Untuk memulai mimpi membuka usaha sendiri memang butuh biaya yang nggak sedikit. Biaya untuk beli bahan-bahan, promo, sampai biaya sehari-hari seperti peralatan, internet, dan lain-lain, semestinya udah dihitung sebelum usaha dimulai.

Bagi yang belum bekerja atau punya penghasilan yang pas-pasan, sepertinya agak susah, ya, untuk bisa mendapatkan uang sebanyak itu. Nggak usah khawatir, bukan berarti mimpimu nggak mungkin untuk diwujudkan. Coba ikuti tips berikut untuk mengumpulkan modal awal usahamu!

1. Cari Penghasilan Sampingan Sementara

4 Cara mudah cari modal awal untuk usaha kamu, mandiri sedari dini

Walaupun mimpimu adalah buka usaha sendiri dan nggak ingin jadi karyawan, cara ini masih bisa dipertimbangkan. Nggak perlu lamar ke perusahaan besar (apalagi buat kamu yang masih sekolah), cukup cari penghasilan yang bisa ditabung. Kamu bisa jadi guru les privat atau kerja part-time di suatu tempat. Ketika bisnis sudah mulai menghasilkan income yang tetap, quit the part-time job untuk fokus di usaha sendiri seperti rencana awal.


2. Berhemat

4 Cara mudah cari modal awal untuk usaha kamu, mandiri sedari dini

Yang satu ini emang wajib kalau mau nabung. Coba buat budget pengeluaran dalam sebulan. Lalu, bedakan antara keinginan dengan kebutuhan. Kalau selama ini kamu ke mall tiap minggu cuma untuk jajan, mungkin bisa dikurangi jadi dua minggu sekali atau bahkan sebulan sekali. Bakal membantu juga kalau bisa menentukan target tiap bulannya, mau nabung dengan jumlah berapa. Whatever happened, usahakan tetap mengikuti target itu. Ingat, kamu melakukan ini demi meraih mimpi!

3. Cari Pinjaman

4 Cara mudah cari modal awal untuk usaha kamu, mandiri sedari dini

Kalau modal yang dibutuhkan sangat besar dan sepertinya masih jauh untuk mengumpulkan uang sebanyak itu, nyari pinjaman bisa jadi alternatif. Coba pinjam dari keluarga atau orang tua. Walau dengan keluarga sendiri, tentukan peraturan pinjaman dengan jelas, jadi mereka percaya untuk meminjamkan uangnya. Jalan lain adalah pinjam ke bank. Untuk yang ini, kamu perlu berbagai dokumen sebagai persyaratan seperti persetujuan orang tua bagi yang di bawah umur dan lainnya.

4. Mulai Bisnis di Rumah Sendiri

4 Cara mudah cari modal awal untuk usaha kamu, mandiri sedari dini

Ketika modal udah cukup dan usahamu bisa dimulai, always start at your home untuk menghemat pengeluaran. Dengan begitu, nggak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat atau bayar tagihan ekstra. Banyak juga, lho, usaha yang sukses dijalankan dari rumah.

Nah, ingat juga untuk bersabar, ya. Kamu emang nggak akan jadi jutawan dalam semalam. Tapi, over time, niat dan kerja kerasmu pasti bisa membuat mimpi jadi kenyataan. Semangat terus, ya!