakah struktur tersebut benar-benar buatan manusia. Namun hingga saat ini, asal usul dari bangunan tersebut masih menjadi misteri yang tak terpecahkan.

Sejauh ini, para pakar meyakini bahwa Monumen Yonaguni dibangun ketika daratan tempatnya berdiri berada di atas permukaan laut, sekitar 10.000 tahun silam. Teka-teki yang masih belum terjawab adalah: Apakah piramid tersebut merupakan sisa-sisa peradaban masa lalu yang kemudian tenggelam? Ataukah piramida tersebut masuk ke dalam laut akibat gempa bumi? Para pakar masih bersilang pendapat tentang hal itu.

Masaki Kimura, pakar geologi kelautan dari Universitas Ryukyus, Jepang, yang dalam 20 tahun terakhir sudah lebih dari 100 kali mendatangi lokasi ini meyakini bahwa ada reruntuhan kota yang tenggelam akibat peristiwa seismik. Masaki telah menemukan sekitar 15 struktur kuno yang diyakini berkaitan dengan piramida tersebut di Pulau Okinama.

 

3. Bimini Road.

4 Penemuan misterius di bawah laut ini mendunia

Bimini Road adalah formasi batu dasar laut yang terletak di dekat Bimini di Kepulauan Bahama. Batu ini berbentuk persegi. Bimini Road ditemukan pada tanggal 2 September 1968 oleh J. Manson Valentine ketika menyelam.

Seperti yang dikutip dari laman serupedia.com (31/05), serangkaian tes radio karbon yang dilakukan antara lain menghasilkan dugaan bahwa Bimini Road ini ada pada 2000 hingga 3000 tahun lalu. Tapi ini pun mendapat sanggahan. Info yang diberikan Edgar Cayce seorang paranormal terkenal pada masanya, menyebut tentang Bimini Road dalam prediksinya. 

Prediksi itu diungkapkannya pada tahun 1938, ia menyatakan adanya sebuah candi yang terbenam di laut dekat Bimini. Kalau benar prediksi Cayce ini, berarti Bimini yang ditemukan itu adalah candi (kuil) yang terbenam karena peristiwa alam. Namun ekspedisi terbaru yang dilakukan arkeolog, Dr Greg Little memperkirakan formasi batu itu adalah dinding bagian atas sebuah dermaga.

4. Stonehenge di dasar danau Michigan.

4 Penemuan misterius di bawah laut ini mendunia

Dikutip dari NBC, pada tahun 2007 Mark Holley, seorang profesor arkelogi bawah laut di Northwestern Michigan University College, dan rekannya bernama Brian Abbott, menemukan susunan batu membentuk lingkaran di kedalaman 40 kaki saat sedang meneliti bangkai kapal di Danau Michigan.

Salah satu di antara batu itu memiliki ukiran seekor Mastodon, hewan purba bergading besar yang diperkirakan pertama kali muncul pada 40 juta tahun lalu dan hidup hingga 10.000 tahun lalu. Ukiran tersebut diperkirakan telah berumur 10.000 tahun, sesuai dengan perkiraan keberadaan mastodon dan manusia di bumi.

Namun mereka belum bisa memastikan apakah itu benar-benar ukiran Mastodon atau bukan. Michigan sebelumnya juga telah memiliki situs petroglyph dan bahkan batu berdiri seperti stonehenge.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red