×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
 4 Kondisi ini bisa jadi penyebab sakit perut melilit

0

Kesehatan

4 Kondisi ini bisa jadi penyebab sakit perut melilit

Gambar oleh ????????? ???? dari Pixabay

Kondisi sakit perut melilit menyebabkan seseorang merasakan kram, mulas, dan sensasi ditusuk-tusuk pada bagian perut.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dadang Supena

10 / 09 / 2019 12:33

Sakit perut merupakan kondisi umum yang dapat dialami oleh semua orang. Namun sakit perut yang terasa seperti dililit tentunya sangat mengganggu, bahkan hingga menyebabkan seseorang tidak dapat melakukan aktivitas seperti biasanya.

penyebab-perut-melilit

Sumber: https://rheumapas.com/

Sakit perut adalah rasa nyeri yang muncul di perut, yakni area di antara tulang iga dan tulang panggul. Kondisi ini menyebabkan seseorang merasakan kram, mulas, dan sensasi ditusuk-tusuk pada bagian perut.

Sakit perut sering kali terjadi akibat adanya gangguan pada organ yang berada di dalam perut, yaitu lambung, hati, pankreas, empedu, usus, limpa, dan ginjal. Gangguan tersebut bermacam-macam, seperti adanya infeksi, peradangan, atau penyumbatan.

Loading...

Saat mengalami sakit perut, biasanya perut akan terasa seperti melilit sehingga menimbulkan efek sakit yang cukup mengganggu. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari yang bersifat ringan hingga serius.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut beberapa kondisi yang menyebabkan sakit perut melilit.

1. Asam lambung.

Salah satu penyebab sakit perut melilit adalah meningkatnya cairan asam lambung di dalam perut. Hal ini dapat terjadi ketika seseorang mengonsumsi makanan pedas, asam, dan bersantan. Selain itu, asam lambung naik juga dapat dipicu akibat stres yang berlebihan. Kondisi asam lambung yang meningkat membuat perut terasa kembung hingga menyebabkan diare. Akibatnya, perut akan terasa sakit seperti dililit.

2. Usus bergerak terlalu cepat.

Selain akibat meningkatnya asam lambung, sakit perut juga dapat disebabkan karena usus yang bergerak terlalu cepat. Hal ini bahkan dapat menyebabkan seseorang mengalami mencret dan sakit perut yang terasa seperti dililit.

Pada dasarnya usus melakukan gerakan, yaitu gerakan peristaltik. Gerakan ini merupakan gerakan usus dari atas ke bawah yang bertujuan untuk memindahkan cairan. Dalam kondisi normal, usus akan bergerak dalam rentang waktu 10 hingga 12 detik sekali. Namun apabila usus bergerak lebih cepat, maka dapat menyebabkan sakit perut melilit. Kondisi ini dapat dipicu oleh beberapa hal seperti stres, diare, tifus, wanita dalam masa menstruasi, dan akibat mengonsumsi makanan pedas dan berlemak.

3. Sembelit.

Sembelit merupakan suatu kondisi di mana tubuh mengalami kesulitan untuk buang air besar. Pada kondisi ini, feses atau tinja terlalu keras sehingga sulit untuk keluar. Kondisi ini disebabkan karena kurangnya asupan serat atau cairan di dalam tubuh. Namun pada kasus tertentu, sembelit dapat terjadi akibat adanya peradangan usus hingga kanker.

4. Batu empedu.

Batu empedu merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan munculnya benjolan pada kandung empedu yang merupakan bentuk dari pengerasan cairan pencernaan. Kondisi ini dapat terjadi akibat mengonsumsi makanan berlemak dan tinggi kolesterol, serta akibat diet yang tidak sehat. Penyakit ini dapat menyebabkan perut sakit seperti dililit, yang diikuti dengan nyeri di bagian ulu hati dan terkadang menjalar hingga ke bagian belakang tubuh.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red