Seperti yang kita tahu, setiap tanggal 25 November selalu diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Seluruh masyarakat Tanah Air turut menyemarakkan hari khusus untuk guru ini di media sosialnya masing-masing.

Nah, tapi tahukah kamu, kalau selama ini sudah banyak film terbaik yang bertemakan tentang sosok guru? Film-film ini tak hanya dimainkan oleh pemeran yang kece punya, tetapi juga mempunyai pesan moral yang kuat di dalam ceritanya.

Penasaran apa saja filmnya? Berikut ulasannya.


1. Laskar Pelangi

10 Film tentang sosok guru yang bisa selalu memotivasi hidupmu

Siapa yang tidak tahu laskar Pelangi. Buku pertama dari tetralogi Laskar Pelangi karangan Andrea Hirata ini kemudian difilmkan dan mendapat sambutan yang positif dari masyarakat. Ternyata awalnya buku ini merupakan hadiah Andrea kepada gurunya ibu Muslimah, yang akhirnya dibukukan dan mendulang sukses. Film ini merupakan salah satu film tentang guru yang wajib tonton


2. Sokola Rimba

10 Film tentang sosok guru yang bisa selalu memotivasi hidupmu

Film besutan Riri Riza dan Mira Lesmana diangkat dari kisah nyata (kisah Butet Manurung) yang diperankan oleh Prisia Nasution. Menceritakan perjalanan dan perjuangan Butet mengajarkan baca tulis dan menghitung kepada anak-anak masyarakat suku Anak Dalam, dikenal sebagai orang rimba, yang tinggal di hulu sungai Makekal di hutan bukit Duabelas.


3. God of Study

10 Film tentang sosok guru yang bisa selalu memotivasi hidupmu

Salah satu film Korea yang sangat direkomendasikan dan sangat memotivasi.Film ini mengisahkan tentang seorang pengacara yang biasa dipanggil pengacara Kang yang menyelidiki Sekolah Byung Moon yang merupakan salah satu sekolah terendah dalam hal kualitas dan akan diambil alih oleh institusi lain. Tapi dia tetap bersikeras untuk mempertahankan sekolah tersebut.

Dia membuat taruhan. Kesepakatannya adalah jika 5 siswa sekolah mampu melewati universitas favorit, maka sekolah tidak akan diambil alih. Lalu dia bekerja keras untuk melewati kesepakatan itu. Para siswa tersebut kemudian dilatih oleh guru-guru keren dan kece agar bisa lolos ujian universitas.Intinya, film ini menyuruh kita untuk berpikir positif, kerja keras, fokus, belajar keras, tidak pernah menyerah dan tidak pernah putus asa. Kemudian jika Anda bisa lulus sampai akhir, Anda akan mendapatkan apa yang Anda inginkan.


4. Teacher's Diary

10 Film tentang sosok guru yang bisa selalu memotivasi hidupmu

Film ini tidak hanya bercerita motivasi guru tapi juga diramu dengan kisah cinta yang menarik, sehingga mampu mengaduk-aduk emosi penontonnya. Film ini menggambarkan kehidupan seorang guru yang ditempatkan di pedalaman Thailand (Pak song).

Awalnya ia agak kewalahan di hari pertamanya, tapi kemudian ia menemukan buku diary guru yang mengajar sebelumnya (Bu Aan) di tempat tersebut yang ia jadikan panduan. Diary itulah yang kelak menjadi penghubungnya dengan Bu Aan. Banyak pelajaran dan motivasi tentang guru yang bisa diambil dari cerita tersebut.


5.Freedom Writer

10 Film tentang sosok guru yang bisa selalu memotivasi hidupmu

Film ini menceritakan kisah seorang guru bernama Erin Gruwell yang mengajar di suatu sekolah, di mana ia harus berhadapan dengan siswa-siswanya yang bermasalah, sering berkelahi serta terlibat geng jalanan. Selain itu, ia juga harus dihadapkan dengan situasi Los Angeles yang kurang kondusif karena kerusuhan beberapa tahun sebelumnya.

Namun ia tetap semangat dan bertahan karena misinya adalah memberikan pendidikan yang layak untuk anak-anak bermasalah. Ia kemudian memberikan siswa-siswanya buku/jurnal harian yang harus diisi setiap hari.

Mereka bebas menuliskan apapun yang mereka alami dan inginkan dalam buku tersebut. Walaupun usahanya tidak didukung oleh pihak sekolah dan guru-guru yang lain, namun ia tetap maju dan yakin. Ia rela mengorbankan waktu luangnya untuk membelikan buku bacaan untuk siswanya. Usahanya berhasil, beberapa muridnya diterima di salah beberapa universitas. B

uku harian yang mereka tulis kemudian diterbitkan menjadi sebuah buku dengan judul 'The Freedom Writers Diary.' Film ini merupakan sebuah film yang diangkat dari kisah nyata.


6. Front of the Class

10 Film tentang sosok guru yang bisa selalu memotivasi hidupmu

Film ini memperkenalkan kita pada Syndrome Tourette, yaitu sebuah sindrom yang menyebabkan seseorang tidak dapat mengendalikan suaranya, bermula pada otak (sistem neuron yang kemudian memerintahkan efektor untuk melakukan sesuatu). Dan hal tersebutlah yang dialami Brad Cohen. Diejek teman-temannya, ditegur guru, hal tersebut selalu dialami oleh Brad karena syndromnya.

Namun kemudian ia bertekad untuk menjadi seorang guru (agar tidak seperti guru-gurunya yang tidka memperlakukannya dengan baik). Ia mengambil sekolah guru, dan setelah selesai melamar ke berbagai sekolah tapi tidak ada yang menerimanya.

Hingga akhirnya ia diterima di sebuah sekolah. Ia kemudia melakukan yang terbaik hingga ia bisa mendapatkan penghargaan Teacher of The Year.


7. The Miracle Worker (Hellen Keller)

10 Film tentang sosok guru yang bisa selalu memotivasi hidupmu

Hellen Keller adalah seorang anak yang buta, tuli, juga bisu. Perilakunya yang agak aneh hampir membuat orangtuanya memasukkannya ke rumah sakit jiwa.

Tapi kemudian Anne Sullivan hadir untuk mengajar dan membimbingnya. Awalnya sangat tidak mudah, tapi berkat keteguhan hatinya, akhirnya ia berhasil mengajar dan membimbing Hellen Keller.

Kemudian kita tahu sendiri Hellen Keller adalah sosok yang terkenal hebat; seorang penulis, aktivis, dan dosen. Bahkan ia adalah orang buta-tuli pertama yang meraih gelar sarjana sastra. Ia pernah mengatakan bahwa saya tidak tahu hidup akan seperti apa tanpa anne sullivan.


8. Taare Zameen Par's (Like Stars on Earth)

10 Film tentang sosok guru yang bisa selalu memotivasi hidupmu

Film india yang produseri dan disutradarai serta dibintangi oleh Amir Khan ini banyak mendapat penghargaan salah satunya the best film dalam Indian Film Award.

Film ini menjelaskan tentang kehidupan dan imaginasi dari Ishaan, seorang anak berusia 8 tahun yang menderita disleksia, yaitu suatu gangguan proses belajar, di mana seorang mengalami kesulitan membaca, menulis, atau mengeja, tapi dengan bantuan gurunya (Amir Khan) akhirnya ia bisa menemukan siapa dirinya.


9. The RonClark's Story

10 Film tentang sosok guru yang bisa selalu memotivasi hidupmu

Film ini menceritakan tentang seorang guru yang meninggalkan kesuksesannya sebagai seorang guru di North Carolina dan memilih mengajar di tempat lain dimana ia merasa lebih berguna. Ia kemudian mengajar anak SD (kelas enam) di New York, dan mengajar di dalam kelas dimana anak-anaknya tidak bisa diatur. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi Clark.

Ia mengajar dengan metode yang kreatif dan inovatif, meskipun pada awalnya semua siswa tidak senang dengannya. Film ini bagus banget untuk para pengajar khususnya karena memberikan pengetahuan tentang bagaimana mengelola kelas dan metode mengajar yang kreatif dan inovatif.


10. Facing the Giant

10 Film tentang sosok guru yang bisa selalu memotivasi hidupmu

Film yang diproduksi Sherwood Pictures ini menceritakan tentang petualangan tim sepak bola Amerika pada suatu sekolah menengah atas. Peran pelatih (Alex Kendrick) terhadap tim sepakbola di sekolah Shiloh Christian Academy sangat berpengaruh dalam keberhasilan tim sepak bola di sekolah ini yang dulu merupakan salah satu tim sepak bola yang tidak dianggap .