Brilio.net - Siapa sih yang nggak mau hidup bersama kekasih yang dicintai sepanjang hari. Bangun tidur lihat dia, mau tidur lihat dia. Semua orang pasti menginginkannya. Kamu juga kan?

Tapi, kamu tahu nggak sih kalau nikah muda itu selain banyak positifnya juga banyak rintangannya. Meskipun memang semua rintangan pasti bisa dilewati, tapi kamu perlu mempertimbangkannya daripada menyesal di belakang.

Nah, berikut 10 hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menikah muda yang dirangkum brilio.net, Rabu (2/3), dari berbagai sumber.

1. Biaya hidup yang meningkat.

Loading...

Menikah muda memang asyik, tapi ingat 10 hal ini ya sebelum memutuskanfoto: money.usnews.com

Kita semua tahu biaya hidup yang mahal. Sebelum memutuskan untuk menikah muda, pertimbangkan dulu finansial kalian. Jangan sampai kalian justru terjebak dalam kemelut rumah tangga karena ekonomi yang nggak stabil. Dan perlu dicatat, banyak keluarga nggak bahagia karena finansial yang nggak stabil.

2. Kalau sudah menikah kamu nggak akan sebebas jadi single.  

Menikah muda memang asyik, tapi ingat 10 hal ini ya sebelum memutuskanfoto: soyoungmother.com

Menjadi istri atau suami tentu berbeda dengan menjadi bujangan. Bukan berarti kamu harus jadi bujangan selamanya, tapi ada waktunya di mana kamu memang perlu menikmati waktu-waktu nggak terikat sama pernikahan.

3. Menikah itu berarti tanggung jawab sosialmu harus ditingkatkan.

Menikah muda memang asyik, tapi ingat 10 hal ini ya sebelum memutuskanfoto: tenplay.com.au

Kalau kamu menyapa tetangga atau kumpul sama mereka saja males jangan memikirkan untuk menikah muda. Menikah itu berarti tingkat perhatianmu pada lingkungan sosial harus semakin diperhatikan. Karena kamu nggak mau kan kalau rumah tangga kamu atau rumah kamu kenapa-kenapa tapi orang di lingkungan sekitarmu cuek-cuek aja?

4. Kekerasan rumah tangga selalu mengancam.

Menikah muda memang asyik, tapi ingat 10 hal ini ya sebelum memutuskanfoto: blog.baptistcare.com.au

Kamu perlu tahu kalau kekerasan dalam rumah tangga yang paling banyak ditemukan adalah pernikahan usia dini. Tentu saja karena usia yang masih terlampau muda membuat pasangan dini ini belum stabil. Kamu nggak mau kan jadi korban KDRT?

5. Yakin dia pendamping hidup yang tepat? Jangan berujung ke perselingkuhan.

Menikah muda memang asyik, tapi ingat 10 hal ini ya sebelum memutuskanfoto: losslessape.xyz

Kamu harus benar-benar yakin bahwa dia adalah pendamping yang tepat jangan sampai karena emosi dan nafsu sesaat jadi memutuskan untuk menikah. Tentu nggak ada yang mau kalau sudah menikah ketemu orang baru lalu selingkuh, makanya dipikirkan lebih matang dulu.

6. Biaya hidup mahal, biaya untuk anak juga nggak sedikit.

Menikah muda memang asyik, tapi ingat 10 hal ini ya sebelum memutuskanfoto: peopleandsociety.com

Biaya membesarkan anak memang bukan hal yang murah. Anak-anak butuh susu, mainan, jajan, dan masih banyak lagi hal yang harus dipenuhi. Kalau kamu menikah muda dan belum sempat meniti karir, kamu akan kehilangan waktu untuk memperoleh pekerjaan yang layak untuk membesarkan anakmu. Kalau cuma suami saja yang bekerja belum tentu cukup kan?

7. Bertanyalah pada dirimu sendiri apa kamu sudah siap?

Menikah muda memang asyik, tapi ingat 10 hal ini ya sebelum memutuskanfoto: magic4walls.com

Poin yang paling penting adalah kesiapan dirimu sendiri. Banyak orang dulu menikah muda karena memang sudah menjadi kebiasaan dan tak jarang pula yang dijodohkan. Kalau kamu bisa memilih, lebih baik kamu pikirkan lebih dulu matang-matang tentang kesiapan kamu.

8. Tinjau lebih dulu kesiapan pasanganmu, jangan-jangan kamu siap tapi dia nggak.

Menikah muda memang asyik, tapi ingat 10 hal ini ya sebelum memutuskanfoto: soc.ucsb.edu

Ini juga nggak kalah penting. Jangan-jangan pasanganmu belum siap tapi kamu terus memaksa. Hal ini bisa berujung fatal, bisa-bisa kalau ada masalah dalam rumah tangga kalian dia bakal menyalahkan pernikahan kalian.

9. Ancaman stres yang mengintai.

Menikah muda memang asyik, tapi ingat 10 hal ini ya sebelum memutuskanfoto: knowmore.tv

Banyak yang harus dipikirkan dalam kehidupan pernikahan. Anak yang butuh susu, genteng bocor, kulkas rusak, dan sederet masalah lain. Sementara jika usiamu masih terlalu muda dan kamu masih suka sibuk dengan dirimu sendiri, stress akan jadi ancaman.

10. Bercerai itu bukan pilihan tepat.

Menikah muda memang asyik, tapi ingat 10 hal ini ya sebelum memutuskanfoto: explosion.com

Nggak ada pasangan yang menikah untuk berpisah bukan? Lagipula perceraian bukanlah situasi yang mudah untuk dihadapi. Jadi, pikirkan dulu matang-matang sebelum kamu memutuskan untuk menikah muda.