Brilio.net - Namanya manusia pasti nggak lepas dari apa yang namanya kesedihan. Baik itu sedih karena kehilangan seseorang yang disayangi, sedih karena mengalami penyakit, maupun sedih karena berbagai masalah dan kesulitan hidup yang dialami.

Kesedihan dapat membuat pikiran gundah. Ini merupakan hal yang wajar. Bahkan, kesedihan senantiasa juga melekat pada hati orang-orang yang bertakwa. Namun, kesedihan yang berlarut-larut juga patut diwaspadai. Sebab hal tersebut dapat mengganggu kelancaran aktivitas, bahkan malah menimbulkan masalah baru. Nah, jangan sampai ya kamu terpuruk karenanya.

Terus berusaha dan berdoa, serta memasrahkan segala yang terjadi pada Allah SWT. Agar bisa mengatasi perasaan sedih yang tak keruan, kata-kata bijak Islami tentang kesedihan ini mungkin bisa membuat hati menjadi tenang. Sehingga kamu dapat menyelami makna kehidupan ini dan terus bersemangat.

Berikut kumpulan kata bijak Islami tentang kesedihan, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, pada Kamis (12/11).

Kata-kata bijak Islami tentang kesedihan, penuh makna.

kata bijak Islami tentang kesedihan © 2020 brilio.net/ Instagram

Loading...

foto: Instagram/@videodakwahislamiid

1. "Tidaklah suatu kegalauan, kesedihan, kebimbangan, kekalutan yang menimpa seorang mukmin atau bahkan tertusuk duri sekalipun, melainkan karenanya Allah akan menggugurkan dosa-dosanya." - HR Bukhari dan Muslim

2. "Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah selalu bersama kita." - QS. At-Taubah: 40

3. "Janganlah kamu kehilangan harapan dan jangan pula bersedih hati."

4. "Jangan melibatkan hatimu dalam kesedihan atas masa lalu atau kamu tidak akan siap untuk apa yang akan datang." - Ali Bin Abi Thalib

5. "Ketika kamu merasa sendiri di dunia ini dan tidak ada seorang pun yang mengerti kesedihanmu, ingatlah, di mana pun kamu berada, Allah Maha Tahu."

6. "Kesedihan akan lenyap ketika kita menyadari bahwa masa depan ada di tangan Allah."

7. "Jangan kamu kehilangan harapan, dan jangan pula kamu bersedih hati." – QS. Ali Imran: 13

8. "Obat untuk menyembuhkan kesedihan; tingkatkan kualitas salatmu, luangkan waktumu untuk berinteraksi dengan Alquran, bersyukurlah atas nikmat yang telah Allah berikan kepadamu, renungkanlah alam semesta. -Mufti Ismail Menk

9. "Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan." - QS. Al-Insyirah: 5-6

10. "Saat kamu merasakan kesedihan, itu berarti hati sedang menyuruhmu untuk menemukan Allah.

11. "Hanya kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku." - QS. Yusuf: 86

12. "Orang beriman akan terbebas dari perasaan bahagia terlalu berlebihan yang menyebabkan seseorang melupakan Allah, dan perasaan terlalu larut dalam kesedihan yang menyebabkan seseorang putus asa dan menyalahkan Allah." - Dr. Bilal Philips

13. "Terkadang, dibutuhkan kesedihan untuk mengetahui arti kebahagiaan, kebisingan untuk menghargai keheningan, dan kehilangan untuk menghargai kehadiran.

14. "Berbahagialah. Jangan biarkan kesedihan menghancurkanmu. Ucapkan Alhamdulillah dalam setiap momen kehidupan yang kamu alami."

15. "Ketahuilah bahwa sabar diibaratkan kepala dari tubuh seseorang. Jika kepalanya hilang, maka keseluruhan tubuh orang tersebut akan membusuk (mati). Sama halnya dengan jika kesabaran seseorang telah hilang, maka semuanya akan rusak." - Ali bin Abi Thalib.

16. "Terkadang kita dikuasai oleh kesedihan hingga sampai pada tingkatan di mana kita lupa bahwa ada banyak hal dalam hidup yang bisa membuat kita bahagia." - Mufti Ismail Menk

17. "Allah memberimu kehidupan yang indah, maka jangan sia-siakan hidupmu itu untuk meratapi kesedihan atas sesuatu yang pasti akan berlalu."

18. "Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya." - QS. Al-Baqarah: 286

19. "Salah satu tujuan setan adalah untuk membuat orang-orang beriman merasa depresi dan bersedih hati, karena depresi membuat seseorang tidak berdaya."

20. "Ciri kelalaian manusia adalah sering mengeluh ketika sedang diuji dan jarang bersyukur ketika mendapatkan nikmat."

Kata-kata bijak Islami tentang kesedihan, penyejuk hati

kata bijak Islami tentang kesedihan © 2020 brilio.net/ Instagram

foto: Instagram/@gamis_murah_50rban

21. "Jika sesuatu di hadapanmu membuatmu takut dan sesuatu di belakangmu membuatmu sakit, maka lihatlah ke atas. Allah tidak pernah gagal untuk menolongmu."

22. "Janganlah engkau berduka atas apa yang telah terjadi, karena tidak ada apapun di dunia ini yang abadi." - Imam Syafii

23. "Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." - Jalaluddin Rumi

24. "Selama Allah beserta kita, apalah artinya bersedih hati, apalah artinya takut, dan apalah artinya cemas."

25. "Daripada tertekan memikirkan hal-hal yang tidak dapat kita kendalikan, lebih baik berdoalah kepada Allah yang maha mengendalikan dan temukan kedamaian." - Dr. Bilal Philips

26. "Hati kita milik Allah. Bila rasa sedih, berbaliklah pada Allah. Bila rasa keliru, berbaliklah pada Allah. Bila gembira, berbaliklah juga pada Allah."

27. "Agar pedihnya ujian terasa ringan, hendaklah engkau tahu bahwa Allah-lah yang mengujimu." - Ibnu Athaillah

28. "Dunia ini sementara. Sedih sementara, senang sementara, bersikaplah sewajarnya. Bagaimanapun kondisi kita saat ini, entah kita sedang senang atau sedih, pada akhirnya keadaan ini akan berubah."

29. "Rendah hati akan menumbuhkan kecintaan, dan lapang dada menerima pemberian Allah SWT akan melahirkan ketenangan jiwa." - Imam Syafi’i

Kata-kata bijak Islami tentang kesedihan, terbaik dan menyentuh hati.

kata bijak Islami tentang kesedihan © 2020 brilio.net/ Instagram

foto: Instagram/@indahnyaagamaku.id

30. "Berpikir positif saja. Jika saat ini kita sedang susah, sesungguhnya itu adalah modal untuk menceritakan bukti kesuksesan kita kelak, semangatlah!."

31. "Jika kamu merasa sedih, sakit hati atau bimbang, carilah petunjuknya dari Alquran maka kamu akan menemukan arah yang benar."

32. "Sesungguhnya kami milik Allah, dan kepada-Nyalah kami kembali."

33. "Jangan bersedih. Sesungguhnya pertolongan akan datang bersama kesabaran." - HR. Ahmad

34. "Saat hatimu hancur dan derita yang kamu rasakan membuatmu jatuh, ingat dan hanya ingatlah bahwa Allah melihat semua itu."

35. "Jangan kamu merasa lemah dan jangan bersedih, sebab kamu paling tinggi derajatnya jika kamu beriman." - QS. Ali Imran: 139

36. "Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian (takdir) dari Allah dengan senang hati." - Ali bin Husein

37. "Bila kau bisa tersenyum saat hatimu penuh dengan duka nestapa, maka sesungguhnya kau sedang meringankan bebanmu sendiri dan membuka satu pintu untuk kebahagiaan." - Dr. ‘Aidh al-Qarni

38. "Kegagalan adalah cara Allah untuk mengatakan bersabarlah karena aku memiliki sesuatu yang lebih baik untukmu saat waktunya tiba."

39. "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." - QS. Al-Baqarah: 286

40. "Saat kesulitan menimpamu, bukan berarti Allah ingin menghukummu, melainkan itu merupakan panggilan dari Allah, 'Wahai hamba-Ku, kembalilah kepada Tuhanmu'."