Brilio.net - Dalam Islam, perkawinan atau pernikahan sudah menjadi bagian dari sunnatullah, pada setiap makhluk yang bernyawa, termasuk manusia. Menikah tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan biologis, melainkan banyak makna di dalamnya. Oleh karena itu menikah merupakan hal yang dibutuhkan hampir setiap manusia.

Pernikahan sendiri menjadi ikatan dua orang untuk hidup bersama selamanya. Ada proses koneksi dari dua jiwa untuk membentuk keluarga baru. Sayangnya, banyak orang menganggap menikah merupakan pengaturan yang sangat rumit. Hingga membuat orang enggan untuk menikah. Padahal, ada beberapa alasan mengapa menikah itu penting.

Salah satu alasan menikah itu penting adalah menjadi wujud nyata dari kesatuan dua manusia. Ini menjadi pertemuan dua jiwa yang menjadi satu. Tidak hanya sekadar memberikan hidup kamu pada pasangan namun juga keluargamu. Menikah juga mengajarkan seseorang untuk saling mengasihi. Membuat hidup menjadi lebih lengkap karena ada orang lain yang selalu ada untuk kamu.

Berikut ini beberapa kata-kata bijak Islami tentang pernikahan, yang mungkin saja bisa menjadi inspirasi buat kamu, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (16/11).

1. "Maka nikahilah wanita-wanita lain yang halal bagi kalian untuk dinikahi; (apakah) dua, tiga, atau empat. Namun, apabila kalian khawatir tidak bisa berlaku adil (di antara para istri bila sampai kalian memiliki iebih dari satu istri), nikahilah satu istri saja atau mencukupkan dengan budak perempuan yang kalian miliki. Hal itu lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya." - QS. An-Nisaa’: 3.

Loading...

2.  "Harta yang paling mulia adalah Lisan yang senantiasa berdzikir, Hati yang selalu bersyukur, dan lstri yang beriman yang selalu membantunya dalam keimanannya." - HR. Tirmidzi.

3. "Bertaqwalah kepada Allah dalam perkara perempuan-perempuan itu, sesungguhnya kalian telah mengambil mereka dengan amanah Allah, dan halal bagi kalian kemaluan mereka dengan kalimat Allah." - HR. Muslim.

4. "Janganlah seorang laki-laki beriman membenci seorang perempuan beriman. Kalau lah ada sikap yang ia tidak sukai dari perempuan tersebut, (mesti) ada pula sikap lain dari perempuan tersebut yang ia sukai." - HR. Muslim.

5. "Ketahuilah, setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap dari kalian bertanggung jawab atas yang la pimpin… seorang lelaki adalah pemimpin bagi keluarganya, dan la bertanggung jawab atas keluarganya..Ketahuilah setiap dari kalian adalah pemimpin dan bertanggung jawab atas apa yang ia pimpin." - HR. Bukhari  dan Muslim.

6. "Barang siapa yang mencintai karena Allah, membenci karena Allah, memberi karena Allah dan tidak memberi karena Allah, maka sungguh telah sempurna imannya." - HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi.

7. "Seorang suami seharusnya bisa tampil di hadapan istrinya layaknya seorang bocah. Akan tetapi ketika sang istri membutuhkannya, maka ia harus tampil layaknya seorang lelaki perkasa. – Umar bin Khattab.

8. "Ketika sepasang suami istri memandang dengan cinta, Allah memandang mereka dengan belas kasihan."

9. "Tidak ada cinta antara dua jiwa yang lebih besar daripada cinta antara pasangan." - Tafsir Ibn Khatir 3/525.

10. "Pria memimpikan wanita yang sempurna dan wanita memimpikan pria yang sempurna dan mereka tidak tahu bahwa Allah menciptakan mereka untuk menyempurnakan satu sama lain." - Ahmad AlShugairi.

11. "Ketika berbicara tentang pernikahan, Allah berfirman bahwa pasanganmu adalah pakaian untukmu. Sebuah pakaian mungkin atau mungkin tidak pas dengan sempurna-tapi bagaimanapun juga, itu menutupi ketidaksempurnaan, melindungi dan mempercantik." - Yasmin Mogahed.

12. "Istri yang sholihah, tempat tinggal yang luas, tetangga yang baik hati, kendaraan yang nyaman. Dan empat termasuk kesengsaraan: istri yang jahat, tempat tinggal yang sempit, tetangga yang buruk, dan kendaraan yang buruk." - HR. Ibnu Hibban no: 4032, lihat Ash-Shahihah no: 282.

13. "Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu’cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi Kaum yang berpikir," - QS. Ar-Rum: 21.

14. "Dunia ini adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasannya adalah perempuan yang shalihah." - HR. Muslim.

15. "Ketahuilah, setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap dari kalian bertanggung jawab atas yang la pimpin… seorang lelaki adalah pemimpin bagi keluarganya, dan la bertanggung jawab atas keluarganya. Ketahui lah setiap dari kalian adalah pemimpin dan bertanggung jawab atas apa yang ia pimpin." - HR. Bukhari dan Muslim.

16. "Jangan menikah hanya karena didesak umur. Menikahlah kalau kamu sudah yakin bahwa dengannya surga akan lebih dekat kepadamu."

17. "Pernikahan yang bahagia adalah menyatunya dua insan yang bersedia saling mengerti, memahami, dan saling memaafkan."

18. "Wanita shalihah tidak pernah takut menikah dengan lelaki yang miskin harta. Melainkan yang ditakutkan adalah menikah dengan lelaki yang miskin ilmu dan miskin tanggung jawab."

19. "Tujuan dalam pernikahan bukan untuk berpikir sama, tapi untuk berpikir bersama."

20. "Janganlah engkau menuntut pasanganmu untuk sempurna, tapi sempurnakanlah dirimu agar engkau mampu menutupi kekurangannya."

Menyatukan dua insan dengan karakter yang berbeda dalam suatu ikatan pernikahan memanglah tidak mudah. Pasalnya masing-masing memiliki perbedaan dari segi segala aspek. Bukan segi fisik, yaitu laki-laki maupun perempuan. Melainkan dari segi cara memperlakukan 'hidupnya' sendiri.

Kata-kata bijak islami tentang pernikahan freepik.com

foto: freepik.com

Jodoh yang ditemui dan akhirnya melenggang ke arah lebih serius atau pernikahan, tentunya perlu persiapan yang matang. Tahapan menuju mahligai rumah tangga adalah sebuah proses yang harus benar-benar diperhatikan. Pasalnya hanya terjadi sekali seumur hidup. Jika tidak dipikirkan dengan matang dan menimbang beragam aspek, pernikahan bisa saja kandas di tengah jalan.

21. "Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi Kaum yang berpikir," - QS. Ar-Rum: 21.

22. "Tidak pernah didapati bunga-bunga cinta antara dua orang yang memadu cinta sebagaimana pada dua orang yang telah menikah." - HR. Ibnu Majah no: 1847, dishahihkan oleh Al-Albanl dalam Shohih Ibnu Majah no: 1497.

23. "Dan pergaulilah mereka secara patut. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah SWT menjadikan padanya kebaikan yang banyak." - QS. An-Nisaa’: 19.

24. "Aku akan menjamin sebuah rumah di tepi surga bagi siapa saja yang meninggalkan perdebatan meskipun dia yang benar." - HR. Abu Daud no. 4800 dan dihasankan oleh Al-Albani dalam Shahihul jami’ no.1464.

25. "Tidaklah Rasulullah mencela suatu makanan sedikitpun. Seandainya beliau menyukainya, beliau menyantapnya.Jika tidak menyukainya, beliau meninggalkannya (tidak memakannya)." - HR. Bukhari no. 5409 dan Muslim no. 2064.

26. "Menikah adalah sebuah proses menerima kekurangan pasangan yang tidak engkau temui ketika ta’aruf dengannya."

27. "Menikah adalah separuh perjalanan ketakwaan kepada Allah dan bagian dari sunnah Rasulullah."

28. "Menikah adalah solusi terbaik seorang pemuda, karena dengannya sempurnalah separuh agama dan perjalanan hidup."

29. "Tiada hubungan terindah seorang laki-laki dan wanita kecuali hubungan dalam pernikahan."

30. "Tiada satu pun cara yang dapat menyatukan dua manusia yang sedang jatuh cinta kecuali menikah."

31. "Tiada satu pun jalan tercepat dalam mengenal sifat seseorang kecuali menikah."

32. "Menikah adalah ibadah terpanjang dan terlama, karena dengan menikah engkau akan menyempurnakan setengah perjalanan agama dan kehidupanmu."

33. "Sebaik-baik yang dimiliki seorang lelaki adalah istri yang setia."

34. "Seorang suami ibarat rumah. Jika engkau mematuhinya, ia akan melindungi dan mencukupi kebutuhanmu. Namun, jika engkau mengkhianatinya, maka ia akan berpaling darimu."

35. "Sekuat-kuatnya seorang suami, ia akan tetap membutuhkan seorang istri di belakangnya. Dan sepintar-pintarnya istri, ia akan tetap membutuhkan bimbingan suaminya."

36. "Jangan mengeluh ketika suami menginginkan engkau menjadi istri yang baik. Sebab, suami akan menanggung beban hisab atas dirimu di hadapan Allah."

38. "Ketika engkau membangun sebuah keluarga, ingatlah tidak ada rumah tangga tanpa ujian. Bersabar dan bersyukurlah dalam menghadapi ujian tersebut."

39. "Membangun rumah tangga ibarat sebuah perahu kecil yang harus didayung bersama-sama. Jika perahu hanya didayung oleh salah seorang di antara suami istri, maka perahu itu tidak akan mampu berlabuh ke pulau kebahagiaan."

40. "Sesungguhnya membangun sebuah keluarga memerlukan perjuangan yang panjang, namun semuanya akan terasa indah."