Ngapain sih kamu traveling? Cuma buang-buang uang tau nggak sih! Ulasan di atas, merupakan segelintir opini dari beberapa orang yang belum mendapatkan pelajaran berharga ketika sedang melakukan perjalanan. Padahal, traveling memiliki segudang manfaat yang bisa menjadikan pelajaran berharga bagi kamu yang sedang melakukan perjalanan.

Jadi ini loh beberapa manfaat traveling yang sangat berguna bagi kamu yang benar-benar sadar makna traveling itu sendiri,


Traveling mengajarkan kita tentang makna toleransi

Traveling selalu menciptakan banyak hal baru bagi setiap orang. Seringnya kita melakukan sebuah perjalanan, kita akan semakin tahu bagaimana cara menghargai satu sama lain. Indonesia itu beragam, memiliki berbagai macam adat, budaya dan bahasa. Namun apapun perbedaannya, perjalanan selalu mengajarkan kita tentang toleransi antar sesama. Yang merupakan pondasi utama dalam menghargai antar sesama.


Traveling menciptakan keluarga baru di kehidupan kita

Jika kamu bertanya apakah masih ada orang baik di luaran sana, saya pun akan menjawab, ya! Bagi saya, traveling selalu memberikan kejutan-kejutan berharga dalam kehidupan pribadi saya. Dengan seringnya saya melakukan perjalanan, maka sering pula saya menemui kebaikan tak terduga, yang sebelumnya saya tak pernah menyangka bahwa akan menyebut mereka sebagai keluarga baru di kehidupan saya, meskipun saya tak mengenal mereka sebelumnya. Apakah kamu merasakan hal yang sama?


Traveling merupakan media belajar efektif di dunia

Kamu tidak perlu sekolah sampai sarjana, karena dengan traveling kamu akan lebih mengenal dunia. Sesekali pergilah ke suatu daerah di mana kamu akan menemukan sebuah kehidupan yang serba kekurangan atau ke suatu daerah pelosok yang sama sekali belum mendapatkan aliran listrik dan air. Tanpa diajarkan di bangku sekolah pun, kamu akan belajar banyak hal ketika melihat hal ini, terutama belajar tentang bersyukur akan kehidupan kamu saat ini, ya setidaknya lebih beruntung dibandingkan mereka.


Traveling itu tentang keberanianmu melawan diri sendiri

Pernah membandingkan antara traveling bersama teman atau solo traveling? Tentu keduanya memiliki cerita tersendiri bukan? Jika kamu traveling bersama teman, kamu akan lebih sering menemui perbedaan yang tidak sesuai dengan harapan. Lain cerita jika kamu sedang solo traveling, kamu bisa melakukan apapun sesuka kamu. Dengan kedua cara ini, kamu akan lebih tahu sejauh mana keberanianmu melawan ego sendiri. Traveling tidak akan pernah menunjukkan siapa yang kuat atau siapa yang berkuasa. Traveling itu tentang bagaimana kamu bisa belajar melihat sesuatu dari sudut pandang banyak orang, bukan hanya dari diri kamu sendiri.

4 Alasan mengapa traveling merupakan hobi terbaik sepanjang masa


Dari sekian perjalanan yang telah kamu lalui, pelajaran apa yang sudah pernah kamu lalui? Sudahkah kamu belajar tentang toleransi?