×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Cara gampang bikin wedang Jahe super mantap ala angkringan

0

Wow

Cara gampang bikin wedang Jahe super mantap ala angkringan

Resepnya vintage banget. Tapi dijamin joss banget citarasanya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Aresto Momentum

25 / 03 / 2018 11:20

Angkringan terkenal dengan minuman wedangannya yang enak. Selain enak, seduhannya terasa mantap dan tiada duanya. Jarang ditemukan di warung lain bahkan restoran sekali pun.

Resep enaknya wedang jahe angkringan salah satu rahasianya karena dibakar.

'Dibakarnya' jahe bertujuan menghilangkan rasa pahit pada jahe dan membuatnya lebih harum baunya, sehingga ketika diseduh dengan air panas rasanya lebih makyus. Selain itu, jahe yang termasuk umbi-umbian lebih enak dikonsumsi dan menyehatkan jika doyan dimakan ampasnya setelah kita menyeruput airnya sampai habis.

Cara gampang bikin wedang Jahe super mantap ala angkringanCara gampang bikin wedang Jahe super mantap ala angkringan

Caranya gampang banget untuk bisa menimati wedangan enak, seenak di angkringan. Cukup siapkan beberapa potong jahe lalu bakar, sebagai bahan utamanya.

Loading...

Bila membakar menggunakan arang maka hasilnya akan lebih sempurna seperti di angkringan. Bila tidak sempat dan ribet, bisa menggunakan kompor tapi tidak jauh beda bila membakarnya dengan benar.

Bakar jahe diatas kompor dengan api kecil atau sedang hingga kulit jahe mengembang dan mengkerut. Jangan lupa bolak-balik, tapi jangan keseringan. Usahakan matang dengan sempurna hingga panasnya meresap ke dalam.

Langkah selanjutnya, kupas jahe yang telah dibakar hingga bersih, lalu 'gepruk' jahe hingga hancur lembut atau hancur kasar. Sesuaikan selera masing-masing.

Bagi yang tidak ingin ribet, bisa dipotong tipis-tipis menggunakan pisau.

Cara gampang bikin wedang Jahe super mantap ala angkringan

Siapkan gelas. Gunakan gelas ukuran besar seperti yang digunakan di angkringan agar takaran pas dan rasanya senikmat wedangan angkringan.

Gelas angkringan: 

https://cdn.brilio.net/community/2018/03/25/image_1521919190_5ab6a4d63e37e.jpg

Isi gelas dengan gula takaran satu sendok makan, bila lebih suka original cukup gunakan gula putih/pasir saja. Bila ingin rasa yang lebih dalam bisa gunakan gula merah. Cukup tambahkan dua sendok makan gula merah kental, bila ingin lebih manis bisa tiga sampai empat tergantung selera dan daerah masing-masing.

Untuk airnya, kita perlu 'menjinakkannya'. Agar airnya bisa panas pas dan tidak terlalu panas. Panas yang pas akan membuat seduhan jahe terasa sempurna.

Rebus air menggunakan ceret bisa panci atau alat lainnya sesuai yang dimiliki. Usahakan rebus air minimalnya seliter air, agar tidak terlalu sedikit atau kehilangan air terlalu banyak saat mendidih.

Rebus air menggunakan suhu kecil. Biarkan air sampai mendidih, lalu biarkan selama sepuluh menit dalam keadaan mendidih.

Setelah melewati proses tersebut, saatnya bikin Wedang Jahe.

Masukan gula pasir satu sendok makan ke dalam gelas yang sudah disediakan (tambahan gula merah bagi yang suka) lalu masukan jahe bakar gepruknya, takarannya sekitar tiga hingga empat sendok makan bagi yang suka pedas, cukup dua sendok makan bila ingin menikmatinya dengan seduhan ringan untuk santai.

Yang terakhir, tambahkan air panasnya. Jangan sampai penuh. Tinggalkan satu senti dari ujung gelas agar rasanya pas.

Bila suka yang susu, tinggal gula pasirnya diganti dengan susu, takarannya satu kaki pada gelas yang biasa digunakan di angkringan.

Jahe Susu 

Cara gampang bikin wedang Jahe super mantap ala angkringan

Setelah semua bahan dicampur, tinggal diaduk.

Selamat menikmati!

 

Source







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    80%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    20%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red