Kemanan adalah hal yang sangat penting untuk pengguna smartphone. Karena dengan keamanan, pengguna pun akan sangat nyaman tanpa perlu khawatir dengan data yang akan dilihat ataupun dicuri oleh orang lain.

Google juga sudah membekali Android dengan fitur sistem keamanan di dalamnya. Kehadiran fitur ini tentunya sangat membuat pengguna merasa smartphone-nya aman. Kali inipenulisakan membagikan tips untuk memastikan smartphone kamu aman.

1. Google Play Protect.

3 Langkah ini akan menjamin smartphone kamu tetap aman

Google telah menyediakan fitur tersebut untuk membantu menjaga perangkatmu tetap aman. Fitur ini juga dapat mendeteksi aplikasi berbahaya yang sering disebut malware. Jika kamu ingin mengaktifkan fitur tersebut, tinggal buka Playstore, lalu ketuk Menu, kemudian pilih Play Protect.

2. Lock Screen.

3 Langkah ini akan menjamin smartphone kamu tetap aman

Fitur ini juga tidak kalah penting karena jika tidak mengaktifkan fitur ini smartphone kamu pasti rentan untuk dibuka oleh orang lain yang tidak dikenal, dan bisa saja orang itu bisa melihat bahkan mencuri datamu.

Bagi kamu yang belum tahu cara mengaktifkannya, bisa membuka menu Setting, pilih Security, dan buka Screen Lock. Kamu bisa memilih opsi apa pun seperti Pin, Password maupun Face Unclock.

3. Jangan sembarang install aplikasi tidak jelas.

3 Langkah ini akan menjamin smartphone kamu tetap aman

Jangan sampai datamu tercuri dengan menginstall aplikasi secara sembarangan karena penulis sendiri pernahmengalami ketika menginstall aplikasi dari sumber tidak jelas dan secara tidak langsung smartphone langsung menampilkan iklan dengan sendirinya. Jika sudah seperti itukamu perlu mengembalikan smartphoneke perangkat pabrik.

Jika tidak mau seperti itu, pastikan kamu tidak pernah memasang aplikasi dari pihak ketiga agar datamu aman.Nah, jangan abaikan tiga tips di atas jika memang datamu tidak ingin dilihat orang lain. Semoga membantu.