×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Olahraga ini ampuh untuk menghilangkan stres

0

Olahraga

4 Olahraga ini ampuh untuk menghilangkan stres

Olahraga juga bisa menjadi salah satu cara agar terbebas dari stres.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dhika Pradana Putra

20 / 04 / 2019 13:19

 

Aktivitas sehari-hari tentu tidak lepas dari stres. Jika kita tidak mampu mengatasi stres yang membebani pikiran, kualitas hidup akan terus menurun. Kita sulit berpikir jernih, susah tidur, dan jadi tidak produktif saat bekerja. Agar terbebas dari stres, kita bisa memulainya dengan berolahraga. Berikut olahraga yang ampuh mengurangi stress.

1. Jalan santai atau jalan cepat.

jalan sehat istimewa

Berjalan merupakan olahraga yang paling mudah dilakukan. Baik itu jalan santai atau jalan cepat, gerakan kaki berulang ini dapat melepaskan ketegangan pada beberapa otot, menenangkan sistem saraf, dan juga melatih pernapasan kita jadi lebih baik.

Selain itu, jalan santai atau jalan cepat juga bisa memanjakan mata. Kita bisa menikmati rindangnya pohon-pohon di taman yang jarang kita lihat. Bahkan, bisa jadi waktu menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga, pasangan, atau pun teman.

Loading...

Lakukan aktivitas ini setidaknya 10 menit setiap 2 kali seminggu. Setelah dua atau tiga minggu berikutnya, tingkatkan frekuensi dan durasi olahraga secara bertahap. Disarankan untuk melakukan jalan santai atau jalan cepat selama 30 menit setiap hari untuk mengelola stres.

 

2. Menari.
 4 Olahraga ini ampuh untuk menghilangkan stres

Menari meningkatkan kelincahan tubuh ketika bergerak. Itu artinya otot dalam tubuh harus menegang dan melakukan relaksasi. Selain itu, setiap gerakan juga meningkatkan detak jantung.

Manfaat menari yang dapat mengurangi stres adalah tumbuhnya kontak dan hubungan dengan orang lain. Misalnya ketika kita berusaha menyamakan ritme tarian supaya tetap kompak. Semua itu akan mengalihkan pikiran kita dari berbagai masalah. Otak akan kembali fresh, dan kita dapat kembali berpikir jernih.

 

3. Yoga.

4 Olahraga ini ampuh untuk menghilangkan stres

Berbagai postur yoga yang membuat tubuh jadi lebih lentur ternyata mampu mengurangi ketegangan otot. Latihan memusatkan pikiran melalui pernapasan dalam dapat memicu respons relaksasi tubuh dan menjadi kunci untuk mengelola stres.

Kita bisa melakukan yoga sendiri di rumah dengan panduan dari video atau mengikuti kelas yoga khusus pemula yang dipandu oleh pelatih yoga. Beberapa kelas yoga yang bisa kita pilih untuk mengurangi stres antara lain hatha atau bikram.

Gerakan Hatha yoga adalah gerakan yoga yang lambat dan halus, serta memiliki fokus pada bagimana caranya kita mengintegrasikan pernapasan ke dalam gerakan ini. Hatha adalah pengantar untuk yoga karena menggabungkan banyak asana yang berbeda, serta pranayama dan nyanyian.

Bikram yoga berbeda dengan Hatha. Bikram yoga memang terasa lebih menyakitkan, tapi yoga yang satu ini dapat memberi selusin manfaat pada kesehatan, mampu membawa perubahan pada tekanan darah, level energi dan stres pada seseorang yang menderita sindrom metabolik. Penurunan tingkat stres ini mampu membuat seseorang lebih aktif dalam beraktivitas di siang hari, serta mengurangi hormon kortisol –hormon stres yang dapat memicu peningkatan berat badan. Satu sesi latihan bikram yoga membutuhkan waktu sekitar 90 menit. Satu sesi terdiri dari satu set 26 postur dan 2 latihan pernafasan. Bikram yoga biasa dilakukan di dalam ruangan bersuhu 30-40 derajat celcius.

 

4. Tenis/ Badminton.
 4 Olahraga ini ampuh untuk menghilangkan stres

Olahraga tenis dapat dimainkan berpasangan sehingga kita pun dapat membangun ikatan dengan orang lain. Olahraga ini membutuhkan tubuh untuk terus bergerak serta konsentrasi yang tinggi.

Selain mengurangi stres, olahraga ini juga sehat untuk jantung dan dapat menjaga tekanan darah agar tetap normal.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red