×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Mitos masa kecil ini sering didengar dan dipercaya hingga sekarang

0

Duh

10 Mitos masa kecil ini sering didengar dan dipercaya hingga sekarang

Padahal semua mitos tersebut ada penjelasan ilmiahnya lho.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Istimrora Raka

15 / 05 / 2019 12:10

Sejak masih kecil pasti banyak dari kalian yang mempercayai beberapa hal yang dikatakan oleh orang-orang tua. Tapi termyata, beberapa hal tersebut hanya merupakan mitos belaka. Pada kenyataannya, semua mitos tersebut bisa dijelaskan menggunakan ilmu dan sains.

Berikut ini 10 mitos masa kecil yang mungkin masih kita percaya hingga saat ini. Penasaran apa saja? Baca terus artikel di bawah sampai selesai.

1. Tidur 8 jam.

Waktu Tidur Ideal

Menurutmu, tidur yang cukup itu butuh berapa jam? Dulu sering dibilang bahwa untuk tidur idealnya 8 jam, tapi ternyata itu tidak sepenuhnya benar. Menurut peneliti, kebutuhan tidur setiap orang berbeda-beda. Bahkan ada orang yang hanya butuh waktu 4 sampai 6 jam saja untuk mengembalikan energinya. Ada fakta menarik bagi kalian yang cuma butuh tidur 6 jam, yaitu katanya kalian mempunyai umur lebih panjang dibanding orang lain. Hmm, percaya gak nih?

Loading...

 

2. 5 panca indra.

Panca Indera

Dari zaman dulu kita selalu diajarkan bahwa manusia memiliki 5 panca indra. Dalam kenyataannya, manusia tidak hanya memiliki 5 panca indra, melainkan memiliki banyak panca indra. Menurut para peneliti, kita memiliki indra lain seperti indra keseimbangan, indra untuk merasakan sakit, indra merasakan suhu, dan beberapa indra lainnya.

 

3. Tikus suka keju.

Jerry dan keju

Tahu tikus Jerry dalam serial kartun Tom and Jerry? Banyak kartun, film, bahkan komik yang menggambarkan tikus sebagai binatang yang cinta banget sama keju. Padahal sebenarnya seekor tikus tergila-gila pada semua makanan, yang penting membuat mereka kenyang dan mudah didapat. Kenapa yang sering digambarkan tikus suka keju? Karena pada zaman dahulu makanan tersebut diletakkan di tempat terbuka sehingga sangat mudah dimakan oleh para tikus.

 

4. Sabun membunuh bakteri.

Sabun

Kalau menonton televisi, kalian pasti sering mendengar bahwa sabun bisa membunuh kuman-kuman “membandel” yang ada pada tubuh. Faktanya, sabun tidak benar-benar bisa membunuh bakteri, melainkan hanya mencegah kuman tersebut untuk menginfeksi tubuh kita. Meskipun demikian, tidak ada salahnya mandi menggunakan sabun karena hal tersebut bisa membuat tubuh lebih wangi.

 

5. Mitos mencukur.

bercukur

Mungkin beberapa dari kalian sering kali mendengar mitos di mana saat mencukur akan membuat rambut kalian malah tumbuh lebih cepat. Buat yang percaya, ternyata mitos itu salah. Pertumbuhan rambut setiap orang berbeda-beda tergantung dari pertumbuhan hormon masing-masing orang tersebut.

 

6. Sakit sehabis olahraga.

Sakit Habis Olahraga

Setelah berolahraga, kita kadang merasakan sakit yang mana rasa sakit itu dipercaya merupakan hal yang bagus. Kalau kalian berpikir begitu, anggapan kalian salah. Rasa sakit yang kalian rasakan setelah olahraga sebenarnya bukanlah hal yang baik bagi tubuh. Rasa sakit itu menandakan bahwa otot mengalami trauma. Jadi baiknya sebelum olahrga benar-benar pemanasan dulu dan olahraga secukupnya atau semampunya saja.

 

7. Antibiotik membunuh virus.

Obat dan Antibiotik

Bagi kebanyakan orang pasti akan berpikir bahwa antibiotik memiliki fungsi untuk membunuh virus. Pada kenyataannya, obat antibiotik tidak dapat membunuh virus melainkan hanya menyerang bakteri berbahaya saja. Dan buat kalian yang tidak tahu, disarankan jangan sering-sering minum obat antibiotik karena kalau keseringan tubuh kalian akan kebal terhadap obat tersebut.

 

8. Nonton TV jarak dekat.

Nonton TV Jarak Dekat

Waktu masih kecil kalian pasti sering banget ditegur sama orang tua karena nonton TV terlalu dekat. Ternyata menurut peneliti, itu sama sekali tidak menimbulkan efek negatif, apalagi sampai merusak mata. Ada fakta menarik di mana sebenarnya kebiasaan tersebut akan hilang dengan sendirinya seiring dengan pertumbuhan si anak.

 

9. Wortel bagus buat mata.

Khasiat Wortel

Waktu masih kecil kalian pasti sering banget disuruh oleh orang tua untuk makan wortel biar penglihatan semakin bagus. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah karena memang wortel memiliki vitamin yang dibutuhkan oleh mata, hanya saja tidak meningkatkan kecerahan dari mata untuk menjadi lebih bagus.

 

10. Stress bikin ubanan.

Stres Bikin Ubanan

Kalian pasti sudah pernah dengar kalau orang stress itu bisa membuat rambut cepat memutih atau yang biasa kita sebut dengan ubanan. Menurut para peneliti, mitos tersebut tidaklah benar. Rambut mudah beruban atau tidak tergantung dari genetik masing-masing orang.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red