Galaksi terdekat dengan Bima Sakti kita adalah Galaksi Andromeda. Galaksi besar yang menakjubkan dalam ukuran dan memiliki sekitar tiga kali jumlah bintang sebanyak Bima Sakti. Dapat dengan mudah dilihat dengan mata telanjang dari Bumi, dan ditemukan di rasi Andromeda, dari mana namanya berasal?. Jauh dari sekadar pemandangan yang indah di langit, Galaksi Andromeda adalah hamparan kosmos yang mengesankan dan bergolak. Bahkan diperkirakan akan bertabrakan dengan Bima Sakti bertahun-tahun ke depan. Jika kamu merasa tertarik, maka inilah sepuluh fakta menakjubkan tentang Galaksi Andromeda ini.

10. Dikenal Sebagai Messier 31 10 Fakta Menarik tentang Dunia Galaksi Andromeda

Galaksi terdekat kita juga dikenal sebagai Messier 31 atau M31. Nama itu berasal dari Charles Messier, astronom Prancis yang mengatalogkan galaksi besar itu. Messier mendokumentasikan banyak benda di langit Belahan Bumi Utara, dan secara kolektif dikenal sebagai objek Messier atau Katalog Messier. Pada tahun 1757, dia mulai mencari Komet Halley, namun pencariannya telah membuatnya menemukan bagian langit yang berbeda. Bagian langit yang diamatinya adalah di mana ia mengamati nebula yang menjadi entri pertama dalam katalog: M1, juga dikenal sebagai Nebula Kepiting. Pada 1764, Charles Messier menambahkan M31 ke katalognya. Pada akhir tahun, ia telah menambahkan total 38 objek. Pada tahun 1781, dia telah memasukkan sebanyak 103 benda ke dalam katalognya, 40 di antaranya telah ditemukan oleh Messier sendiri.

9. Dinamai Secara Resmi Setelah Constellation Andromeda 10 Fakta Menarik tentang Dunia Galaksi Andromeda

Jika kamu melihat ke langit utara di antara asterisme "W" Cassiopeia dan rasi Pegasus, kamu akan menemukan rasi Andromeda. Pola bintang itu dinamai sesuai tokoh mitologi Putri Andromeda, istri pahlawan Yunani Perseus. Konstelasi ini pertama kali di katalogkan oleh astronom Yunani Ptolemy di abad kedua, dan juga dikenal dengan nama Chained Maiden, Persea, atau Cepheis. Konstelasi Andromeda juga merupakan rumah bagi berbagai objek langit dalam lainnya. Andromeda terletak di luar bidang galaksi, dan tidak mengandung gugus atau nebula dari Bima Sakti. Yang paling terkenal dari galaksi ini, tentu saja, Andromeda Galaxy, yang mendapat namanya dari rasi bintang besar. Konstelasi ini paling terkenal dengan Galaxy Andromeda, yang merupakan salah satu benda paling terkenal di langit yang bisa dilihat dengan mata telanjang.

8. Lebih Besar daripada Bima Sakti 10 Fakta Menarik tentang Dunia Galaksi Andromeda

Dalam astronomi, tahun cahaya adalah unit yang umum digunakan untuk mengukur jarak, namun beberapa astronom lebih suka menggunakan unit yang disebut parsec. Bila mengacu pada sesuatu yang lebih besar, mereka menggunakan kiloparsec, yang setara dengan 1.000 parsep, dan megaparsec, setara dengan satu juta parsec. Bima Sakti berukuran sekitar 100.000 tahun cahaya atau 30 kiloparsec. Ini mungkin tampak besar, tapi agak kecil bila dibandingkan dengan galaksi lain. Galaxy Andromeda memiliki perkiraan diameter 220.000 tahun cahaya, yang lebih dari dua kali lipat dari Bima Sakti. Ini adalah galaksi terbesar di Local Cluster. Galaksi Andromeda akan tampak lebih besar dari Bulan di langit. Galaksi tersebut berjarak 2,5 juta tahun cahaya dari Bumi, sedangkan Bulan hanya 384.400 kilometer (238.900 mil) jauhnya - yang seharusnya memberi kamu pemahaman yang lebih baik tentang seberapa besar galaksi sebenarnya.

7. Bintang Satu Triliun 10 Fakta Menarik tentang Dunia Galaksi Andromeda

Bima Sakti diperkirakan berasal dari 100 miliar sampai 400 miliar bintang, namun Galaxy Andromeda memiliki sekitar satu triliun bintang. Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA menemukan populasi bintang panas dan terang yang besar dan langka sebagai bagian dari satu triliun itu. Bintang-bintang biru biasanya panas, bintang muda, tapi bintang biru yang ditemukan di Galaxy Andromeda menua, bintang seperti Matahari yang telah membuang lapisan luar material mereka dan membuka inti biru mereka yang panas. Bintang-bintang ini tersebar di seluruh pusat galaksi dan paling terang dalam cahaya ultraviolet.

6. Memiliki Inti Ganda 10 Fakta Menarik tentang Dunia Galaksi Andromeda

Fakta menarik lainnya tentang Galaksi Andromeda adalah mengandung nukleus ganda. Kedua puncak cahaya itu berisi beberapa juta bintang yang padat, dan keduanya hanya berjarak lima tahun cahaya. Inti pertama dikenal sebagai P1, sedangkan yang kedua dikenal dengan P2. Beberapa astronom telah menentukan bahwa nukleus tidak benar-benar dua bagian melainkan hanya satu kelompok bintang miring yang mengorbit lubang hitam supermasif. Bintang-bintang di P1 mengikuti orbit elips mengelilingi lubang hitam dan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bersinar di daerah luar, membuat daerah tersebut tampak cerah. Inti kedua hanya ada karena tandan bintang bersama saat mendekati lubang hitam.

5. Akan Bentrok dengan Bima Sakti


Galaksi Andromeda menuju Bima Sakti di 400.000 kilometer per jam (250.000 mph), yang cukup cepat untuk mengelilingi Bumi hanya dalam waktu enam menit. Diperkirakan akan memakan waktu sekitar 3,75 miliar tahun untuk tumbukan antara kedua galaksi tersebut terjadi. Jadi apa yang akan terjadi di Bumi setelah tabrakan ini? Para ahli percaya bahwa Bumi kemungkinan besar akan bertahan. Mereka percaya planet kita sebagian besar tidak terluka karena galaksi tersebut terdiri dari sebagian besar ruang kosong. Bumi bisa mendapatkan fenomena alam yang luar biasa dari tabrakan, dan akan terlihat di langit selama bertahun-tahun. Kedua galaksi tersebut akan terus menarik satu sama lain selama bertahun-tahun sampai lubang hitam di galaksi cukup dekat untuk digabungkan menjadi satu. Begitu keduanya telah bergabung, tata surya kita akan berada dalam jenis galaksi yang sama sekali berbeda yang dikenal sebagai galaksi elips. Jika bukan karena Matahari yang menelan Bumi sekitar lima miliar tahun, langit akan tampak terang pada malam hari di galaksi elips.

4. Besaran 3,4 10 Fakta Menarik tentang Dunia Galaksi Andromeda

Dalam astronomi, magnitudo absolut adalah magnitudo nyata yang dimiliki benda jika berada pada jarak luminositas standar dari kita. Hal ini adalah objek yang bersinar terang dengan sendirinya. Galaxy Andromeda memiliki magnitudo 3,4 yang jelas, yang merupakan salah satu objek Messier yang paling terang. Pada malam tanpa bulan, Galaxy Andromeda terlihat dengan mata telanjang, bahkan bila dilihat dari daerah dengan polusi cahaya sedang mungkin tampak lebih dari enam kali lebih lebar dari Bulan saat difoto melalui teleskop besar, namun hanya daerah tengah yang terang yang terlihat dengan mata telanjang saat menggunakan teropong atau teleskop yang lebih kecil.

3. Dikeliling dengan Lubang Hitam 10 Fakta Menarik tentang Dunia Galaksi Andromeda

Galaksi Andromeda pernah memiliki sembilan lubang hitam yang diketahui, namun angka tersebut meningkat menjadi 35 pada tahun 2013. Para astronom mengamati 26 lubang hitam baru di galaksi, yang merupakan tangkapan terbesar kandidat lubang hitam yang pernah ditemukan di galaksi yang bukan milik Bima Sakti sendiri. . Sebagian besar lubang hitam baru memiliki sekitar lima sampai sepuluh kali massa Matahari kita. Tujuh lubang hitam ditemukan dalam jarak 1.000 tahun cahaya dari pusat galaksi. Para periset berharap bisa menemukan lebih banyak lubang hitam di Galaksi Andromeda di masa depan. Pada tahun 2017, ditemukan dua lubang hitam supermasif. Keduanya bisa bertabrakan dengan katastropis dalam waktu kurang dari 350 tahun dan bergabung sebagai satu lubang hitam besar. Keduanya saat ini berjarak 0,01 tahun cahaya, yang hanya beberapa ratus kali jarak Bumi dari Matahari. Tidak hanya jumlah lubang hitam di Galaxy Andromeda yang mengesankan, namun cara pergerakannya luar biasa.

2. 450 cluster globular 10 Fakta Menarik tentang Dunia Galaksi Andromeda

Kelompok globular adalah kumpulan koleksi bintang kuno yang padat, dan berisi ratusan ribu bahkan jutaan bintang. Kelompok globular ini dapat membantu menentukan umur alam semesta atau bahkan membantu mencari tahu di mana pusat galaksi berada. Para astronom telah mengidentifikasi 200 gugus bola di Bima Sakti, dan sekitar 450 telah diamati di Galaksi Andromeda. Angka tersebut bisa jauh lebih untuk Galaxy Andromeda, karena wilayah terluar galaksi belum cukup diteliti. Jika gugus galaksi galaksi Andromeda memiliki ukuran yang sama seperti di Bima Sakti, maka jumlah cluster di galaksi sebenarnya bisa mencapai 700 sampai 2.800.

1. Andromeda Bukan Nebula 10 Fakta Menarik tentang Dunia Galaksi Andromeda

Nebula adalah awan besar gas, debu, hidrogen, helium, dan plasma, dan tempat di mana bintang-bintang dilahirkan. Galaksi jauh sering disalahartikan sebagai awan masif ini. Pada tahun 1924, astronom Edwin Hubble mengumumkan bahwa nebula spiral Andromeda sebenarnya adalah sebuah galaksi dan bahwa Bima Sakti bukan satu-satunya galaksi di alam semesta. Hubble menemukan sejumlah bintang di Galaksi Andromeda, termasuk bintang variabel Cepheid. Cepheid variabel bintang bervariasi dari terang menjadi redup dan dapat digunakan untuk mengukur jarak. Dia tahu seberapa jauh bintang-bintang ini, dan itu membantunya menghitung bahwa Galaxy Andromeda adalah 860.000 tahun cahaya, yang jaraknya lebih dari delapan kali dari bintang terjauh di Bima Sakti. Ini membuktikan bahwa Andromeda sebenarnya adalah sebuah galaksi dan bukan nebula seperti yang dicurigai sebelumnya. Hubble kemudian melanjutkan untuk mendokumentasikan beberapa lusin galaksi lainnya.