Brilio.net - Nabi Muhammad SAW merupakan tokoh Islam yang menjadi teladan semua umat muslim. Sebagai umat muslim, mengikuti apa yang diajarkan oleh Rasulullah merupakan suatu keharusan, karena apapun yang ajarkan Rasulullah semuanya memberikan manfaat yang luar biasa dalam hidup.

Umat muslim percaya bahawa Tuhan selalu mengirimkan nabi kepada umat manusia, memberitakan tauhid, belas kasihan, kasih sayang, perdamaian, dan keadilan.

Tidak hanya Nabi, namun juga sahabat-sahabat Nabi juga menunjukkan sifat yang luar biasa dalam kehidupan berkeislaman. Membaca kisah Nabi dan para sahabatnya akan membuat kita banyak mengambil hikmah dan bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kata-kata mutiara Nabi Muhammad SAW akan memiliki efek yang dalam bagi kita untuk menjadi yang terbaik. Berikut ini ada beberapa kata-kata bijak Nabi Muhammad yang penuh makna dan tentunya bisa menginspirasi kamu.

Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (2/12).

Loading...

1. "Berusahalah selalu untuk unggul dalam kebajikan dan kebenaran."

2. "Jihad terbesar (perjuangan/perjuangan) adalah melawan jiwamu sendiri, untuk melawan kejahatan di dalam dirimu."

3. "Yang terkuat di antara kamu adalah orang yang mengendalikan amarahnya."

4. "Yang terbaik di antara kamu adalah orang yang tidak menyakiti orang lain dengan lidah dan tangannya."

5. "Kekayaan tidak berasal dari banyak hal baik duniawi tetapi dari pikiran yang puas."

6. "Rumah terbaik adalah rumah tempat seorang yatim piatu mendapatkan cinta dan kebaikan."

7. "Beri makan yang lapar dan kunjungi orang yang sakit, dan bebaskan yang tertawan jika dia dikurung secara tidak adil. Membantu setiap orang yang tertindas baik Muslim atau non-Muslim."

8. "Kekayaan terbesar adalah kekayaan jiwa."

9. "Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak."

10. "Jauhilah dengki, karena dengki memakan amal kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar."

11. "Tidak ada dua hal yang digabungkan lebih baik daripada pengetahuan dan kesabaran."

12. "Pria yang baik memperlakukan wanita dengan hormat."

13. "Ingatlah, boleh jadi manusia itu mencintai sesuatu yang membahayakan dirinya atau membenci sesuatu yang bermanfaat baginya. Mohonlah petunjuk-Nya."

14. "Cinta kepada Allah adalah puncaknya cinta. Lembahnya cinta adalah cinta kepada sesama."

15. "Ulurkan cintamu karena Tuhanmu dan tariklah cintamu karena Tuhanmu, kamu tentu tak akan kecewa."

16. "Ketika suami dan istri saling memandang dengan cinta, Allah memandang keduanya dengan rahmat."

17. "Lebih baik duduk sendiri daripada bergaul dengan yang buruk; dan lebih baik tetap duduk dengan kebaikan daripada sendirian. Lebih baik berbicara dengan seorang pencari ilmu daripada berdiam diri; tetapi diam lebih baik daripada kata-kata kosong."

"Ketika Anda melihat seseorang yang telah diberi lebih dari Anda dalam uang & kecantikan, maka lihatlah mereka yang telah diberi lebih sedikit."

18. "Takutlah kepada Allah dimanapun Anda berada, ikutilah perbuatan buruk dengan perbuatan baik untuk menghapusnya, dan perlakukan orang dengan sikap yang baik."

18. "Cintailah kekasihmu sewajarnya saja, karena bisa saja kekasihmu itu suatu hari nanti menjadi musuhmu, dan bencilah musuhmu sewajarnya saja, karena bisa saja musuhmu itu suatu hari nanti menjadi kekasihmu." (HR Tirmidzi)

19. "Tahukah Anda apa yang lebih baik dari amal dan puasa dan doa? Itu adalah menjaga perdamaian dan hubungan baik antar manusia, karena pertengkaran dan perasaan buruk menghancurkan umat manusia."

20. "Tuhan tidak melihat wujud dan harta benda Anda, tetapi Dia melihat hati dan perbuatanmu."

21. "Barang siapa yang ingin merasakan keimanan, Maka hendaklah ia mencintai seseorang, yang tidak ia cintai kecuali karena Allah" (HR Ahmad)

22. "Yang terbaik di antara kalian adalah mereka yang berakhlak paling mulia."

23. "Demi Allah yang jiwaku berada di tangan-Nya, seseorang tidak beriman hingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.

24. "Allah tidak melihat bentuk rupa dan harta benda kalian, tapi Dia melihat hati dan amal kalian."

25. "Ketika Anda melihat seseorang yang telah diberi lebih dari Anda dalam uang dan kecantikan, maka lihatlah mereka yang telah diberi lebih sedikit."

Kata-kata quote Abu Bakar sahabat Nabi.

Kata-kata bijak Nabi Muhammad freepik.com

foto: Instagram/@senimannu.hijrah

Abu Bakar Ash-Shiddiq adalah seorang pria yang termasuk As-Sabiqunal Awwalun. Yakni orang yang pertama kali masuk Islam.

Abu Bakar merupakan tokoh besar muslim dari bangsa Quraisy yang sangat sayang kepada Nabi Muhammad SAW. Dia juga termasuk orang yang selalu membela Nabi ketika kaum Quraisy yang lain menganggap Nabi Muhammad gila.

Bahkan Abu Bakar Ash-Shiddiq rela mempertaruhkan nyawanya demi Rasulullah. Gelar Ash-Shiddiq yang berarti 'membenarkan', ia peroleh setelah membenarkan dan percaya segala ucapan Nabi.

Abu Bakar ialah sosok pria yang menginspirasi banyak pihak, terutama umat muslim sendiri. Keberaniannya membela agama dan beragam keputusan yang ia ambil, jadi pedoman banyak orang.

26. "Pria yang pemalu dan sederhana adalah karakter yang menakjubkan, namun wanita yang pemalu dan sederhana itu lebih menakjubkan lagi."

27. "Jika kamu mengharapkan berkah dari Allah, maka bersikap baiklah kepada hamba-Nya."

28. "Mau bersusah payah untuk menghilangkan penderitaan orang lain adalah esensi sejati dari kemurahan hati."

29. "Bila telah masuk waktu salat, berdirilah kalian menuju ke tempat apimu yang sedang menyala dan padamkanlah ia."

30. "Jangan memandang rendah kepada setiap muslim, bahkan orang yang paling lemah imannya sekalipun adalah besar di mata Allah."

31. "Waspadalah terhadap kesombongan, sebab pada akhirnya kamu kelak akan kembali ke tanah dan tubuhmu akan dimakan oleh cacing."

32. "Kebenaran terbesar adalah kejujuran, dan kebohongan terbesar adalah ketidakjujuran."

33. "Adalah hal yang memalukan bahwa seekor burung justru bangun lebih awal daripada kamu di pagi hari."

34. "Semakin banyak ilmu yang kamu miliki, maka semakin besar pula ketakwaanmu terhadap Allah."

35. "Salah satu dosa terburuk adalah seseorang yang menganggap remeh dosanya."

36. "Tidak ada manfaat dari uang jika tidak dibelanjakan di jalan Allah. Tidak ada kebaikan dalam diri seseorang jika kebodohannya mengalahkan kesabarannya."

37. "Kami diuji dengan kesusahan, maka kami sabar, tetapi ketika diuji dengan kesenangan (kemewahan), hampir-hampir kami tidak sabar."

38. "Manusia tahu bahwa dirinya itu lemah, namun anehnya dia terus menerus tidak taat kepada Dia (Allah) Yang Maha Kuat."

39. "Tanpa tindakan, pengetahuan tidak ada gunanya dan pengetahuan tanpa tindakan itu sia-sia."

40. "Hidup akan berlaku, namun kematian sangatlah dekat."