Brilio.net - Akad nikah merupakan momen yang sangat sakral dalam proses pernikahan. Seseorang yang akan menikahi calon istrinya, harus mengucapkan macam ikrar pernikahan yang dalam Islam biasa disebut sebagai ijab qabul.

Proses ini biasanya akan dipimpin oleh seorang penghulu pernikahan. Penghulu tersebut akan membimbing wali nikah yang akan menikahkan mempelai pria dan mempelai wanita.

adik jadi wali nikah kakak perempuan TikTok

foto: TikTok/@anisaamaliaamc

Wali nikah dari mempelai wanita biasanya diperankan oleh ayah. Jika ayah tak ada, maka peran tersebut akan digantikan oleh paman. Jika tidak ada, maka saudara mempelai wanita baik kakak maupun adik akan maju menjadi wali nikah.

Dalam prosesi ijab kabul, sang wali nikah akan menyerahkan tanggung jawab besar pada seorang suami untuk menjaga calon istrinya.

adik jadi wali nikah kakak perempuan TikTok

foto: TikTok/@anisaamaliaamc

Hal inilah yang terjadi pada video viral yang diunggah di akun TikTok @anisaamaliaamc. Ketika sang ayah sudah mangkat, sementara tak ada satupun paman yang menggantikan, tampak seorang adik, yang mengambil peran menikahkan kakak perempuannya duduk di meja akad.