×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
12 Tips dari expert traveller agar road trip kamu jadi lebih asyik

0

Jalan-Jalan

12 Tips dari expert traveller agar road trip kamu jadi lebih asyik

Coba lakukan 12 tips ini gar road trip-mu jadi lebih asyik.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Rizki Hidayat

28 / 01 / 2020 11:50

Pernahkah kamu merasa bosan saat melakukan perjalanan darat atau road trip ke tempat yang  jadi tujuan wisatamu? Kalau iya, kamu pasti gak mau dong hal itu terulang kembali dalam road trip-mu yang berikutnya. Kamu pasti menginginkan road trip yang berkesan untukmu biar waktu dan uang yang kamu gunakan tidak sia-sia begitu saja.

12 Tips dari expert traveller agar road trip kamu jadi lebih asyik

Nah, agar road trip-mu lebih asyik, berikut ini ada sejumlah tips dari para expert traveller yang bisa jadi referensi buatmu.

1. Diskusikan rencana perjalananmu.

Mendiskusikan rencana perjalanan dengan keluarga atau temanmu yang akan diajak berpergian amat penting agar terdapat kesepakatan untuk lokasi yang akan dituju. "Terkadang, kebanyakan kesalahan dalam melakukan road trip bukan karena masalah rute ataupun titik yang akan dilewati, tapi pada orang lain yang diajak bepergian," ujar Paul Johnson, pendiri Northoutdoors.com.

Loading...

2. Buatlah persetujuan bujet.

Merencanakan bujet adalah hal yang penting ketika kamu ingin bepergian. Kamu harus tahu anggaran untuk konsumsi, transportasi, dan akomodasi selama perjalanan. "Hal yang baik ketika kita mengetahui ekspektasi dan anggaran dari perjalanan yang ditempuh, jadi kita bisa mengatasi hal yang tidak diinginkan selama perjalanan," ujar Paul Johnson.

3. Isi kesunyian dengan playlist musik.

Ada saat di mana perjalanan terasa sunyi dan membosankan. Di sinilah kamu bisa menyetel musik yang bisa menghidupkan suasana. "Terutama musik-musik yang memberi kesan optimis dan menyenangkan yang bisa anda pilih," ujar Angela Jansen dari situs Angie's Awesome Adventures.

4. Putuskan hal apa yang kamu ingin lihat.

Jika kamu ingin melihat spot tertentu selama perjalanan, baiknya kamu rencanakan dulu apa saja yang mau kamu mau lihat. Juma Brown dari situs FlyerDiaries mengatakan bahwa merencanakan hal yang ingin dilihat selama perjalanan dapat mengurangi rasa bosan dan menambah kenangan sewaktu di perjalanan. Namun menurutnya, kamu juga perlu melakukan riset terlebih dahulu agar tahu dengan tepat titik yang ingin kamu lihat.

5. Persiapkanlah waktu tambahan.

Berpergian sesuai jadwal adalah hal yang penting, namun baiknya kamu tidak terlalu ketat dalam hal ini. Bisa saja dalam perjalanan kamu menemukan hal yang menarik dan tidak direncanakan sebelumnya. "Tidak hanya membuat hatimu senang dengan mengekspolarasi sejumlah budaya lokal, namun hal itu juga memberikan dampak yang positif bagi tubuhmu," ujar John Stolfa, penulis di situs Take Them Outside.

6. Jangan segan bertanya kepada penduduk lokal.

Walau kamu merasa mempunyai cukup pengetahuan tentang lokasi yang akan kamu tuju, jangan segan untuk bertanya kepada penduduk lokal untuk spot wisata yang lebih menarik. "Nasihat dari penduduk lokal bisa jadi hal yang ternilai, seperti tempat yang menarik dan juga tempat makan," ujar Chris Wain dari situs Africa Travel.

7. Bawalah uang tunai.

Kota-kota besar mungkin menawarkan kemudahan pembayaran menggunakan kartu kredit ataupun kartu ATM, namun hal itu belum tentu tersedia di kota kota kecil. Tempat pengisian bahan bakar mandiri, taman nasional, dan sejumlah objek wisata lainnya mungkin saja masih menggunakan uang tunai untuk pembayaran.

8. Perhatikan makanan ringan yang dikonsumsi.

Membawa makanan ringan adalah hal wajar yang biasa dibawa oleh orang orang pada saat bepergian. Namun di samping itu semua, tetap saja kamu harus selektif dalam memilih makanan ringan. Paul Johnson mengatakan bahwa terkadang orang mengabaikan kebiasaan makan sehat mereka hanya karena sedang dalam perjalanan.

9. Berangkatlah sedini mungkin.

Dengan berangkat pagi-pagi sekali kamu bisa menghindari kemacetan di jalan. Hal ini juga berguna untuk mengejar waktu perjalanan yang jauh agar tidak memakan waktu hingga malam hari. Di samping itu ketika pagi hari jalanan masih lengang sehingga lebih aman untuk berkendara.

10. Jangan lupa mengisi bahan bakar ketika berhenti.

Hal yang baik jika kamu berhenti sekaligus mengisi bahan bakar kendaraanmu. Selain menghemat waktu, mengisi bahan bakar sampai penuh juga berguna untuk jaga-jaga di kala tidak ada tempat pengisian bahan bakar di sepanjang jalan.

11. Bawalah powerbank.

Bawalah powerbank ke mana saja kamu pergi. Selain sebagai cadangan daya batrai ponsel, alat ini juga berguna untuk mengisi daya alat elektronik lainnya yang menggunakan colokan USB, seperti kamera, senter, dan smartwatch. "Menelepon bantuan jadi lebih mudah jika ketika kamu memiliki cadangan daya batrai," ujar Jenn Stolfa.

12. Bersiaplah akan cuaca ekstrem.

Jika kamu berencana untuk menempuh perjalanan jauh, maka bersiaplah akan kemungkinan cuaca ekstrem. Hal itu berarti kamu harus siapkan pakaian dan sepatu khusus untuk kemungkinan perubahan cuaca secara mendadak.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red