Jika biasanya kota besar didirikan di tepian pulau atau benua, di muara sungai atau teluk hingga di daratan dengan kontur tanah landai, lalu bagaimana jika sebuah pemukiman di dataran tinggi yang jauh di atas permukaan laut menjadi sebuah kota besar juga?

Seperti 10 kota paling tinggi sedunia ini nih. Letaknya yang jauh dari dataran rendah gak bikin pemukiman ini jadi sepi, justru menjelma menjadi kota-kota baru dan unik di dataran tinggi baik perbukitan hingga pegunungan. Nah mau tahu kota apa saja itu? Cekidot deh dimulai dari yang paling rendah ya!

1. Laya, di Bhutan

10 Kota besar yang lokasinya paling tinggi di dunia

Seperti kita tahu, kalau Bhutan itu terletak di dataran tinggi jadi pasti kota-kota di negara ini juga berlokasi di dataran tingi. Salah satunya Kota Laya yang terletak di Distrik Gasa, Bhutan bagian barat laut.

Ketinggian kota yang termasuk kota kecil ini mencapai 3.820 meter atau hampir 4 km daiatas permukaan laut! Wih kebayang gakbetapa dinginnya udara di sana. Kota ini mash terlihat asri lho, jadi kalau mau main ke Bhutan jangan lupa singgah ke Laya.

2. Chatyndy, di Kyrgyztan

10 Kota besar yang lokasinya paling tinggi di dunia

Kota ini terletak di ketinggian 4.012 meter diatas permukaan laut.Karena lokasinya di Asia Tengah membuat kota ini agak kering iklimnya. Sehingga penduduk kota ini tidak terlalu padat. Info kota ini lumayan susah dijangkau bahkan untuk ke bandara terdekat saja mencapai 109,6 km lho.

3. Qarabolaq, di Afghanistan

10 Kota besar yang lokasinya paling tinggi di dunia

Terletak di Distrik Wakhan, kota ini lokasinya cukup tinggi. Mencapai 4.138 meter atau sekitar 4,1km diatas permukaan laut! Penghuni kota kecil ini hanya 1.800an orang saja!

Kalau mau ke kota ini mending bener-bener nyiapin segala sesuatu dehmengingat Afhghanistan masih ada konflik!

4. Colquechaca, di Bolivia

10 Kota besar yang lokasinya paling tinggi di dunia

Kota ini adalah kota paling tinggi di Bolivia yang merupakan negara bekas jajahan Spanyol di Amerika Selatan. Lokasinya 4.169 meter diatas permukaan air laut. Penguni kota ini 4.772 orang pada sensus 2012 lalu. Termasuk kota kecil ya.

Kota ini pun tidak terlalu rapi dan terkesan seperti kota kecil pada umumnya di negara berkembang, yakni nampak dari bangunan kota menampilkan kesenjangan penduduknya dalam ekonomi.

5. Mina Pirquitas di Argentina

10 Kota besar yang lokasinya paling tinggi di dunia

Kota ini letaknya di Provinsi Jujuy. Dengan ketinggian 4.340 meter diatas permukaa laut menjadkan kota ini paling tinggi di Argentina dan ketiga tertinggi di Amerika Selatan.

Karena menjadi salah satu lokasi ambang, kota ini hanya dihuni para pekerja dari pertambangan sekitar kota.

6. Dolpa, di Nepal

10 Kota besar yang lokasinya paling tinggi di dunia

Kota ini terletak di Provinsi Karnali, dengan ketinggiaan 4.358 meter diatas permukaan laut. Luas kota ini lumayan kecil yakni 7,889 km persegi dan memiliki penduduk mencapai 36.700 jiwa. Walaupun luasnya kecil, tapi lingkup area ketinggian kota ini dari 1.525 sampai 7.625 meter.Wih kala dilihat bisa deketin puncak Everest ya lagi sekilo aja ke atas.

Buat info guys, kota ini sangat menawarkan bag kamu yang suka dengan wisata alam. So, kalau kamu jalan-jalan ke Nepal gak ada salahnya singgah ke sini, lho!

7. Parinacota, Chili

10 Kota besar yang lokasinya paling tinggi di dunia

Kota ini terletak di provinsi yang sama dengan nama kota ini. Terletak di ketinggian 4.400 meter diatas permukaan laut. Kota yang menjadi kota tertinggi kedua di Amerika Selatan hanya memiliki penduduk 29 orang menurut sensus 2002! Sedikit banget.

8. Karzok, India

10 Kota besar yang lokasinya paling tinggi di dunia

Kota ini adalah kota tertinggi di Negara India. Terletak di negara bagian Jammu dan Kashmir dengan ketinggian 4.572 meter diatas permukaan laut. Wilayah kota ini lumayan kering! Namun pemandangan disini juga keren. Untuk penduduknya hanya berjumlah 1.291 jiwa.Sedikit banget kan?

9. Wenquan, di Tiongkok

10 Kota besar yang lokasinya paling tinggi di dunia

Wenquan adalah kota kecil yang terletak di Provinsi Qinghai, Tiongkok, belasan kilometer sebelah utara Pegunungan Tanggula. Kota ini ditemukan tahun 1955 guys dengan ketinggian 4.870 meter diatas permukaan laut.

Kota ini masuk Guinness Book Record sebagai kotapaling tinggi di dunia. Buat pemandangan kota ini cukup keren dan bahkan sudah banyak turis melancong ke sini.

10. La Rinconada, Peru

10 Kota besar yang lokasinya paling tinggi di dunia

Kota ini terletak 5.098 meter diatas permukaan laut. Di majalah National Geogaphic kota ini dianggap sebai kota paling tinggi di dunia. Terletak di Distrik Ananea, Provinsi San Antonio de Putina. 2012 kota memiliki penduduk 50.000 orang. Sangat besar diantara kota yang terletak di ketinggian.

Meningkatnya populasi di kota ini mungkin disebabkan oleh letak kota yang dekat dengan pertambangan yani tambang emas! Pertumbuhan kota ini paling pesatdari 2001-2009 saat harga emas naik lebih dari 200%. Wow! Emas memang menarik bagi semua orang nih.