Film tak hanya menjadi sebuah hiburan belaka, tapi juga potret gambaran hidup manusia yang bisa menginspirasi bahkan mengedukasi para penontonnya.

Sejak industri perfilman nasional vakum di era 1990, lalu bangkit di era 2000-an, bisa dibilang film-film nasional masih berkutat pada tema drama percintaan.

Namun belakangan tahun terakhir pecinta film Tanah Air banyak disuguhkan dengan tema film yang lebih variatif, termasuk mengangkat tema tentang inspirasi dan bisnis. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini ya!

1. Filosofi Kopi.

4 Film Indonesia yang bisa menginspirasi anak muda semangat berbisnis

Mengangkat dua karakter sahabat yang bertolak belakang, Ben dan Jodi, kisah ini berupaya menyuguhkan sisi lain dalam industri perkopian dengan mengangkat potensi komoditas kopi lokal.

Upaya demi mempertahankan kedai Filosofi Kopi harus dibayar mahal dengan beragam intrik dan perjuangan jalan berliku.

Film pertama yang dirilis tahun 2015 ini pastinya cocok buat kamu yang punya cita-cita mendirikan kedai kopi. Sekuelnya pun sukses dirilis beberapa bulan lalu dengan tambahan bintang Luna Maya dan Nadine Alexandra.

2. Sundul Gan (The Story of Kaskus).

4 Film Indonesia yang bisa menginspirasi anak muda semangat berbisnis

Siapa tak kenal situs forum daring terbesar di Indonesia, Kaskus? Situs yang populer sejak tahun 2008 ini, digawangi oleh dua anak muda berbakat, Ken Dean Lawadinata dan Andrew Darwis.

Kisah mereka pun diangkat ke layar kaca tahun 2016 lalu, di mana filmnya sendiri disutradarai oleh Naya Anindita. Film ini pastinya bakal menginspirasi jutaan anak muda lainnya untuk tetap bersemangat meraih mimpi.

3. Cek Toko Sebelah.

4 Film Indonesia yang bisa menginspirasi anak muda semangat berbisnis

Cek Toko Sebelah adalah film genre drama komedi yang dirilis tahun 2016 lalu, disutradarai sekaligus dibintangi oleh Ernest Prakasa.

Ide ceritanya dibuat berdasarkan realitas etnis Tionghoa saat beranjak dewasa, di mana harus sekolah tinggi, namun ujung-ujungnya bekerja di toko orang tuanya sendiri.

Banyak nilai humanis dan etos kerja disajikan dalam film yang memborong banyak penghargaan di ajang Indonesian Box Movie Awards 2017 ini. Jadi, pastikan kamu menontonnya.

4. Mimpi Sejuta Dolar.

4 Film Indonesia yang bisa menginspirasi anak muda semangat berbisnis

Berawal dari sebuah buku laris dengan judul sama, Mimpi Sejuta Dolar yang mengangkat kisah motivator dan pebisnis wanita Merry Riana, sukses menjadi salah satu film terlaris Tanah Air.

Film ini dirilis tahun 2014 lalu, dan dibintangi oleh Chelsea Islan dan Dion Wiyoko. Buat kamu yang lagi galau atau patah semangat, pas sekali kalau kamu menonton perjuangan Chelsea Islan yang memerankan Merry Riana untuk mencapai sukses.