Menurut keterangan fotografer, baik mempelai laki-laki maupun perempuan sama-sama tunarungu. Karena mendapat klien yang spesial, @danskuy16 akhirnya belajar bahasa isyarat agar memudahkan saat berkomunikasi dengan kliennya.

ijab kabul tunarungu © TikTok

foto: TikTok/@danskuy16

Tak seperti pada umumnya, mempelai pria mengucapkan kalimat 'saya nikahkan’ dan seterusnya menggunakan bahasa isyarat. Di sana sudah duduk penghulu, wali mempelai wanita, saksi, serta translator atau orang yang membantu menerjemahkan ucapan pengantin pria. Sebelum ijab dimulai, seperti biasa, pengantin diperbolehkan latihan terlebih dahulu.

Suasana ijab kabul saat itu sangat ramai, banyak orang yang ingin menyaksikan bagaimana pengantin pria mengucapkan janji setia menggunakan bahasa isyarat. Dengan menggerakkan tangannya sambil bibirnya mengikuti ucapannya, pengantin pria itu berhasil mengucapkan ijab kabul di hadapan banyak orang.

ijab kabul tunarungu © TikTok

foto: TikTok/@danskuy16

Selepas ijab kabul, pasangan ini langsung menjalani sesi foto bersama fotografer. Pemilik akun @danskuy16, sekaligus sang fotografer yang sudah latihan bahasa isyarat berkomunikasi dengan pengantin pria untuk memberikan arahan. Meskipun sang fotografer belum fasih berbahasa isyarat, akan tetapi pengantin pria dan wanita paham dengan apa yang disampaikan.

Ga sia sia tadi belajar bahasa isyarat secepat kilat," kata @danskuy16.

Sang fotografer juga menanyakan perasaan pengantin pria. Sambil mengacungkan jempol, dia membalas dengan jawaban 'mantap'. Senyuman yang mengembang tak dapat disembunyikan dari wajahnya.

ijab kabul tunarungu © TikTok

foto: TikTok/@danskuy16

Video yang dibagikan pada Rabu (15/11) dan Kamis (16/11) tersebut seketika ramai mendapat respons dari warga TikTok. Tidak sedikit yang ikut terharu melihat momen akad nikah dari pasangan tunarungu ini. Bahkan sebagian besar menilai kisah mereka mirip seperti di drama Korea berjudul Twinkling Watermelon.

ijab kabul tunarungu © TikTok

foto: TikTok/@danskuy16

Wahh baru aja nonton twinkling watermelon, ternyata ada juga real life nya," kata @abcdelifa.

Bahkan yg punya kekurangan pun Alloh Sdh siapkan jodoh nya," komentar @riskanurisma.

Ketulusan yg sesungguhnya, saling menerima, saling melengkapi, n saling menyempurnakan," ungkap @kusmiadiahmad.

Keren bang, kerjanya profesional dan coba untuk pahamin klien. semoga lancar-lancar rezekinya ya," puji @isstea.

 

@danskuy16 Pov dapet weddingan yang deaf (tuli) , auto mewek semua #deaf #wedding #tunarungu suara asli - ditania.h