Hubungan suami-istri pasti mengalami pasang surut dan dinamika dalam rumah tangga. Terkadang, dinamika rumah tangga itu bisa membuat hubungan makin romantis atau malah menjadi sumber retaknya hubungan suami-istri itu. Walau setiap orang mendambakan hubungan yang harmonis, namun terkadang ada saja hal-hal yang menjadi tantangan dalam rumah tangga.

Berbagai rintangan dan persoalan silih berganti menerpa rumah tangga. Karena semua orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, sama halnya dengan sepasang suami istri. Agar masalah dapat terpecahkan dengan baik, harus ada pengertian dan sikap saling mengasihi satu sama lain.

Jangan biarkan hubungan cinta hancur begitu saja, teruslah dekatkan diri pada Allah. Pernikahan bukan sekadar mengucap janji di depan penghulu dan para saksi, tapi ikrar suci sebagai bentuk ketaatan pada Allah. Jika sedang dirundung prahara, mendengar nasihat atau kalimat bijak tentang hubungan rumah tangga bisa jadi solusi.

Simak kumpulan kata-kata bijak Islami suami istri agar hubungan rumah tangga makin hangat dan harmonis. Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (15/8).

 

Kata-kata bijak Islami suami istri, cocok sebagai renungan. 

bijak Islami suami istri ©Instagram

foto: Instagram/@vielyea

Menaati perintah dan menjauhi larangan Allah, hubungan suami istri akan berakhir indah. Berjalan bersama di jalan Allah agar mendapatkan petunjuk.

1. "Jika pasanganmu marah, kamu harus tenang. Jika yang satu adalah api, yang lainnya haruslah air."

2. "Kamu tak akan pernah menemukan kebahagiaan, jika kamu terus mengisi hatimu dengan penuh kesedihan."

3. "Satu di antara jalan terindah untuk beribadah kepada Allah adalah melalui pernikahan."

4. "Istri yang paling beruntung adalah ia yang dikaruniai Allah seorang suami yang penyabar dan penyayang, penuh kehangatan dan kelembutan, suka menolong, dan berhati tulus."

5. "Saat seorang pria mengatakan 'saya terima' dalam sebuah akad pernikahan, maka itu berarti ia mengatakan 'bahwa saya menerima tanggung jawab untuk melayani, mencintai, dan melindunginya'."

6. "Cinta kita adalah cinta yang terbaik karena engkau telah membuat imanku meningkat, juga membantuku di dunia ini. Karena itulah, aku ingin berjumpa kembali denganmu di surga."

7. "Ucapkanlah kata-kata yang dapat menyentuh hati dan membuat istrimu bahagia."

8. "Istri shalihah adalah dia yang tak pernah menunjukkan kecantikan dan keindahan tubuhnya selain di depan suaminya sendiri."

9. "Cinta bukanlah hal yang kau cari. Tapi cinta adalah sesuatu yang menemukanmu."

10. "Seorang pria mendambakan sosok istri yang sempurna, seorang perempuan juga memimpikan sosok suami yang sempurna. Namun, keduanya tidak menyadari bahwa mereka diciptakan untuk saling menyempurnakan."

11. "Lelaki yang baik tidak akan bermain-main dengan cinta, karena ia tahu kata cinta menuntut tanggung jawab yang amat besar."

12. "Hargai istrimu sebagaimana engkau menghargai ibumu. Sebab, istrimu juga seorang ibu dari anak-anakmu."

13. "Apabila istrimu tidak sengaja melakukan kesalahan, bukakanlah pintu maaf yang seluas-luasnya."

14. "Semahal apapun harga sebuah bantal, tak akan mampu menggantikan nyaman dan tenangnya bahu seorang suami untuk bersandar."

15. "Cinta yang terjadi karena Allah tidak akan pernah berakhir."

16. "Kau ajarkan aku kesetiaan, sehingga aku setia. Kau ajarkan aku arti cinta, sehingga aku mampu mencintaimu seperti ini."

17. "Tertawa, bermain dan bercandalah dengan istrimu. Karena itu adalah sunah."

18. "Cinta kita adalah cinta terbaik. Sebab kau membuat imanku naik. Kau menolongku di dunia dan atas alasan itu, aku ingin menemuimu lagi di jannah nanti."

19. "Istrimu adalah pasanganmu, bukan pembantumu."

20. "Kritik bukanlah solusi untuk semua permasalahan. Justru cara seperti ini dapat menghilangkan kebahagiaan seorang istri dan membuatnya benci pada suami."