Brilio.net - Pernikahan adalah momen berharga bagi setiap orang. Ketika menikah, maka status pun berubah menjadi pasangan suami istri. Sosok suami atau istri inilah yang akan terus mendampingi menjalani kehidupan. Namun dalam Islam, pasangan suami dan istri yang taat pada Allah kelak akan dipertemukan lagi di surga.

Untuk menempatkan perannya masing-masing, setiap suami dan istri sebaiknya saling memahami. Hubungan dan ikatan suci ini pun harus dijaga dengan baik. Penuhi pula rumah tangga dengan rasa cinta dan kasih sayang.

Sebagai bacaan inspiratif dan bahan renungan, berikut empat puluh kata-kata mutiara Islami untuk pasangan suami istri, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (30/7).

Kata-kata mutiara Islami untuk suami.

foto: freepik.com



1. "Istrimu adalah rezekimu. Istrimu adalah pilihanmu. Istrimu adalah takdirmu. Maka jangan memandang kepada selain milikmu, dan jangan membanding-bandingkannya dengan wanita yang bukan milikmu."
2. "Lelaki yang baik tidak akan bermain-main dengan cinta, sebab dia tahu kata cinta menuntut tanggung jawab."
3. "Adalah suatu kewajiban suami untuk berpendidikan agama yang baik dan memastikan bahwa istrinya juga menerima pendidikan agama dengan baik." – Dr. Bilal Philips
4. "Hargai istrimu sebagaimana engkau menghargai ibumu. Sebab, istrimu juga seorang ibu dari anak-anakmu."
5. "Istri yang paling beruntung adalah dia yang dikaruniai Allah seorang suami yang penyabar dan penyayang, penuh kehangatan dan kelembutan, suka menolong dan berhati tulus. Jika dia pergi, istri merindukan. Jika dia ada, istri ingin terus berdekatan." - Dr. Abdul Malik Al-Qasim
6. "Jantung rumah adalah seorang istri. Jika hati istrimu tidak bahagia maka seisi rumah akan tampak seperti neraka"
7. "Pernikahan yang sukses bukanlah saat kamu bisa menjalani hidup dengan damai bersama istrimu, melainkan saat kamu tidak dapat menjalani hidup dengan damai tanpanya."
8. "Saat seorang pria mengatakan: saya terima, dalam sebuah akad pernikahan, maka itu berarti ia mengatakan: bahwa saya menerima tanggung jawab untuk melayani, mencintai dan melindunginya."
9. "Sebaik-baik kalian adalah yang terbaik akhlaknya terhadap istrinya."
10. "Seorang suami yang baik akan menyeka air mata istrinya, tapi suami yang hebat akan mendengarkan dengan baik cerita istrinya yang membuatnya menangis."
11. "Tertawa, bermain dan bercandalah dengan istrimu. Karena itu adalah Sunnah."
12. "Wanita itu ibarat bunga, mereka harus diperlakukan dengan lembut, baik hati, dan dengan penuh kasih sayang." – Ali bin Abi Thalib

Loading...
2 dari 3 halaman

Kata-kata mutiara Islami untuk istri.

foto: freepik.com



13. "Istri shalihah adalah istri yang taat kepada suaminya dan melaksanakan perintah Allah dan Rasul-Nya."
14. "Jangan pernah menceritakan hal buruk tentang suamimu kepada siapapun."
15. "Jika surga itu setangkai bunga, aku akan memetiknya untukmu. Jika surga itu seekor burung, aku akan menangkapnya untukmu. Jika surga itu sebuah rumah, aku akan membangunnya untukmu. Tapi karena surga adalah tempat yang belum pernah dilihat oleh siapapun, maka aku akan berdoa kepada Allah supaya menyiapkan surga itu untukmu."
16. "Semahal apapun harga sebuah bantal, tak akan mampu menggantikan nyaman dan tenangnya bahu seorang suami untuk bersandar."
17. "Seorang istri yang shalihah akan memperlakukan suaminya layaknya seorang raja, mencintainya seperti seorang pangeran, namun ia juga tidak lupa untuk terus mengingatkan suaminya bahwa dia hanyalah hamba Allah."
18. "Suami yang paling beruntung adalah dia yang memiliki istri yang baik, menyenangkan dan perhatian, iman memenuhi hatinya, kelembutan menghiasi tutur katanya, dan berbuat kebaikan menjadi motto hidupnya. Apabila suami datang dia segera menyambutnya. Dan apabila suami bepergian, dia senantiasa menjaga rumah tangganya." – Dr. Abdul Malik Al-Qasim
19. "Suamiku mungkin tidak sempurna, tapi dia sangat sempurna di mataku."
20. "Wanita mana saja yang meninggal dunia, sementara suaminya merasa ridho terhadapnya, maka ia akan masuk surga." – Hadis

3 dari 3 halaman

Kata-kata mutiara Islami untuk suami dan istri.

foto: freepik.com



21. "Ketika suami istri saling memandang satu sama lain dengan penuh cinta dan kasih sayang, maka Allah memandang keduanya dengan tatapan kasih sayang." – Hadis
22. "Saat pasangan suami istri berdoa bersama-sama, mereka sesungguhnya sedang berbagi keintiman yang tidak dapat diciptakan dengan cara apapun. Itu adalah perasaan yang luar biasa."
23. "Pasangan suami istri harus berperan seperti dua sayap pada seekor burung yang sama. Keduanya harus bekerjasama atau pernikahan mereka tidak akan pernah sampai ke permukaan."
24. "Ada empat persyaratan dalam setiap pernikahan yang membahagiakan. Yang pertama adalah iman, dan sisanya adalah kepercayaan."
25. "Cinta sejati tidak berakhir dengan kematian. Jika Allah SWT menghendaki, cinta itu akan berlanjut sampai ke surga."
26. "Dalam perhitungan cinta, satu tambah satu sama dengan tak terhingga. Sedangkan dua kurang satu sama dengan nol."
27. "Kalau aku mencintai karena Allah, cintamu tak akan pernah mati."
28. "Menikah itu cinta yang diberkahi. Awalnya janji, selanjutnya adalah ibadah, penghujungnya insya allah ridha Ilahi."
29. "Pernikahan bagaikan rantai dari cincin emas, diawali dengan secercah sinar terang dan diakhiri oleh keabadian."
30. "Pernikahan seperti mosaik yang kita buat dengan pasangan kita, jutaan momen kecil yang menjadi kisah cinta.”
31. "Pernikahan yang bahagia adalah menyatunya dua insan yang bersedia saling mengerti, memahami, dan saling memaafkan."
32. "Pernikahan yang sukses adalah jatuh cinta sering kali dan selalu terhadap orang yang sama."
33. "Sebaik-baik cinta adalah pernikahan. Dan sebaik-baik mencintai adalah saling mendoakan."
34. "Seperti sepasang sepatu, berdua namun tetap satu. Karena satu saja tidak akan berguna."
35. "Tetap saling menjaga satu sama lain untuk selalu dekat dengan Allah. Semoga kelak bersama-sama masuk surga."
36. "Tujuan dalam pernikahan bukan untuk berpikir sama, tapi untuk berpikir bersama."
37. "Walau dengan siapapun Allah menjodohkan kita, bersyukurlah dengan kelebihannya dan bersabarlah dengan kekurangannya."
38. "Cinta kita adalah yang terbaik karena imanku bertambah. Kau membantuku di dunia, dan karena itu aku ingin kembali bertemu denganmu di surga."
39. "Pernikahan adalah ibadah, dan setiap ibadah bermuara pada cinta-Nya sebagai tujuan. Sudah sewajarnya setiap upaya meraih cinta-Nya dilakukan dengan sukacita."
40. "Seorang pria mendambakan sosok istri yang sempurna, seorang perempuan juga memimpikan sosok suami yg sempurna. Namun keduanya tidak menyadari bahwa mereka diciptakan untuk saling menyempurnakan."