Bagi kamu yang suka jenis musikRock & Rollyang dibawakan band-band zaman dahulu pasti tidak akan asing lagi dengan salah satu band terkenal yaitu The Beatles. Tapi apakah kamu tahu bahwa setelah bubarnya The Beatles, pernah ada satu band yang konon katanya digadang-gadang akan bersinar meneruskan kejayaan The Beatles. Nama band tersebut adalah Badfinger. Namun sayangnya mereka tidak bisa mengikuti jejak The Beatles, akhirnya redup dan terlupakan.

Personel band ini terdiri dari Pete Ham (vocal, guitar, keyboard), Tom Evans (vocal, bass), Joey Molland (vocal, guitar), dan Mike Gibbins (drummer). Seperti halnya The Beatles, keunikan band ini adalah tidak memiliki vokalis utama. Sehingga baik itu Pete, Tom, dan Joey memiliki giliran masing-masing untuk menyanyikan lagu tertentu, tidak terpaku hanya pada satu orang vokalis sebagai jantung sebuah band.

Sebelum terkenal, nama dari band ini dulunya adalah The Iveys dan berasal dari daerah Swansea, Britania. Pada saat itu, Joey Molland masih belum bergabung dengan band sebelum menggantikan pendahulunya, Ron Griffiths. Awal karier cemerlang band ini tidak lepas dari usaha manager mereka Bill Collins yang selalu mengundang asisten dari The Beatles yaitu Mal Evans untuk melihat potensi band ini. Ternyata Mal sangat tertarik dan melihat band ini memiliki potensi yang luar biasa.

Singkat cerita The Iveys berhasil melakukan kontrak rekaman dengan label musik ternama bentukan The Beatles saat itu yaitu Apple Record. Sebuah prestasi yang membanggakan karena The Iveys menjadi band luar pertama yang melakukan rekaman dengan label Apple Record. Seiring berjalannya waktu, The Iveys akhirnya berganti nama baru menjadi Badfinger supaya terlihat lebih fresh. Nama dari Badfinger sendiri berasal dari salah satu judul awal hits The Beatles yaitu Bad Finger Boogiesebelum akhirnya diganti menjadiWith a Little Help from My Friends.

Saat karier Badfinger semakin cemerlang pada awal 70-an, dari sinilah banyak sekali orang yang melihat serta menilai bahwa band ini akan berjaya mengikuti jejak The Beatles. Karena memang band ini secara tidak langsung berada dalam naungan yang sama yaitu Apple Record yang merupakan label musik dari The Beatles. Kenyatannya band ini tidak bisa mengikuti kejayaan The Beatles karena pengelolaan manajemen yang buruk oleh manager baru mereka Stan Polley yang lebih mencari keuntungan pribadi semata, sehingga para personel band hanya mendapatkan sedikit keuntungan royaliti dari jerih payah usaha mereka.

Peristiwa tersebut tentunya membuat terpukul para personel band. Akhirnya pada tahun 1975, Pete Ham memutuskan bunuh diri. Rekan bandnya yaitu Tom mengikuti jejak Pete untuk bunuh diri pada tahun 1983. Badfinger terus berkarya walapun sering bergonta ganti personel namun tetap saja tidak bisa berjaya pada saat formasi lengkap Pete, Tom, Joey dan Mike. Kiprah Badfinger dalam dunia musik pun semakin redup dan terlupakan. Mike meninggal pada tahun 2005 akibat penyakit yang dideritanya. Kini hanya tersisa Joey Molland yang masih hidup dan selalu membawa nama Badfinger supaya tetap eksis.

Setelah membaca sejarah singkat band ini tentunya kamu makin penasaran dengan lagu apa saja yang sudah mereka bawakan. Ini dia 10 rekomendasi lagu terkeren dari Badfinger yang patut kamu dengarkan.

1. Tahu lagu Without You? Lagu terkenal yang pernah dibawakan oleh Harry Nilsson dan Mariah Carey ini merupakan ciptaan asli dari Badfinger, loh.

2. Lagu berjudul Baby Blueini pernah jadi soundtrack serial film terkenal Breaking Bad.

3. Sebuah lagu yang pernah disutradai langsung oleh George Harrison ini berjudul Day After Day.

4. No Matter Whatmerupakan salah satu lagu terpopuler lain ciptaan Badfinger.

5. Penampilan Joey Molland saat membawakan lagu berjudul Sweet Tuesday Morning.

6. Tom Evans juga sering membawakan lagu-lagu dari Badfinger. Ini penampilannya dalam lagu Carry On Till Tomorrow.

7. The Iveys sebelum berganti nama menjadi Badfinger sedang membawakan salah satu lagu hits mereka yaitu Maybe Tomorrow.

8. Kolaborasi yang memukau Pete Ham dan Joey Molland saat menyanyikan Meanwhile Back at the Ranch/Should I Smoke.

9. Talenta menciptakan lagu seorang Pete Ham memang tidak bisa diragukan. Coba kamu dengarkan salah satu karyanya Name of the Game.

10. Mike Gibbins sebagai drummer tidak kalah kerennya dalam menciptakan lagu berjudul You're So Fineyang dibawakan sangat epic oleh rekannya Joey Molland.

Itulah 10 rekomendasi lagu terkeren dari Badfinger yang harus kamu dengar. Sebenarnya masih banyak karya lainnya yang mungkin bisa kamu coba dengarkan. Semoga kamu suka, ya!