Setiap manusia pasti akan merasakan cinta. Entah cinta kepada orang tua, keluarga ataupun pasangan. Karena perasaan cinta tumbuh pada hati pemberian Yang Maha Esa, cinta adalah salah satu hal yang harus dijaga kesuciannya.

Islam mengajarkan cinta dan kasih sayang kepada semua umat manusia yang lain. Ada juga cinta yang ditujukan pada lawan jenis, karena setiap insan pasti memiliki pasangan dan jodohnya masing-masing yang akhirnya berlabuh ke pelaminan untuk membangun sebuah rumah tangga. Dalam ajaran Islam, gambaran soal jodoh pun telah dijelaskan dalam Alquran surat Ar Rum ayat 21 yang memiliki arti:

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir."

Meski setiap manusia dapat merasakan cinta, jangan sampai perasaan cinta terhadap sesama, melebihi rasa cintamu kepada Allah. Niatkan mencintai seseorang karena Allah, untuk mencapai ketenangan hati.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Nah, supaya kamu dapat mencintai seseorang dengan tidak berlebihan, kamu bisa membaca kata-kata mutiara cinta Islami.

Berikut 105 kata-kata mutiara cinta Islami, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (19/8).

Kata-kata mutiara cinta Islami untuk pasangan.

105 Kata-kata mutiara cinta Islami © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@dakwahjomblo

Menjalin biduk rumah tangga, alangkah baiknya dijalani sesuai ajaran Islam. Saling menyayangi satu sama lain dan tak ingin saling melukai sesama ciptaan Tuhan.

1. "Allah telah menuliskan nama pasanganmu. Yang perlu kau lakukan adalah memperbaiki hubunganmu dengan-Nya."

3. "Jika kau mencintai seseorang, biarkan ia pergi. Kalau ia kembali, ia adalah milikmu. Bila tidak, ia memang tidak pernah jadi milikmu." (Khalil Gibran)

4. "Jangan buat seseorang mencintaimu jika kamu tak siap tuk berikan hatimu. Cinta tak berbalas itu menyakitkan."

5. "Aku ingin cinta yang akan berkata: "Bahkan kematian pun tidak akan memisahkan kita, karena kelak kita akan dipertemukan kembali di surga, Insyaallah".

6. "Aku akan memohon pada Allah SWT untuk berjumpa denganmu dua kali, sekali di dunia ini dan sekali lagi di surga."

7. "Orang kuat bukan berarti ia tidak pernah menangis tetapi orang yang terus istikamah dalam menghadapi setiap ujian dan godaan."

8. "Ku titipkan cinta ini hanya pada-Mu, jagalah hatiku dan hatinya dari rasa kecewa, hingga waktu itu tiba. Persatukanlah kami dalam restu dan Ridho-Mu."

9. "Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS Al Baqarah ayat 216)

10. "Jika aku jatuh cinta, cintakanlah aku pada seseorang yang melebihkan cintanya padamu, agar bertambah kekuatanku untuk lebih mencintaimu."

*

Kata-kata mutiara cinta Islami untuk kekasih.

105 Kata-kata mutiara cinta Islami © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@ummufatih

Dalam ajaran Islam, dilarang untuk pacaran. Namun setiap orang berhak memiliki rasa cinta di dalam hatinya. Sebagai ciptaan Tuhan, manusia dituntut untuk berdoa dan berusaha termasuk urusan cinta.

11. "Cinta kita adalah yang terbaik karena imanku bertambah. Kau membantuku di dunia, dan karena itu aku ingin kembali bertemu denganmu di surga."

12. "Allah menguji kita dengan sesuatu yang kita cintai, maka janganlah berlebihan mencintainya, agar saat sedih tidak berlebihan."

13. "Cintailah kekasihmu (secara) sedang-sedang saja, siapa tahu suatu hari dia akan menjadi musuhmu; dan bencilah orang yang engkau benci (secara) biasa-biasa saja, siapa tahu suatu hari dia akan menjadi kecintaanmu." (H.R Tirmidzi)

14. "Tugasmu bukan sekadar mencari cinta, tapi mencari semua penghalang dalam diri yang kau bangun untuk melawannya."

15. "Kalau aku mencintai karena Allah, cintamu tak akan pernah mati."

16. "Tetap saling menjaga satu sama lain untuk selalu dekat dengan Allah. Semoga kelak bersama-sama masuk surga."

17. "Cinta sejati tidak berakhir dengan kematian. Jika Allah SWT menghendaki, cinta itu akan berlanjut sampai ke surga."

18. "Orang kuat bukan berarti ia tidak pernah menangis tetapi orang yang terus istiqomah dalam menghadapi setiap ujian dan godaan."

19. "Cinta kepada Allah adalah puncaknya cinta. Lembahnya adalah cinta kepada sesama."

20. "Lelaki yang baik tidak akan bermain-main dengan cinta, sebab dia tahu kata cinta menuntut tanggung jawab."

*

Kata-kata mutiara cinta Islami pada orang tua.

105 Kata-kata mutiara cinta Islami © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@islamdakwahcom

Cinta tidak hanya diberikan kepada lawan jenis, tapi juga kepada kedua orang tua. Ibu dan ayah yang sudah membesarkanmu sejak kecil hingga sekarang, mereka akan terus menyayangimu selamanya.

21. "Ayah adalah cinta pertama anak perempuannya."

22. "Kebaikan seorang ayah lebih tinggi daripada gunung dan kebaikan seorang ibu lebih dalam dari laut."

23. "Hal terindah di dunia ini adalah ketika melihat kedua orang tua tersenyum dan mengetahui bahwa kamu adalah alasan di balik senyuman itu."

24. "Saat kamu melihat ibumu, kamu sedang melihat cinta paling murni yang pernah kamu tahu."

25. "Uang bisa dicari, ilmu bisa digali, tapi kesempatan untuk mengasihi orang tua takkan terulang kembali."

26. "Jangan memarahi kedua orang tuamu hanya untuk menyenangkan orang lain. Karena orang lain tidak menghabiskan masa hidup mereka untuk membina dan membangun hidupmu."

27. "Ayah Bunda itu layaknya pelita sebagai penerang hidup. Ibarat cahaya lilin yang selalu setia menerangi setiap sudut jalan. Dan sebagai semangat yang menjadi motivasi tuk tetap kuat untuk terus melangkah maju."

28. "Cinta seorang ibu itu menenangkan, cinta seorang ayah itu menguatkan."

29. "Walapun kamu dapat memberikan bulan dan bintang , dunia dan seluruh isinya, namun itu semua belum cukup untuk membalas kasih sayang, cinta dan pengorbanan seorang ibu."

30. "Di antara penyebab terbesar yang akan menghalangi seseorang untuk mendapat taufik Allah adalah durhaka kepada kedua orang tua yang telah membesarkannya."

*

Kata-kata mutiara cinta Islami bahasa Arab.

105 Kata-kata mutiara cinta Islami © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@bent.alfaqiroh

Manusia membutuhkan suntikan motivasi dalam hidup. Kekuatan cinta salah satu alasan kamu bisa berdiri tegap di tengah keadaan buruk.

31. "Lau arofal hubbu miqdaaro hubbie laka... latamannal hubbu an yakuuna habibati." (Kalau saja cinta tahu besarnya cintaku padamu, niscaya sang cinta akan berharap untuk menjadi kekasihku)

32. "Alhubbu kal harbi, minas sahli an tus’ilaha, walaakin minas sha’bi an tukhmidaha." (Cinta itu laksana sebuah perang, amat mudah mengobarkannya, namun amat sulit untuk memadamkannya)

33. "Arwa'u maa qad yakuunu an tasy'ura bil hubbi, wa laakinnal ajmala an yasy'ura bika man tuhibbu." (Hal terindah ketika engkau jatuh cinta, akan tetapi lebih indah jika orang yang kau cintai menyadari cintamu)

34. "Uhibbuki fie kulli lahdzotin tamuuru fie hayati." (aku mencintaimu sepanjang waktu dalam hidupku)

35. "Laukaanal hubbu kalimat tuktabu lantahat aqlamie… walakinal hubbu riehun tahub." (Kalaulah cinta itu kata yang harus ditulis, niscaya penaku sudah habis. Tapi untunglah cinta itu adalah udara yang terus berembus)

36. "Akhofu alaika min ayyi huznin yasriku ibtisamataka." (Aku selalu menghawatirkanmu dari setiap kesedihan yang akan mencuri senyummu)

37. "Lau jama’tu ayyaama ‘umri min farohin, maa tusaawi lahzhata min waqtii ma’aki." (Kalaulah aku kumpulkan semua saat-saat gembira dalam hidupku, semuanya tidak akan dapat menyamai indahnya waktu yang aku habiskan bersamamu)

38. "Indama iftaqodtuka lan abhatsu a'nka ba'iedan ... bal saandzuru ilaa a'maqi qolbi haitsu takuunu daaiman." (Saat aku kehilanganmu, maka aku tidak akan jauh-jauh mencarimu. Tapi cukuplah aku mencarimu di dalam lubuk hatiku yang engkau selalu berada di sana)

39. "Maa ash’ab an tuhibbu syakhson bi junuun wa anta ta;rifu annaki lahu lan takun." (Betapa susahnya tatkala engkau mencintai seseorang yang engkau sendiri tahu ia tidak akan pernah jadi milikmu)

40. "Man yuhibbuka lan yatrukuka walau kunta syaukan baina yadaihi." (Orang yang benar-benar mencintaimu tidak akan pernah meninggalkanmu sekalipun engkau menjadi duri yang menghadang di hadapannya)

*

Kata-kata mutiara cinta Islami bahasa Inggris.

105 Kata-kata mutiara cinta Islami © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

41. "Keep her close to Allah. Keep him close to Allah. Together for Jannah."

(Tetap saling menjaga satu sama lain untuk selalu dekat dengan Allah. Semoga kelak bersama-sama masuk surga)

42. "Don’t choose the one who is beautiful to the world. But rather, choose the one who makes your world beautiful."

(Jangan memilih seseorang yang cantik/tampan bagi dunia. Tapi pilihlah seseorang yang akan membuat duniamu cantik)

43. "Happiest couples in the world never have the same nature. They just have the best understanding of their differences."

(Pasangan paling bahagia di dunia ini tidak pernah memiliki sifat yang sama. Mereka hanya saling memahami dengan baik tentang perbedaan yang mereka miliki)

44. "When Allah wants two hearts to meet, He will move both of them, not just one."

(Bila Allah menginginkan dua hati untuk bersatu, Dia akan menggerakkan keduanya, bukan hanya satu)

45. "Anyone can fall in love, but only the strong ones will keep it halal."

(Siapa pun bisa jatuh cinta, tapi hanya orang yang kuat yang akan menjaga cinta itu tetap halal)

46. "I don't need a ring. I need his deen. I'd prefer him taking me to Jannah and making me his queen."

(Aku tidak perlu cincin. Aku hanya perlu agamanya. Aku lebih mengharapkan dirinya membimbingku ke surga serta menjadikanku sebagai ratunya)

47. " When Allah loves you, He places the love of you in the hearts of the people whose love is worth having."

(Ketika Allah mencintaimu, Dirinya bakal menempatkan cintamu di hati seseorang yang cintanya terbukti pantas untuk dimiliki)

48. "You are my du’a which came true."

(Kamu merupakan doaku yang telah menjadi kenyataan.)

49. "Fall in love with someone who deserves your heart according to Allah's Laws, not someone who plays with it according to their desires."

(Jatuh cintalah terhadap seseorang yang pantas mempunyai hatimu sesuai dengan Hukum Allah, bukan seseorang hanya bermain-main sesuai dengan keinginannya)

50. "True love doesn't end at death. If Allah SWT wills, it will continue in Jannah."

(Cinta sejati tidak bakal beres saat ajal menjemput. Apabila Allah SWT berkehendak, cinta itu bakal berlanjut di surga)

51. "To my future husband: I'm praying for you and I'm excited to pray with you for the rest of our days."

(Teruntuk suami masa depanku: Aku rutin berdoa untukmu serta aku sangat berharap untuk bisa berdoa bersama denganmu di sisa-sisa hidup kita)

52. "Remind me of Allah, if your love for me is indeed true."

(Ingatkan aku rutin terhadap Allah apabila kamu sangatlah cinta kepadaku)

53. "Do not love the one who doesn't love Allah. If they can leave Allah they will leave you." (Imam As-Syafi'i)

(Janganlah mencintai seseorang yang tidak mencintai Allah. Apabila mereka saja bisa meninggalkan Allah, merekapun juga bakal bisa meninggalkanmu)

54. "Ya Rabb.. Bless me with a righteous spouse who brings me closer to You.

(Ya Allah berkatilah aku dengan pasangan yang cocok yang bakal membawaku terus dekat kepada-Mu)

55. "With love and mercy insya allah, I pray to stand by your side in jannah."

(Insyaallah dengan cinta serta rahmat-Nya, aku berdoa semoga berada di sisimu di surga nanti)

*

Kata-kata mutiara cinta Islami penuh makna.

105 Kata-kata mutiara cinta Islami © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

56. "Cinta kepada Allah adalah puncaknya cinta. Lembutnya adalah kepada sesama." (Nabi Muhammad SAW)

57. "Pria mengimpikan wanita sempurna. Wanita menginginkan pria sempurna. Mereka tidak tahu bahwa Allah menciptakan mereka untuk menyempurnakan satu sama lain." (Ahmad Al Shugairi)

58. "Kau tidak akan pernah menemukan cinta sejati sampai kau belajar mencintai Allah terlebih dahulu." (Boonaa Mohammed)

59. "Betapa beruntungnya mereka yang mencintai Allah. Mereka tidak akan pernah berpisah dengan kekasih mereka." (Dr. Bilal Philips)

60. "Apa pun yang kamu keluarkan untuk keluargamu akan menjadi sumber pahala dari Allah. Bahkan sepotong makanan yang kamu suapkan ke mulut istrimu." (Nabi Muhammad SAW)

61. "Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya. Dan sebaik-sebaik kamu adalah orang yang paling baik kepada istrinya." (HR. Abu Hurairah)

62. "Jangan berhenti berdoa untuk yang terbaik bagi orang yang kau cintai." (Ali bin Abi Thalib)

63. "Tidak ada solusi yang lebih baik bagi dua insan yang saling mencintai dibanding pernikahan." (HR. Ibnu Majah)

64. "Janganlah kalian menikahi wanita karena kecantikannya, karena mungkin saja kecantikannya akan membinasakannya. Dan jangan pula kalian menikahi wanita karena hartanya, karena mungkin saja hartanya akan menjadikannya bersikap sewenang-wenang. Akan tetapi, nikahilah wanita itu karena agamanya." (Ali bin Abi Thalib)

65. "Ketika seorang suami dan istri saling berpandangan dengan penuh cinta, Allah melihat mereka dengan belas kasih." (HR. Bukhari)

66. "Tidak ada wanita di belakang seorang pria hebat. Wanita itu ada di sampingnya. Ia ada bersamanya, bukan di belakangnya." (Tariq Ramadan)

67. "Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya. Dan sebaik-sebaik kamu adalah orang yang paling baik kepada istrinya." (HR. Abu Hurairah)

68. "Cinta bukan melemahkan hati, bukan membawa putus asa, bukan menimbulkan tangis sedu sedan. Tetapi cinta menghidupkan pengharapan, menguatkan hati dalam perjuangan menempuh onak dan duri penghidupan." (Buya Hamka)

69. "Cintailah kekasihmu sekadarnya saja, siapa tahu nanti akan jadi musuhmu. Dan bencilah musuhmu sekadarnya saja, siapa tahu nanti akan jadi kekasihmu." (Ali bin Abi Thalib)

70. "Orang yang suka berkata jujur akan mendapatkan 3 keuntungan, yaitu kepercayaan, cinta dan rasa hormat." (Sayidina Ali bin Abi Thalib.)

71. "Cinta kepada Allah adalah puncaknya cinta. Lembutnya adalah kepada sesama." (Nabi Muhammad SAW)

72. "Cinta kita adalah yang terbaik karena imanku bertambah. Kau membantuku di dunia, dan karena itu aku ingin kembali bertemu denganmu di surga."

73. "Tidak ada solusi yang lebih baik bagi dua insan yang saling mencintai dibanding pernikahan." (HR. Ibnu Majah)

74. "Ketika seorang suami dan istri saling berpandangan dengan penuh cinta, Allah melihat mereka dengan belas kasih." (HR. Bukhari)

75. "Tidak ada wanita di belakang seorang pria hebat. Wanita itu ada di sampingnya. Ia ada bersamanya, bukan di belakangnya." (Tariq Ramadan)

76. "Ketika hatimu terlalu berharap kepada seseorang, maka Allah timpakan ke kamu pedihnya sebuah pengharapan. Supaya kamu mengetahui bahwa Allah sangat mencemburui hati yang berharap selain Dia. Maka Allah menghalangimu dari perkara tersebut agar kamu kembali berharap kepada-Nya." - Imam Syafi’i

77. "Mencintai Allah adalah setinggi-tingginya cinta. Sempurnakan cintamu pada Allah sebelum engkau melabuhkan cintamu pada makhluk-Nya."

78. "Cinta kita adalah yang terbaik karena imanku bertambah. Kau membantuku di dunia, dan karena itu aku ingin kembali bertemu denganmu di surga."

79. "Cinta sejati tidak berakhir dengan kematian. Jika Allah SWT menghendaki, cinta itu akan berlanjut sampai ke surga."

80. "Lelaki yang baik tidak akan bermain-main dengan cinta, sebab dia tahu kata cinta menuntut tanggung jawab."

81. "Kalau sayang cukuplah do’akan dunia & akhirat untuknya, kalau cinta bimbinglah ia ke jalan yang benar. Bukan malah diajak kencan bareng."

82. "Aku mencintaimu itu bukan tanpa alasan, tapi karena kesederhanaanmu yang tiada kutemukan pada orang selain dirimu."

83. "Temukan pasangan hidup yang bisa membimbingmu, bukan hanya di dunia, tapi juga di akhirat."

84. "Dalam diam, aku memperjuangkan cintamu dalam doaku."

85. "Cinta Sejati berarti saling membantu untuk menggapai surga, bukan saling berpegangan tangan dan berjalan menuju api neraka."

86. "Cinta sebenarnya yang sejati tidak akan berakhir dengan kematian. Jika Allah menghendaki, itu akan berlanjut nanti di Surga-Nya."

87. "Jika dia (laki-laki) mengerti tentang agama dengan baik, tentu ia akan membuatmu laksana ratu."

88. "Berikan tanganmu, dan mari langkahkan kaki menuju Allah."

89. "Cinta pada Allah sama seperti cahaya terang. Tanpanya, kamu bagaikan terombang-ambing di lautan kegelapan."

90. "Cinta kita adalah yang terbaik karena imanku bertambah. Kau membantuku di dunia, dan karena itu aku ingin kembali bertemu denganmu di surga."

91. "Tidak ada perempuan di belakang seorang laki-laki hebat. Perempuan itu ada di sampingnya. Ia ada bersamanya, bukan di belakangnya."

92. "Orang yang tepat tidak akan menjauhkanmu dari Allah. Jika ia melakukannya, berarti ia adalah orang yang salah."

93. "Jangan terlalu keras pada dirimu sendiri, karena hasil akhir dari semua urusan di dunia ini sudah ditetapkan oleh Allah. Jika sesuatu ditakdirkan untuk menjauh darimu, maka ia tak akan pernah mendatangimu. Namun jika ia ditakdirkan bersamamu, maka kau tak akan bisa lari darinya."

94. "Akan selalu ada laki-laki yang baik-baik untuk perempuan yang terus berusaha memperbaiki dirinya. Juga, akan selalu ada perempuan yang baik-baik untuk laki-laki yang selalu berusaha memperbaiki dirinya."

95. "Jangan pernah bandingkan kisah cintamu dengan yang ada dalam film. Itu ditulis oleh penulis skenario. Sedangkan kisahmu diciptakan oleh Allah."

96. "Jangan menyerah saat doa-doamu belum terjawab. Jika kamu mampu bersabar, Allah mampu memberikan lebih dari apa yang kamu minta."

97. "Tak peduli seberapa banyak orang yang senang menggosipimu, cukup diam dan dengarkan saja, sesungguhnya dia sedang memberimu pahala."

98. "Cinta sejati berarti saling membantu untuk menggapai surga, bukan saling berpegangan tangan dan berjalan menuju api neraka."

99. "Jangan pernah mati-matian hanya untuk mengejar sesuatu yang tidak bisa dibawa mati." (Emha Ainun Najib)

100. "Bila ingin mendapatkan sesuatu, belajarlah dengan memberi sesuatu."

101. "Kekayaan yang sebenarnya bukan terukur dari banyaknya harta melainkan dari kekayaan hati yang dimiliki oleh setiap insan."

102. "Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agamamu." (HR. Trimidzi, Ahmad dan hakim)

103. "Hal terindah ketika engkau jatuh cinta, akan tetapi lebih indah jika orang yang kau cintai menyadari cintamu."

104. "Dan bersabarlah kamu, sesungguhnya janji Allah itu benar." (Q.S Ar-Rum: 60)

105. "Cukup Allah menjadi pendengar setiamu, ketika tidak ada satupun yang percaya dengan apa yang kamu ucapkan."

(brl/vin)