×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Fakta Finlandia, negara dengan penduduk paling bahagia di dunia

0

Global

10 Fakta Finlandia, negara dengan penduduk paling bahagia di dunia

Ada alasan kuat mengapa negara yang satu ini bisa dinobatkan sebagai negara dengan penduduk paling bahagia di dunia.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Istimrora Raka

27 / 01 / 2020 11:35

Finlandia merupakan negara di mana orang-orang dengan disiplin waktu yang baik dan etos kerja tinggi hidup. Negara ini telah menempati posisi pertama dalam daftar peringkat negara-negara paling bahagia di dunia.

Finlandia adalah negara kecil di bagian utara dari benua Eropa tempat patriotisme berkembang dan populer, tempat 99% populasinya pergi ke sauna setidaknya sekali seminggu, dan juga tempat di mana rusa berkeliaran bebas di sepanjang jalan kota-kota kecilnya.

Ada alasan kuat mengapa negara yang satu ini bisa dinobatkan sebagai negara dengan penduduk paling bahagia di dunia. Kamu pasti penasaran, kan?

Berikut ini merupakan 10 fakta tentang negara yang indah dan tenang ini serta gaya hidup masyarakat di dalamnya. 

1. Orang Finlandia banyak menghabiskan waktu di luar ruangan (outdoor).

Loading...

Outdoor Cycling

Sekitar 70% wilayah Finlandia ditutupi oleh hutan. Itu sebabnya orang Finlandia merasa nyaman dan rileks karena di sekeliling mereka langsung berinteraksi dengan alam. Dengan dikelilingi oleh alam, mereka merasa terlindungi dan hal itu menenangkannya. Orang Finlandia sering menghabiskan waktu di luar rumah dan mereka juga pergi hiking serta bersepeda sepeda secara teratur.

2. Minum air gratis.

Air Kran Gratis

Finlandia sering kali disebut Tanah Seribu Danau. Danau-danau ini muncul sebagai akibat dari penipisan daratan-daratan es terakhir, yang terjadi sekitar 10.000 tahun yang lalu. Air di dalamnya sangat murni sehingga bisa langsung diminum dari keran di rumah dan tidak memerlukan pemrosesan ekstra. Hampir setiap restoran akan menawarkan botol-botol dengan air yang bisa diambil dengan gratis.

3. Kehidupan anak-anak dibiayai oleh Pemerintah hingga berumur 17 tahun.

Children Tax

Orang tua menerima tunjangan anak sekitar €100 per bulan di Finlandia. Jumlah ini sedikit meningkat untuk setiap anak berikutnya yang lahir dalam keluarga tersebut dan dibayarkan oleh Pemerintah hingga anak tersebut berusia 17 tahun. Uang ini dapat dibelanjakan, tetapi sebagian besar orang di sana memilih untuk tidak menggunakannya dan menyimpannya sehingga mereka dapat memberikan jumlah yang layak untuk putra atau putri mereka demi kehidupan masa depannya.

Selain itu, tepat setelah memiliki bayi, orang tua menerima paket dari negara yang sebenarnya berisi semua barang yang diperlukan untuk bayi. Kotak-kotak paket tersebut berisi 64 item berbeda, termasuk pakaian, popok, mainan, serta semua informasi yang diperlukan mengenai merawat bayi yang baru lahir.

4. Salah satu negara terdepan dalam hal mendaur ulang sampah.

Daur Ulang Sampah

Finlandia menganut sistem circular economy atau ekonomi lingkaran yang memungkinkan untuk menggunakan semua sumber daya yang tersedia untuk masyarakat dengan jumlah limbah minimum. 99% sampah kota didaur ulang atau dikirim ke insinerator, yang selanjutnya menghasilkan energi. Sembilan dari 10 botol plastik didaur ulang, dan proses yang sama berlaku untuk barang pecah belah. Jadilah di negara ini persentase produk daur ulang bahkan lebih tinggi daripada produk jadi.

5. Banyak olahraga aneh.

Wife carrying Race

Olahraga adalah bagian integral dari kehidupan masyarakat Finlandia. Terlepas dari beberapa olahraga terkenal, negara ini menciptakan beberapa kompetisi unik dan menarik seperti lomba menggendong istri, melempar ponsel, berburu nyamuk, bermain gitar di udara, dan melempar sepatu.

6. Negara pertama yang memberi kebebasan kepada setiap penduduknya untuk mengakses internet.

Internet For All

Sejak 2010, Finlandia telah menjadi negara pertama di dunia yang memasukkan hak untuk mengakses internet dalam daftar daftar hak-hak sipil. Pemerintah secara resmi mewajibkan pemasok internet untuk menyediakan internet berkecepatan tinggi (broadband) untuk masyarakatnya dan untuk memastikan penduduk yang tidak memiliki koneksi internet pada saat perubahan undang-undang, memilikinya mulai saat itu.

Sementara pemerintah negara-negara lain tidak secara resmi menjamin koneksi berkecepatan tinggi karena takut pembajakan, Finlandia sudah selangkah di depan dengan mengakui bahwa internet sangat penting bagi orang untuk bekerja dan melakukan hal-hal yang produktif.

7. Ayah lebih banyak menghabiskana waktu bersama anak dibandingkan ibu.

Ayah dan Anak

Sejumlah undang-undang yang menyatakan agar keterlibatan ayah yang lebih aktif dalam kehidupan anak-anaknya telah disahkan di negara ini. Misalnya, cuti dari seorang ayah bisa mencapai waktu sembilan minggu dan 70% dari gaji rata-rata ayah dibayarkan kepadanya selama waktu ini. Ini mengubah Finlandia menjadi negara pertama di dunia di mana ayah mengambil peran terbesar dalam merawat anak-anaknya.

8. Negara nomor dua di dunia dalam hal mengonsumsi kopi.

Kopi

Menurut Asosiasi Kopi Internasional, setiap orang Finlandia mengonsumsi 26,5 pon atau sekitar 12 kg kopi setiap tahun. Istirahat kopi (kahvitauko) di tempat kerja atau di sekolah adalah hal yang suci dan wajib bagi seorang Finn (orang Finlandia) dan harus selalu ada waktu yang cukup untuk hal itu.

9. Pendidikan gratis.

Pendidikan Finlandia

Pendidikan di Finlandia membutuhkan pengetahuan yang baik mengenai Bahasa Inggris dan Bahasa Finlandia yang kemudian dibuktikan dengan mengikuti ujian internasional. Pendidikan di lembaga-lembaga publik, baik di sekolah-sekolah dan universitas, digratiskan untuk warga negara Uni Eropa dan pendidikan di negara ini juga dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

10. Kepercayaan publik terhadap aparat keamanan sangat tinggi.

Polisi Finlandia

Keunikan kepolisian Finlandia yaitu bahwa secara organisasi mereka adalah sebuah formasi tunggal dan bukan beberapa struktur terpisah, seperti di sebagian besar negara di dunia. Hal ini dilakukan untuk melawan upaya yang mungkin dilakukan oleh kelompok lingkaran penguasa mana pun untuk memonopoli dan memengaruhi polisi. Seperti yang sudah diperlihatkan di lapangan, ini adalah salah satu keputusan terbaik pemerintah Finlandia karena menunjukkan bahwa hampir 90% orang Finlandia memercayai polisi.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red