Kamu pernah menjalani Long Distance Relationship(LDR) ataujuga disebut hubungan jarak jauh? Tidak sedikit anak muda zaman sekarang yang menjalani hubungan jarak jauh, namun apakah LDR ini akan berhasil? Lalu, bagaimana tips untuk menjalani hubungan LDR dan cara meredakan overthinking yang timbulakibat LDR?

LDRmerupakan hubungan yang terpisahkan jarak dan waktu. Seperti beda negara, beda kota, beda daerah, maupun beda agama. Teknologi yang semakin berkembang membuat kita semakin mudah bertemu dengan orang baru dan menjalin hubungan lebih dalam dengan orang lain.Meski teknologi sudah sangat canggih karena kita dapat berkirim pesan, obrolan video dan sejumlah aplikasi pun memudahkan komunikasi dengan pasangan kapan pun dan di mana pun, namun menjalani hubungan jarak jauh masih merupakan tantangan yangsulit dihadapi oleh banyak pasangan.

Nah, berikut ini merupakan tiga tips untuk menghadapi hubungan jarak jauh agar tetap langgeng.

1. Jarak dan waktu bukanlah penghalang dalam menjalani hubungan.

3 Tips untuk menjalani LDR agar tetap langgeng

Mengutip fimela.com, menjalani hubungan jarak jauh dengan orang yang paling dicintai memang bukan hal yang mudah, karena paksaan keadaan untuk bisa melewati tantangan yang begitu berat. Namun jarak bukanlah penghalang saat seseorang itu sangat berarti bagimu. LDR bukan hanya sekadar mempunyai pasangan jarak jauh tetapi membutuh komitmen dan rasa percaya terhadap pasangan karena kamudiuji oleh jarak dan waktu. Kamu diharuskan menjadi orang yang lebih dewasa dan bijak karena akan belajar banyak hal dari semua pengalamanmu.

Berjuang melawan jarak dan waktu bisa dibilang seperti berjuang untuk melawan diri sendiri. Sebab di masa-masa LDR kamu akan terus diuji untuk melawan ego, seperti pola pikir, cara bertindak, cara menjalani hubungan. Ketika bisa melawan egomu sendiri, maka hubungan LDR bukan menjadi masalah besar.

Kamu pun harus mengontrol nafsumu karena dengan adanya jarak yangmembentang, bakal membuatmusemakin rindu denganpasangan. Godaan berselingkuh dan berprasangka negatif pun akan terus menghantui. Namun bukan berarti kamu akan mengikuti apa yang diinginkan oleh otakmu karena setiap masalah akan ada solusinya.

2. Kepercayaan, komitmen, dan komunikasi adalah dasar kekuatan hubungan.

3 Tips untuk menjalani LDR agar tetap langgeng

Mudah dikatakan tetapi sulit untuk dijalankan. Kalimat "Aku percaya denganmu", "Aku janji tidak akan meninggalkan kamu", dan "Aku berjanji untuk komitmen sama kamu" akan sering terucap. Memang mudah untuk sekadar menuliskan dan mengirim pesan seperti itu ke pasangan, namun apakah kamu benar-benar siap mempertanggungjawabkan ucapanmu? Apakahkamu bisa menepati janjimu? Apakah hatimu siap untuk menjanjikan sebuah komitmen yang bukan hanya terhadap pasangan tetapi jugabagi dirimu sendiri?

Komitmen bukanlah kata-kata yang terucap melainkan bagaimana sikapkamu dalam menjalani hubungan, bagaimana kamu dan pasangan ingin mempertahankan segalanya, bagaimana cara kalian menepati janji-janji yang sudah dibuat bersama, dan bukan sekadar bertengkarserta melupakan segalanya. Sebesar apa pun pertengkaran dalam hubungan, jika saling memegang komitmen, berpisah bukanlah keputusan akhir.

Satu lagi adalah komunikasi. Biasanya hubungan bakal selalu baik-baik saja ketika komunikasi berjalan lancar. Sekadar memberi kabar merupakantindakanyang berarti dalam hubungan, karena pasangan akan merasa dihargai dan di-notice keberadaanya. Pasanganmu akan merasakan kamu menyayanginya karena tidak ingin kamu khawatir dengannya. Sekadar obrolan singkat juga akan membuathubungan selalu terjaga, dan tumbuh rasa saling percaya.

3. Cemburu adalah hal biasa.

3 Tips untuk menjalani LDR agar tetap langgeng

Beberapa orang berpikir bahwa cemburu adalah hal buruk, karena apabila cemburu berarti tidak memercayai pasangan. Tapi, tahukah kamu bahwa cemburu adalah hal baik selama dalam batas normal.

Alasan paling umum terjadinya pertengkaran dalam hubungan jarak jauh karena kamu tidak mengetahui pertemanan pasangan di luar sana seperti apa. Sangat wajar saat kamu merasa cemburu dengan temannya karenakamu merasa tidak bisa berada di sekitar pasanganmu seperti temannya. Saat pasangan menghabiskan waktu lebih banyak dengan temannya, pasti akan terjadi rasa cemburu.

Cemburu bisa dibilang merupakan sikapsaat kamu merasa mempunyai sesuatu dan takut milikmu diambil oleh orang lain. Terkadang cemburu dapat menjadi bumbu cinta yang membuat hubungan menjadi langgeng. Tetapi cemburu memang harus secukupnya, karena setiap orang mempunyai kehidupannya masing-masing. Hidup pasanganmu tidak selalu tentangmu dan hidupkamu pun tidak selalu tentang pasanganmu. Terkadang, inilah saat di mana kepercayaan kamudiuji karena harus dapat menghilangkan pikiran negatif dan berani untuk membicarakannya dengan pasangan saat kamu merasa cemburu.