×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Fakta menarik tentang Aquaman, raja lautan DC Comics

0

Film

10 Fakta menarik tentang Aquaman, raja lautan DC Comics

Aquaman pernah memimpin Justice League juga lho.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Istimrora Raka

18 / 01 / 2019 12:48

Selama ini kita telah mengetahui beberapa pahlawan DC terkenal seperti Superman, Wonder Woman, Batman. Nah, beberapa waktu yang lalu kita kembali diperkenalkan pada salah satu karakter DC yang juga tak kalah kerennya, yaitu Aquaman. Ya, film sang Raja Lautan ini telah meluncur di bioskop. Barangkali tak banyak yang kalian ketahui tentang Aquaman, maklum karena namanya tak sebesar Superman ataupun Batman. Ternyata di balik wajah sangarnya, cukup banyak fakt menarik tentang Aquaman. Apa saja ya?

1. Bukanlah superhero bawah air pertama.

Aquaman and Namor

Bahkan Aquaman bukan juga yang kedua. Pahlawan super bawah air pertama adalah Namor, yang diambil dari halaman Marvel Comics pada 1939. Dia adalah pahlawan Atlantis yang bisa bernapas baik di udara, darat, maupun di air. Pahlawan bawah air kedua adalah The Fin yang muncul dalam Daring Mystic Comics pada tahun 1941. Dia adalah raja Neptunus yang juga bisa bernafas baik di darat udara, maupun di laut.

 

Loading...

2. Asal-usul Aquaman tidak jelas.

Aquaman

Dalam kisah debutnya pada tahun 1941, tidak diceritakan siapakah ibu dari Aquaman. Bahkan nama aslinya pun tidak diketahui. Namun, dia mendapatkan kemampuan berbicara cepat termasuk berkomunikasi dengan ikan dari ayahnya yang ilmuwan. Ayahnya adalah penjelajah bawah laut yang terkenal, yang memiliki laboratorium di reruntuhan Atlantis.

Pada 1989, barulah diketahui asal muasal Aquaman. Dia diasingkan dari Atlantis saat bayi, lalu dibesarkan oleh lumba-lumba. Kemudian dia diadopsi oleh penjaga mercusuar lalu diberi nama sesuai dengan nama si penjaga mercusuar, yaitu Arthur Curry. Namun, nama asli dari Aquaman adalah Orin dan ayahnya bernama Atlan.

 

3. Pendamping Aquaman bukanlah manusia.

Topo the Squid

Setelah bertualang di dunia DC Comics seorang diri selama kurang lebih 15 tahun. Sang Marine Hero akhirnya memiliki teman untuk diajak berbicara. Tepatnya sekitar tahun 1956, kisah tersebut terjadi dalam cerita Aquaman's Undersea Partner. Semua penggemar pahlawan super lautan itu pastilah tahu jika temannya itu adalah seekor gurita bernama Topo.

 

4. Atlantis ternyata juga suka SARA (membedakan ras, dll).

Atlantis

Dikisahkan Aquaman diusir dari Atlantis karena memiliki rambut pirang. Mereka menyebutnya sebagai Kutukan Kordex sehingga semua bayi dengan rmbut pirang yang tersisa di Mercy Reef mati. Pada tahun 1959, Aquaman bergabung dengan para Aqualad, yaitu para remaja yang dicurigai di Atlantis karena memiliki mata ungu. Sebenarnya ini lebih masuk akal daripada kutukan Kordax, karena mata ungu menunjukkan gen resesif yang berarti bayi akan bernapas di udara. Tapi Aqualad bisa menghirup air. Mereka akhirnya diizinkan tinggal selama bertahun-tahun, namun akhirnya ditendang karena takut pada ikan.

 

5. Mera lebih kuat dari Aquaman.

Mera and Aquaman

Kisah cinta sang Raja Lautan diperkenalkan pada tahun 1963. Adalah Mera, ratu dari sebuah ekstradimensi bernama Dimensi Aqua, yang menjadi pelabuhan hatinya. Mera ini ternyata mempunyai kemampuan yang hebat. Dia memiliki kekuatan aquakinesis, yang berarti dia dapat memanipulasi air menggunakan kekuatan mentalnya. Ini jauh lebih berguna dibandingkan sekadar berbicara dengan ikan dan berenang cepat.

Kekuatan Aquaman perlahan-lahan ditingkatkan, mulai mendapatkan kekuatan super pada tahun 70-an hingga anti peluru pada tahun 2011. Namun tetap saja Mera lebih hebat. Mera sendiri sebenarnya datang ke Atlantis untuk membunuh Arthur, namun yang terjadi justru sebaliknya, dia malah jatuh cinta pada Arthur.

 

6. Ada lebih dari satu Aqualad.

Aqualads

Aqualad lain diperkenalkan dalam kartun Young Justice pada tahun 2010. Dia adalah anak kulit hitam dari Atlantis bernama Kaldur'ahm, yang dapat mengendalikan air. Namun, DC juga mengenalkan anak kulit hitam lain bernama Jackson Hyde dalam komik. Dia juga memiliki kekuatan serupa seperti Aqualad lainnya. Dengan kata lain, mereka adalah karakter yang sama namun berbeda nama. Namun yang membuat masalah semakin runyam, versi Aqualad yang ini juga merupakan putra dari musuh besar Aquaman, Black Manta.

 

7. Aquaman dulunya seorang ayah.

Aquababy

Aquaman dan Mera menikah pada tahun 1964 dan Arthur Curry Jr lahir setahun kemudian. Sayangnya, Aquababy dibunuh oleh Black Manta, itulah sebabnya mengapa Black Manta menjadi musuh besar Aquaman. Namun, sejarah Aquaman telah ditulis ulang beberapa kali. Dalam salah satu reboot atau lainnya, Aquababy dibuang dengan air saat mandi. Tidak hanya Aquababy yang pergi, pernikahan Aquaman pun juga berakhir. Segala sesuatu sebelum 201 tidak dihitung, sehingga diceritakan Aquaman dan Mera hanya berkencan, tidak pernah sampai menikah.

 

8. Aquaman enam kali jadi anggota pendiri Justice League.

Justice League

Sama seperti Aquaman, asal muasal Justice League juga telah ditulis ulang beberapa kali. Sebenarnya ada enam versi berbeda tentang asal muasal Justice League, dan Aquaman hadir di keenam versi tersebut sebagai anggota pendirinya. Selain Aquaman, superhero lain yang hadir di keenam versi tersebut adalah The Flash.

 

9. Aquaman pernah menjadi pemimpin Justice League.

Aquaman Lead the Justice League

Hal ini ternyata tidak semenarik kedengarannya, karena anggota yang tersisa saat itu (pertengahan 1980-an) adalah Elongated Man, Martian Manhunter, dan Zatanna. Mereka bergabung dengan para pendatang baru seperti Gypsy, Steel, Vixen, dan Vibe. Markas mereka berada di Detroit dan sayangnya, beberapa dari mereka terbunuh. Namun jangan harap cerita ini akan muncul di film dalam waktu dekat.

 

10. Ada dua jenis Atlantean (orang-orang Atlantis).

Atlantean

Dalam sebuah cerita berjudul The Girl in Superman's Past, sang Man of Steel mengungkapkan bahwa dia jatuh cinta dengan seorang mahasiswi bernama Lori Lemaris yang ternyata adalah putri duyung dari Atlantis. Karena hal inilah, cerita cinta mereka menjadi tenggelam, namun juga menimbulkan pertanyaan. Mengapa Atlantis-nya Aquaman dihuni oleh orang-orang dengan kaki, sementara Atlantis-nya Lori dipenuhi makhluk dengan sirip atau duyung (Siren)?

DC menjawab hal ini dengan menegaskan bahwa Aquaman berasal dari Poseidonis dan Lori berasal dari Tritonis, dan keduanya merupakan kota di benua tenggelam yang legendaris tersebut. Namun, hanya Tritonian yang mengembangkan ekor ikan, sedangkan Poseidonian masih memiliki kakinya pada suatu waktu.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red