×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Tips jitu merawat motor matic kesayangan agar tak cepat rusak

0

N/A

10 Tips jitu merawat motor matic kesayangan agar tak cepat rusak

Buat kamu yang bingung bagaimana merawat motor matic kesayangan, ini tips merawatnya dengan baik dan benar.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Veldian Ardana

06 / 11 / 2019 13:25

Sekarang ini kamu bisa temukan banyak sekali motor matic di jalanan. Motor ini umumnya digunakan para perempuan. Namun belakangan tak jarang para pria juga memilih menggunakan motor matic.

Nah, kali ini saya ingin membagikan cara merawat motor matic. Motor yang cukup mudah dioperasikan ini memang memerlukan cara khusus agar tetap awet. Perawatan motor matic tentunya juga agak berbeda dengan perawatan motor gigi manual.

Buat yang sedang mencari referensi cara merawat motor matic kesayangan, berikut ini saya bagikan secara lengkap tips perawatan motor matic yang tepat. 

1. Memanaskan mesin di awal begin.

Memanaskan motor adalah sebuah cara yang sering dilakukan ketika pagi hari sebelum digunakan. Merawat motor matic dengan memanaskan mesin bertujuan agar oli dalam mesin siap melumasi mesin sehingga perfoma dari mesin menjadi lebih maksimal.

Loading...

Cara memanaskan motor matic yang baik adalah panaskan motor kurang lebih 5 sampai 10 menit. Sebaiknya menggunakan kick stater saja. Jika menggunakan stater elektrik tentu akan lebih banyak mengurangi baterai motor tersebut. Apabila dirasa sudah cukup, jangan lupa untuk tarik ulur gas agar oli cukup panas dari mesin motor.

2. Mengendarai mesin dengan baik.

Tips kedua yang sering diabaikan untuk merawat mesin matic injeksi adalah cara mengendarai mesin dengan baik. Jangan terlalu sering mengendarai mesin dengan cara dilaju dengan kecepatan tinggi, dan mengerem secara tiba-tiba kemudian mesin kembali dilaju dengan kecepatan tinggi lagi, atau sebaliknya. Jika hal ini sering kamu lakukan, maka mesin matic kamu akan memiliki usia yang tidak panjang dengan individualized structure lain cepat rusak.

3. Mengecek kondisi bahan bakar.

Tidak jarang ada saja orang orang yang menjual bensin campuran. Walaupun tidak banyak, kamu perlu untuk berhati–hati. Kualitas bensin sangat memengaruhi kualitas mesin motormu. Untuk itu sebaiknya kamu mengisi bensin motor pada tempat yang tepat dan dikelola oleh pemerintah (pom) atau tempat–tempat penjual bensin yang memang sudah dipercaya. Apabila yang dijual bensin murni maka motormu akan aman, namun sebaliknya jika bukan bensin murni maka akan mengakibatkan bahaya bagi motormu.

4. Mengganti oli mesin secara rutin.

Gantilah oli mesin mesin matic injeksi kamu secara rutin sesuai dengan buku manual. Penggantian oli mesin yang dianjurkan adalah setiap pemakaian 1500-2000 km. Mengabaikan langkah ini akan membuat elemen-elemen mesinmu cepat aus dan rusak.

5. Memeriksa kondisi aki dan busi.

Performa mesin matic sangat didukung dengan komponen mesin yang berperan penting seperti aki dan busi. Perawatan terhadap komponen busi dan aki sangat diperlukan untuk menjaga mesin selalu prima dan bertenaga saat melaju.

Apabila kondisi busi sudah tidak berfungsi dengan baik, segera lakukan penggantian dengan yang baru. Begitu juga dengan aki, selalu cek kondisi aki dalam menunjang sistem kelistrikan mesin. Jika sudah tidak berfungsi, gantilah dengan yang baru sesuai anjuran merchant.

6. Memeriksa vanbelt  dan roller.

Pentingnya akan memeriksa kondisi vanbelt merupakan hal yang tidak boleh ditinggalkan bagi pemilik motor matic. Kondisi vanbelt yang terbuat dari karet dikhawatirkan akan putus di tengah jalan yang mengakibatkan motor berhenti dan tidak bisa berjalan lagi. Jika begitu, sudah menjadi keharusan untuk mengganti vanbelt tersebut. Sebaiknya gunakan suku cadang original sehingga membuat matic kamu terjamin karena vanbelt lebih awet.

7. Memeriksa shockbreaker.

Perawatan terakhir yang sering juga diabaikan pengguna mesin adalah komponen shockbreaker. Mesin matic menggunakan single shockbreaker yang perlu diperiksa kondisi olinya dan cara kerjanya. Jika mesin matic kamu mengeluarkan suara yang berasal dari shockbreaker, kemungkinan oli shockbreaker-nya harus segera diganti. Anjuran penggantian oli shockbreaker adalah setiap 10.000 km pemakaian.

8. Penggantian oli.

Perawatan motor matic yang satu ini tergolong sangat penting. Untuk itu sebagai perawatan oli motor matic lakukan sesuai dengan jadwal pergantian oli yang biasanya dilakukan setiap 1000 KM dan untuk pergantian oli transmisi motor (oli gardan) maksimal ketika motor sudah mencapai 5000 Km.

Apabila kamu lupa akan kilometer pada motor matic tersebut, sebaiknya lakukan perawatan rutin ini setiap 2 sampai 3 bulan sekali. Serta jangan lupa untuk menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi motor matic yang kamu miliki.

9. Periksa aki dan busi.

Aki ini penting untuk kamu periksa. Jangan sampai motor mogok di tengah jalan karena aki motor matic sudah tidak bagus. Setelah memeriksa kondisi aki, sebaiknya periksa kondisi busi motor. Busi yang karat atau kotor pasti akan mengganggu kenyamanan saat berkendara karena proses pembakaran dalam mesin terganggu.

10. Kendarai secara bijak.

Tips kali ini biasanya sering dilakukan oleh pengguna motor matic, yakni ketika motor dalam kondisi cepat jangan secara tiba–tiba menurunkan gas. Begitu pun sebaliknya, saat motor berada dalam kecepatan rendah langsung digas. Tanpa disadari hal ini akan merusak masa umur mesin. Dengan kecepatan yang tidak stabil tidak hanya akan merusak mesin, namun sampai juga bisa merusak vanbelt motor.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red