Brilio.net - Siapa sih yang nggak mau menikah? Apalagi sekarang ini banyak orang yang menginginkan menikah di usia muda dengan harapan kelak ketika memiliki anak beda usianya nggak terlampau jauh. Membangun keluarga kecil dengan sejuta impian bukan hal yang mudah. Persiapan untuk menikah pun nggak main-main karena ada banyak dana yang harus di gelontorkan agar hari bahagia itu benar-benar terasa sempurna.

BACA JUGA: Kisah haru mempelai yang melangsungkan pernikahan di rumah sakit

Kini, keinginan kamu dan pasangan kamu untuk menikah muda bisa terlaksana. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, ini dia cara-cara nabung yang bisa kamu coba meski gaji kamu hanya Rp 3 juta perbulan. Percaya deh, kamu bisa menikah tiga tahun lagi!

1. Punya tabungan khusus untuk menikah.

Loading...

meme nabung  © 2016 brilio.netIlustrasi rajin menabunng (foto: Ist)

Punya tabungan khusus untuk menikah wajib dimiliki olehmu dan pasangan. Dengan begini tekad dan komitmen kalian bisa makin kuat. Cara ini juga terbilang jitu supaya kamu enggak boros dan tabungan pernikahan bisa aman.

Jika ingin tabunganmu lebih terjaga dan supaya gak terkuras untuk membeli ini itu, kamu bisa memasukkannya ke dalam deposito dengan jangka waktu tertentu.

2. Sisihkan 15 persen dari gaji, dalam tiga tahun sudah cukup untuk sewa gedung dan katering.

Ilustrasi uang © 2015 brilio.net

Komitmen untuk menyisihkan 15 persen dari gaji penting untuk dilakukan. Dengan menentukan besaran pasti tiap bulan, kamu jadi punya gambaran rencanamu di masa depan. Menabung 15 persen dari uang gaji nggak akan terasa berat kok. Bahkan, jika dikumpulkan dalam tiga tahun kamu bisa menggunakannya untuk sewa gedung dan bayar katering.

15 % x 3.000.000 = 450.000

Dalam sebulan, tabunganmu dan pasangan = 2 x 450.000 = 900.000

Dalam 3 tahun = 36 x 900.000 = 32.400.000

3. Pacaran di rumah aja atau di tempat yang nggak perlu ngeluarin uang.

pacaran kere © 2015 brilio.netIlustrasi pacaran di taman. Hemat dan murah. (foto: Ist)

Supaya bisa menekan pengeluaran, mulai sekarang lakukan pacaran hemat dengan pasangan. Nggak perlu deh, makan romatis di restoran mahal kalau kamu bisa masak dan makan bareng pasangan di rumah. Hindari juga kebiasaan nonton film di bioskop, kamu bisa sewa DVD dan nonton di rumah. Gak cuma hemat, tapi model pacaran ini juga gak kalah romantisnya!

BACA JUGA: 10 Hal yang perlu kamu siapkan biar resepsi pernikahanmu penuh kesan

4. Nggak perlu jajan, kamu bisa bawa bekal makan siang ke tempat kerja.

bekal unyu © 2016 brilio.net

Selain mengubah kebiasaan pacaran, kamu juga perlu membawa bekal ke tempat kerja. Kebiasaan ini dipercaya bisa menghemat pengeluaran. Bahkan, kamu juga bisa membuatkan pasangan bekal yang sama sehingga dia juga bisa ikut berhemat.

5. Supaya hemat bensin, berangkat bareng pacar ke tempat kerja.

Pacaran © 2016 brilio.netIlustrasi ke kantor bareng pacar. (foto: telegraph.co.uk)

Jika kamu dan pasangan memang memiliki tempat kerja yang searah, kalian bisa naik kendaraan yang sama. Hal ini dipercaya bisa menekan budget bensin. Bahkan, dana untuk bensin bisa dialihkan ke dalam tabungan.