Melakukan siaran langsung menjadi salah satu interaksi khusus antara idol dan penggemar. Entah dilakukan melalui aplikasi khusus seperti V live ataupun sosial media Instagram. Dengan melakukan siaran langsung, penggemar merasa lebih istimewa saat menontonnya. Penggemar jadi tahu bahwa saat ini dan detik ini juga dia atau mereka sedang melakukan kegiatantersebut secara nyata. Muncul perasaan lebih dekat dengan idol karena interaksi langsung yang diciptakan lewat siaran langsung.

Dalam siaran langsung, idol sering menceritakan apa kesibukan mereka akhir-akhir ini, membagikan informasi pribadi seperti hal hal yang disukai, hingga menjawab pertanyaan-pertanyaan dari penggemar. Adanya kolom komentar dalam siaran langsung sangat menguntungkan penggemar. Penggemar dapat leluasa untuk bertanya atau menyampaikan sesuatu kepada idolanya.

Namun, karena antusiasme penggemar yang menonton dan ikut memberi komentar tidak hanya satu atau dua, tidak ada jaminan komentar yang kamu sampaikan akan selalu dibaca dan dijawab oleh idol yang sedang melakukan siaran langsung. Idol akan memilih beberapa komentar yang menarik perhatiannya saja.

Sayangnya, kebebasan memberikan komentar dan tidak adanya jaminan selalu dibaca justru disalahgunakan oleh beberapa orang. Awalnya komentar itu bisa dianggap lucu oleh penonton yang lain, tetapi lama kelamaan malah mengganggu dan ada yang menjurus ke pelecehan seksual.

Apa saja sih kata kata yang nggak seharusnya ditulis di kolom komentar?

Mungkin kalau kamu penggemar idol K-Pop pasti sering merasa roamingdengan yang mereka bicarakan. Kadang greget pengen tahu ngomongin apa tapi nggak paham bahasanya sampai akhirnyamenulis di kolom komentar, "Duh ngomong apa sih Bang nggak ngerti" dan sebagainya.

Pada awalnya hal ini dianggap lucu karena banyak yang merasarelate,tapi makin ke sini malah terkesan annoying dan spamming. Saat ini sudah banyak yang pahamdengan bahasa mereka dan sukarela untukmenerjemahkan. Biasanya translate dari omongan idol tadi sudah bisa kamu baca beberapa menit setelah live berakhir. Bahkan ada yang baik hati untukmenerjemahkansaat itu juga. Cepat sekali.

Sebenernya hal ini juga bisa jadi motivasi untuk belajar hal baru, yaitu bahasa mereka. Nggak ada ruginya mempelajari hal itu sehingga bisa nonton siaran langsung idol favoritdengan lebih nyaman. Sebab pilihanmu ada dua, yaitu nonton saat itu juga dan mencari tahumaksudomongan idol setelahnya atau pelajari bahasanya sekalian kalau nggak sabar.

Beberapa kali juga ditemukan komentar-komentar nggak pantas yang menjurus ke pelecehan seksual. "Rahim anget" jadi salah satu komentar terkenal dan mirisnya malah semakin sering digunakan. Komentar ajakan untuk tidur bersama juga sering dijumpai muncul menghiasi kolom komentar. Walaupun idol K-Pop tidak paham dengan bahasa kita, bukan berarti komentar tersebut dapat dimaklumi.

Selain itu, sering kali penggemar mengajarkan idolanya kosa kata bahasa mereka. Komentar "Please say:Aku cinta kamu" dan sejenisnya sering dijumpai. Namun, lagi-lagi penggemar iseng memberikan komentar yang tidak baik. Meminta idol untuk mengucapkan kata-kata kasar dalam bahasa Indonesia contohnya. Hal ini sangat tidak bisa dimaklumi.

Tujuan penggemar untuk menulis komentar yang unik dan nyleneh pasti agar dibaca oleh sang idol. Tetapi kalau seperti hal-hal di atas, bukannya di-notice dan bikin bangga tapi malah bikin malu.

Supaya kamu tetap bisa di-noticeidol dengan sopan, ada beberapa tips and trick yang bisa kamu coba.

1. Pakai bahasa yang dimengerti idol (Korea, Inggris, atau yang lainnya).

Belajar bahasa Korea atau bahasa yang mereka mengerti tidak hanya memudahkan saat menonton siaran langsung. Menjadi penggemar yang di-notice komentarnya pun memiliki peluang yang besar. Mereka pasti langsung tertarik untuk membacanya kalau bahasa yang digunakan adalah bahasa yang mereka mengerti.

2. Gunakan username yang menarik perhatian.

Penggunaan username yang unik dan lucu juga memiliki peluang besar untuk di-notice. Sisipkan unsur-unsur nama idol atau kosakata yang sering mereka sebut sehari hari. Semakin unik usernamekamu, maka akan semakin menarik perhatian.

3. Berikan pertanyaan yang unik dan menarik.

Jangan menanyakan pertanyaan basic dan sering ditanyakan. Carilah topik-topik obrolan yang sepertinya mereka suka, seolah-olah kamu akan berbicara langsung dengan mereka. Bertanya tentang project yang akan dikerjakan selanjutnya biasanya sering dijawab oleh idol. Namun, pasti sangat banyak yang akan menanyakan itu. Maka, cari topik yang tidak terpikirkan oleh orang-orang.

Banyak hal baik yang bisa dituliskan dalam kolom komentar. Kalau menulis komentar hanya sebatas ingin di-notice, ada cara-cara lain yang dapat dilakukan untuk mendapat perhatian dari idol.