×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Jembatan gantung pohon menakjubkan di dunia, ada dari Indonesia

0

Wow

10 Jembatan gantung pohon menakjubkan di dunia, ada dari Indonesia

Lebih asyik saat eksplore hutan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Aditya Novianda

25 / 01 / 2018 10:33

Jalan setapak di puncak pohon atau jalan setapak kanopi adalah jembatan antara dan di kanopi hutan, sebagian besar dihubungkan dengan platform di dalam atau di sekitar pepohonan. Jalan setapak awal terdiri dari jembatan antara pohon di kanopi hutan; sebagian besar dihubungkan dengan platform di dalam atau di sekitar pepohonan. Mereka pada awalnya ditujukan sebagai akses ke daerah atas hutan purba bagi ilmuwan yang melakukan penelitian kanopi. Hari ini mereka melayani sebagai atraksi ekowisata, yang semakin populer di seluruh dunia.

 

1. Danum Valley Canopy Walkway, Malaysia

10 Jembatan gantung pohon menakjubkan di dunia, ada dari Indonesia

Jalan kanopi yang menakjubkan ini adalah salah satu yang terbaik di dunia di mana Anda menjelajahi kanopi cagar alam di Danum, Sabah, Kalimantan. Terletak di dalam cadangan hutan seluas 348 sq km (134 sq mi), menuju ke sini bukanlah tugas sederhana karena memakan waktu sekitar 2-3 jam dari kota Lahat Datu di pantai timur Sabah via four wheel drive.

Loading...

Cadangan hutan juga merupakan salah satu yang paling murni, di mana ia melayani cadangan luas hutan dataran rendah tropis yang subur yang kaya akan flora dan fauna unik Sabah. Kawasan ini juga telah dikenal sebagai salah satu ekosistem paling kompleks di dunia yang melayani semua jenis flora dan fauna.

2. Baumwipfelpfad, Germany

10 Jembatan gantung pohon menakjubkan di dunia, ada dari Indonesia

Dibuka dua tahun yang lalu di Neuschonau, Bavaria, di Jerman, jalan setapak pohon adalah yang terpanjang dari jenisnya pada ketinggian 1.300 kaki (4.250 kaki) yang membawa Anda ke ketinggian mengesankan 25 meter (80 kaki) di atas puncak pohon.

Jalan setapak berakhir di sebuah kubah berbentuk oval, tinggi 44 meter (145 kaki). Tangga spiral 360 derajat di sekitar kubah menawarkan pemandangan alam sekitar yang menakjubkan. Dalam cuaca cerah Anda bahkan bisa melihat pegunungan utara Pegunungan Alpen.

Jalan-jalan di puncak pohon adalah bagian dari kawasan hutan lindung terbesar di Eropa tengah - Taman Nasional Hutan Bavaria, yang juga merupakan taman nasional pertama di Jerman.

3. Kakum Canopy Walkway, Ghana

10 Jembatan gantung pohon menakjubkan di dunia, ada dari Indonesia

Terletak di Taman Nasional Kakum di negara Afrika Barat, Ghana, satu-satunya jalan kanopi di Afrika ditangguhkan 100 kaki (30 m) di atas tanah, menawarkan apa yang benar-benar merupakan pemandangan mata dari hutan hujan. Pada ketinggian ini, Anda tidak perlu menjadi ahli untuk mengidentifikasi pola warna-warni burung tropis saat mereka meluncur melalui hutan di bawah Anda.

The Canopy Walkway melewati 7 jembatan dan membentang sepanjang 330 m (1.080 kaki). Ini dijamin dengan serangkaian jaring dan kabel untuk tujuan keselamatan.

Platform tampilan tambahan yang memungkinkan pengunjung naik ke kanopi tanpa menantang Canopy Walkway saat ini dalam proses pembangunan. Canopy Walkway ini dibangun oleh dua orang Kanada dari kota Vancouver.

4. Xstrata Treetop Walkway, UK

10 Jembatan gantung pohon menakjubkan di dunia, ada dari Indonesia

Xstrata Treetop Walkway di Kew Gardens dibuka pada bulan Mei 2008 dan tingginya 18 meter (60 kaki), menawarkan kesempatan bagi pengunjung untuk menjelajahi kanopi pohon dan melihat pemandangan yang indah di London termasuk London Eye (roda pengamatan), yang dirancang oleh arsitek yang sama (Marks Barfield Architects).

Tidak ada jalan setapak di puncak pohon yang dimulai di bawah tanah, seperti jalan setapak di puncak pohon ini, tapi masuk akal untuk belajar tentang akar pohon sebelum berkelok-kelok sampai ke puncak pohon. Akar adalah bagian terpenting dari sebuah pohon namun tidak dapat terkena sehingga Anda dapat melihat animatronik yang menarik dan patung perunggu yang indah dari akar pohon.

Xstrata Treetop Walkway dapat menampung 3.000 pengunjung per hari dan memiliki jalur sepanjang 200 meter (650 kaki).

5. Sky Walk, Costa Rica

10 Jembatan gantung pohon menakjubkan di dunia, ada dari Indonesia

Sky Walk adalah kombinasi jembatan gantung dan jalan setapak yang dipikirkan dengan baik melalui hutan hujan Monteverde.

Jembatan ini membentang ngarai dan drainase, dan membawa pengunjung tatap muka dengan tingkat atas kanopi hutan.

6. Valley Of The Giants Tree Top Walk, Australia

10 Jembatan gantung pohon menakjubkan di dunia, ada dari Indonesia

Jalan setapak pohon ini terletak di sebelah barat Denmark dan sebelah timur Walpole di Pantai Laut Selatan Australia Barat.

Terletak di jantung Lembah Giants, ini adalah daya tarik wisata berbasis alam yang diakui secara internasional. The Tree Top Walk (panjang 600m atau 1.970ft dan tinggi 40m atau 130 kaki) memiliki gradien lembut, cocok untuk anak-anak dan segala umur, termasuk kursi roda dan kereta bayi.

7. Iwokrama Canopy Walkway, Guyana

10 Jembatan gantung pohon menakjubkan di dunia, ada dari Indonesia

The Iwokrama Canopy Walkway adalah serangkaian jembatan gantung dan geladak setinggi 30 meter (100 kaki) dan panjang 154 meter (500 kaki), terletak di Hutan Iwokrama, Guyana.

Ini memberi pengunjung pandangan baru pada kanopi pertengahan dan atas hutan dan memungkinkan satwa liar bebas dari gangguan manusia.

8. Mamu Rainforest Canopy Walkway, Australia

10 Jembatan gantung pohon menakjubkan di dunia, ada dari Indonesia

Walkway Canopy Walker Mamu adalah jalan spektakuler melalui kanopi hutan hujan Warisan Dunia. Ini adalah atraksi wisata baru yang ikonik di Wet Tropics.

Dengan jalan setapak 350 meter (1.150 kaki) yang panjang melalui kanopi, penopang, menara observasi berukuran 37 meter (120 kaki) dan trek berjalan lebih dari 1200 meter (3,950 kaki), atraksi ini pastinya memiliki faktor "wow".

9. Inkateraa Canopy Walkway, Peru

10 Jembatan gantung pohon menakjubkan di dunia, ada dari Indonesia

Kompleks tujuh gantung setinggi 344 meter (1,135 kaki) ini, enam platform pengamatan puncak pohon, dan dua menara setinggi 29 meter (95 kaki) - yang dikelilingi oleh mahkota pohon tertinggi - memberi pengunjung kilasan langka. dan flora dan fauna yang tidak biasa, tidak mungkin dilihat dari tanah.

10. Canopy Walk at Ulu Temburong, Brunei

10 Jembatan gantung pohon menakjubkan di dunia, ada dari Indonesia

Taman Nasional Ulu Temburong terletak di bagian terpencil Cagar Hutan Batu Apoi dan hanya bisa diakses dengan perahu panjang.

Fitur utama Taman Nasional Ulu Temburong adalah jalan kanopi, ditangguhkan dari puncak pohon, 60 meter (200 kaki) di atas lantai hutan. Untuk mencapai kanopi, Anda perlu menaiki 1.260 langkah.

11. Bukit Bangkirai Kalimantan Timur, Indonesia

10 Jembatan gantung pohon menakjubkan di dunia, ada dari Indonesia

Jembatan ini adalah jembatan gantung pertama di Indonesia, dan memiliki posisi kedua di Asia serta urutan kedelapan di Dunia. Konstruksi yang di buat di Amerika Serikat bukanlah satu-satunya keistimewaan dari Canopy Bridge ini. Digantung diatas dengan menghubungkan 5 Pohon Bangkirai dengan ketinggian 30 – 40 meter ini akan memberikan sensasi yang luar biasa ketika anda berada di tengah perjalanan kemudian angin menerpa yang otomatis akan membuat jembatan ini berayun-ayun dan menguji adrenalin anda di atas canopy bridge sepanjang 64 meter.

Untuk bisa berada diatas canopy bridge ini, anda harus melewati beberapa track jalan menyusuri tumpukan anak tangga yang cukup mendaki. Dari atas Canopy Bridge anda juga bisa menikmati panorama hutan dan mengamati formasi tajuk tegakan “Dipteropcarpaceae” yang membentuk stratum sambung menyambung dan juga menjadi salah satu ciri khas hutan hujan tropis.

Namun, semakin lama anda berada di atas canopy bridge ini, anda akan segera melupakan ketakutan anda dan akan beralih pada decak kagum yang luar biasa oleh keindahan alam sekitar. Keindahan Alam Borneo, Keindahan hutan Kalimantan yang menjadi salah satu paru-paru dunia. Anda wajib menenteng kamera untuk mengabadikan semuanya, panorama hutan hujan tropis Kalimantan dari atas Canopy Bridge.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red