×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Fakta damar, pohon istimewa asli Indonesia

0

N/A

4 Fakta damar, pohon istimewa asli Indonesia

Selain getahnya, pohon Damar juga punya banyak manfaat untuk kehidupan manusia.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Denny Suryadharma

02 / 05 / 2019 10:00

Buat kamu yang lahir di tahun 90-an, mungkin sudah gak ngalamin pakai lampu dari getah damar. Sekarang semua sudah pakai listrik, mulai dari urusan dapur sampai penerangan.

Nah, bertepatan dengan peringatan Hari Bumi Sedunia, gak kurang dari 1000 pohon damar ditanam di area Taman Hutan Raya Djuanda, Bandung. Menurut Senior Manager Keuangan PT PLN (persero) UID Jabar Tosni Karo Karo mengatakan, jika kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi nyata buat menjaga bumi dan melestarikan lingkungan.

"PLN sebagai penyedia dan penyalur energi listrik sangat dekat sekali dengan lingkungan. Bahan bakar pembangkit listrik ada yang menggunakan air, panas bumi, ataupun angin. Oleh karena itu, kita tentu harus bertanggung jawab menjaga bumi melalui pelestarian lingkungan sekitar", terangnya saat ditemui di lokasi penanaman.

Nah, kira-kira apa fakta dan keistimewaan dari pohon damar ini? Yuk kita telusuri bersama.

1. Pohon asli Indonesia.

Loading...

4 Fakta damar, pohon istimewa asli Indonesia

Pohon damar (Agathis dammara) merupakan pohon asli Indonesia. Awalnya damar ini banyak tumbuh di pulau Sulawesi, kepulauan Maluku dan Filipina. Namun dalam perkembangannya pohon damar juga dibudidayakan di sejumlah perkebunan di pulau Jawa. Pohon ini tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 1.200 meter dpl.

 

2. Pohon untuk penghijaun.

humas pln uid jabar

Pohon damar memiliki batang lurus dengan diameter 1,5 meter, sedangkan tingginya bisa tumbuh hingga 65 meter. Oleh karena itu, pohon damar sering kali dijadikan tanaman penghijauan di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bogor. Pohon ini juga punya karakter mudah ditanam. Karena termasuk pohon besar, maka sering kali dimanfaatkan untuk penghijauan, mencegah kerusakan tanah, dan sebagai penangkap air.

 

3. Pohon tanaman industri.

4 Fakta damar, pohon istimewa asli Indonesia

Kayu pohon damar ini biasa digunakan sebagai salah satu bahan untuk menghasilkab pulp atau bubur kertas dengan kualitas baik. Jenis pulp dari kayu damar ini juga memiliki tingkat ketahanan tinggi. Selain untuk industri kertas, kayu damar juga sering kali dimanfaatkan untuk membuat konstruksi rumah.

 

4. Pohon penghasil getah.

Pixabay.com

Selain kayunya, pohon damar juga sering diambil getahnya (resin) untuk berbagai keperluan. Masyarakat zaman dulu sering memanfaatkan getah damar ini sebagai sumber penerangan di malam hari. Selain itu dunia industri juga memanfaatkan getah pohon damar untuk berbagai produk seperti lapisan plastik, tektil, cat, bahan plester, dan korep api.

Wah, banyak juga ya keistimewaan dari pohon damar ini. Oleh karena itu, yuk kenali dan tanam berbagai jenis pohon sebagai warisan untuk generasi kita selanjutnya. Salam lestari.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red