×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini 4 jenis makanan sehat yang wajib dikonsumsi selama bulan puasa

0

Kesehatan

Ini 4 jenis makanan sehat yang wajib dikonsumsi selama bulan puasa

Makanan ini wajib banget dikonsumsi saat bulan puasa

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

theodorus pasomba

18 / 05 / 2018 14:46

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang dirindukan oleh semua umat muslim dan dipercaya sebagai bulan suci yang penuh ampunan dan berkah. Sehingga banyak orang yang berlomba-lomba melakukan amal kebaikan dengan tujuan meningkatkan pahala dan meraih tiket ke surga.

Bulan Ramadhan sangat identik dengan makanan-makanan pembukanya, baik itu saat sahur maupun saat menjelang buka puasa. Setiap orang memiliki cara tersendiri dalam mempersiapkan menu dan sajian makanan saat berpuasa.

Biasanya, saat berbuka puasa orang cenderung membeli makanan atau jajanan khas yang dijual di kaki lima menjelang waktu berbuka. Sedangkan untuk waktu sahur, tak jarang banyak yang mengandalkan makanan cepat saji karena dinilai lebih praktis dan mudah dibuat. Apakah makanan-makanan tersebut sudah cukup untuk menjaga asupan nutrisi dan menjaga tubuh agar tetap fit selama berpuasa?

Dilansir dari berbagai sumber pada Kamis (17/5), ini 4 jenis makanan sehat yang wajib dikonsumsi selama bulan puasa.

1. Buah-buahan, utamanya kurma.

Loading...

Foto : via. klikDokter

Kurma merupakan salah satu buah yang paling dianjurkan sebagai menu utama ataupun pendamping saat sahur maupun buka puasa. Kurma mengandung glukosa yang berkisar antara 75-87%. Glukosa dalam tubuh akan berubah dengan cepat menjadi fructose, kemudian langsung diserap melalui sistem pencernaan untuk mengembalikan energi tubuh. Kandungan gula alami dari kurma bagus untuk memicu energi tubuh, serta menyediakan mineral seperti potassium, tembaga dan serat yang cukup. 

Selain kurma, adapun buah-buahan lain yang bisa kamu konsumsi adalah blewah, pisang pepaya, apel, alpukat, jeruk dan belimbing. Jangan lupa untuk selalu menyimpannya ke dalam lemari es agar tetap segar.

2. Makanan yang mengandung karbohidrat.

via. halo sehat

Saat berpuasa, tubuhmu membutuhkan karbohidrat untuk membuat glukosa, yang merupakan sumber energi utama tubuh kamu. Glukosa adalah sejenis zat gula yang digunakan sebagai energi atau disimpan agar bisa digunakan nantinya.

Karbohidrat bisa ditemukan dalam makanan seperti nasi, pasta dan roti. Baiknya, konsumsi makanan mengandung karbohidrat di waktu sahur, agar bisa merasakan manfaat energi selama waktu berpuasa dan tubuh gak gampang lemas.

3. Minuman atau cairan.

Foto : via. Tanindo.com

Saat berpuasa seseorang tak makan dan minum selama sekitar 14 jam. Kurangnya cairan dan asupan nutrisi yang cukup akan membuat tubuh terasa lemas. Salah satu cara memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan adalah dengan banyak minum air putih. Minum air putih tak hanya bisa membuat tubuh tetap bugar dan fit, namun air putih juga banyak memberikan manfaat untuk tubuh. 

Selama berpuasa ada baiknya minum 5 gelas air mineral saat sahur, dan 5 gelas selanjutnya saat berbuka, dengan begitu tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

4. Sayur dan kacang-kacangan.


Foto : Via. Yesilist

Sayur dan kacang-kacangan menjadi salah satu sumber makanan yang wajib saat puasa. Semua sayur dan kacang-kacangan memberikan kombinasi dari serat larut dan tak larut. Serat membantu menjaga usus bekerja dengan baik dan memperlambat penguraian makanan menjadi glukosa dalam darah. Serat larut juga dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah yang biasanya memuncak saat mengonsumsi hidangan berbuka puasa.

Selama puasa, sayuran dan kacang-kacangan menjadi sumber yang kaya serat. Bahan makanan ini membantu menjaga kadar nutrisi dalam tubuh sehingga tubuh tak kelaparan dan juga membantu dalam pekerjaan tubuh menghilangkan racun dan polutan lainnya. Sehingga tubuh menjadi lebih segar dan bersemangat dalam menjalankan puasa.

Nah, itulah 4 jenis makanan sehat yang wajib dikonsumsi selama bulan puasa.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red