×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
 Inilah 5 kuliner khas Labuan Bajo yang wajib kamu coba

0

Jalan-Jalan

Inilah 5 kuliner khas Labuan Bajo yang wajib kamu coba

Berwisata terasa kurang lengkap tanpa mengisi perut dengan sajian kuliner khas.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Yeni Endah

17 / 11 / 2019 14:35

Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi spektakuler di Timur Indonesia yang patut dikunjungi. Keindahan alam yang membentang akan memanjakan setiap pasang mata pengunjungnya. Selain menghadirkan panorama yang indah, para wisatawan juga dapat menikmati berbagai macam menu kuliner khas Labuan Bajo.

Berwisata pun rasanya tak lengkap tanpa mengisi perut dengan kuliner khas. Selain bisa menikmati sensasi tersendiri, menyantap kuliner akan menambah semangat dan tenaga saat berwisata. Inilah 5 kuliner khas Labuan Bajo yang wajib kamu coba.

1. Kolo.

 Inilah 5 kuliner khas Labuan Bajo yang wajib kamu coba

Foto: Wisata Indonesia

Loading...

Kolo adalah makanan khas Labuan Bajo yang wajib kamu coba. Kolo adalah nasi bakar. Namun Kolo berbeda dengan nasi bakar yang lainnya karena dalam proses pembuatannya juga istimewa. Kolo menggunakan bambu sebagai tempat nasinya dan diberi berbagai bumbu khas Labuan Bajo.

Untuk membakarnya juga disediakan alat bakar khusus dan menggunakan bara api. Lama pembakarannya membutuhkan waktu sekitar setengah jam. Kolo sangat nikmat jika disantap dalam kondisi hangat.

2. Jagung bose.

 Inilah 5 kuliner khas Labuan Bajo yang wajib kamu coba

Foto: Grid.id

Jagung Bose merupakan olahan pengganti nasi yang khas dari Kota Komodo. Bahan dasar pembuatannya menggunakan jagung putih yang ditumbuk dengan lesung. Kemudian jagung dimasak bersama-sama dengan kacang merah dan santan untuk menciptakan paduan rasa yang gurih.

3. Se’i.

 Inilah 5 kuliner khas Labuan Bajo yang wajib kamu coba

Foto: White board journal

Se’i (daging asap) adalah makanan khas Labuan Bajo yang terbuat dari daging sapi. Dalam proses pembuatannya daging sapi dimasak dengan kayu bakar yang berjarak jauh sehingga bukan lidah api yang mematangkan daging, melainkan asap panas.

Apabila baru diasap, daging ini bisa langsung dimakan dengan mengirisnya secara tipis dan akan lebih gurih jika dimakan dengan menggunakan sambal matang. Namun apabila daging ini telah disimpan beberapa hari, maka harus digoreng kembali atau dimasak dalam tumisan bunga pepaya dan sayur-mayur lainnya agar menambah cita rasa gurih pada masakan.

4. Rumpu rampe.

 Inilah 5 kuliner khas Labuan Bajo yang wajib kamu coba

Foto: Resep masakan

Rumpu rampe adalah tumisan yang menggunakan beragam bahan utama seperti daun pepaya, bunga pepaya, buah pepaya muda, jantung pisang, dan daun ubi. Tambahan bumbu khasnya berupa udang rebon sangrai, tomat, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, dan penyedap rasa lainnya sehingga menambah cita rasa tersendiri bagi masakan yang satu ini. Masakan yang satu ini menyajikan beberapa bahan masakan dengan kombinasi dan campuran yang tidak biasa dijumpai pada masakan lain.

5. Jagung catemak.

 Inilah 5 kuliner khas Labuan Bajo yang wajib kamu coba

Foto: Flores tanahku

Jagung catemak berbeda dengan jagung bose. Walaupun kedua masakan ini sama-sama berbahan utama jagung, keduanya memiliki perbedaan. Jagung catemak adalah masakan berbahan dasar jagung yang ditambah dengan labu lilin dan kacang hijau. Jagung catemak memiliki cita rasa asin yang berbeda dengan menu masakan lainnya dan biasanya disajikan dengan nasi putih hangat.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red