Semut merupakan hewan kecil yang tak boleh disepelakan. Semua sudah tahu bahwa serangga yang satu ini terkenal akan kebersamaan dan gotong royongnya. Begitu pula jika bencana seperti banjir terjadi. Semut api akan membentuk suatu rakit yang amat besar dari tubuhnya sendiri, yakni dengan bekerja sama membentuk satu-kesatuan berbentukplatform tahan air.

Dilansir dari wired.com, mereka bersama-sama menggunakan lilin di bagian terluar tubuh mereka (sebuah lapisan penolak air) untuk menjaga ratu semut dan anggota koloni lainnya agar tidak tercekik," kata Mike Merchant, ahli entomologi di Texas A & M AgriLife Extension Service. Dan semut pekerja terendam air, dari waktu ke waktu mereka mengalami perubahan bentuk karena terus bergeser atau bergantian ke atas garis air sehingga mereka tidak tenggelam.

Baru-baru ini, seorang fotografer bernamaRafael Censi asal Brazil sempat mengabadikan video jutaan semut api yang membuat pertahanan dari tubuh sendiri untuk selamat dari banjir. Koloni tersebut dapat bergerak dan sangat menakjubkan.

Jutaan semut tersebut bekerja sama, bersatu dan mengapung sehingga mereka tidak bisa tenggelam dalam jangka waktu berhari hingga berminggu-mingggu. Jika koloni ini menemukan atau menabrak benda yang kering, seperti batu maka saat itulah merkaakan naik ke sana dan selamat dari banjit. Kompak banget deh!