Sebentar lagi seluruh masyarakat Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaan yang jatuh pada 17 Agustus mendatang. Tahun ini, bangsa Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaan ke-76. Pada momen itu biasanya masyarakat turut menyemarakkan dengan berbagai kegiatan, seperti upacara bendera, lomba, hingga mendekor lingkungannya bernuansa merah putih.

Dari Sabang sampai Merauke seluruh masyarakat Indonesia bersukacita merayakan momen itu. Selain menggelar upacara ataupun perlombaan, merangkai dan memberikan ucapan Hari Kemerdekaan 17 Agustus juga merupakan bentuk euforia Hari Kemerdekaan.

Terlebih, kata-kata penuh semangat dari para pahlawan juga dapat memupuk rasa patriotisme dan nasionalisme. Tak hanya sekadar memberikan ucapan untuk Hari Kemerdekaan RI, kata-kata ini juga sebagai bentuk doa agar bangsa Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Kata-kata ucapan Hari Kemerdekaan RI cocok kamu unggah di media sosial karena bisa membangkitkan semangat orang yang membacanya dan menciptakan persatuan bangsa. Buat kamu yang sedang cari inspirasi ucapan Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus, yuk simak rangkuman brilio.net dari berbagai sumber Jumat (13/8), berikut ini.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Ucapan Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus, membakar semangat.

Ucapan Hari Kemerdekaan © berbagai sumber

foto: freepik.com

1. "Rakyat terus berjuang, semoga kondisi sulit bisa segera dilalui! Dirgahayu negeriku!

2. "Selamat Hari Kemerdekaan RI yang ke-76, semoga Indonesia makin maju, makin kuat, dan makin sejahtera rakyatnya!"

3. "Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh. Selamat Hari Kemerdekaan Indonesiaku."

4. "Gotong Royong adalah karakter bangsa Indonesia. Pandemi seolah menguji, persatuan kita sebagai anak bangsa. Inilah saat yang tepat untuk bangkit bersama!"

5. "Di tengah pandemi tetap kobarkan semangat Hari Kemerdekaan. Dirgahayu bangsaku, bangsa Indonesia, merdeka!"

6. "Selalu ada rindu dan kasih untuk NKRI. Dirgahayu Republik Indonesia, sekali merdeka tetap merdeka!"

7. "Dirgahayu negeriku yang ke-76, semoga semakin maju dan lekas pulih dari pandemi!"

8. "NKRI harga mati, ayo kita jaga Indonesia, bersatu untuk Indonesia yang lebih maju. Dirgahayu Indonesia ke-76."

9. "Jaya, jaya, jaya, negeriku Indonesia tercinta. Di tahun ke-76 kemerdekaan semoga perjuangan semua masyarakat menemukan hasil yang sepadan!"

10. "Selalu kuat bangsaku, selalu hebat negaraku. Dirgahayu Indonesia ke-76, merdeka!"

11. "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya. - Ir. Sukarno"

12. "Merdeka itu hak milik kita selama-lamanya. Mari berjuang, berkarya, dan bersatu untuk bangsa tercinta, Indonesia. Selamat Hari Kemerdekaan Indonesiaku."

13. "Dirgahayu Republik Indonesia Ke-76! Dengan semangat kemerdekaan, kita arungi tantangan yang ada di depan."

14. "Dalam situasi pandemi seperti sekarang, tentu harapan terbesar kita adalah Indonesia segera merdeka dari Covid-19. Selamat Hari Ulang Tahun RI ke-76."

15. "Pada masa pandemi seperti saat ini, ayo kita rayakan Hari Kemerdekaan RI ke-76 dengan semangat perjuangan dan terus memupuk jiwa nasionalisme! Merdeka!"

16. "Semangat Merah Putih! Ayoo kita kibarkan bendera Merah Putih di lingkungan sekitar, kita semarakkan HUT Republik Indonesia."

17. "Selamat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Meskipun dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini, semangat merayakan Hari Kemerdekaan tetap ada dan bergelora!"

18. "Kini kita dapat tertawa puas. Menggapai mimpi dengan bebas. Asal rajin dan tak malas. Melanjutkan kemerdekaan dengan tegas."

19. "Mari kita perjuangkan bersama Indonesia adil dan sejahtera. Dirgahayu Indonesia."

20. "Tetaplah menjadi satu. Jangan sampai ingin terpecah. Gapai angan dan citamu di masa depan yang cerah. Raih prestasi terbaikmu dan buat bangsa ini bangga. Selamat Hari Kemerdekaan."  

21. "Jasa pahlawan, jasa penuh kenangan. Jasa yang tak akan mampu dibeli dengan harta, jasa yang punya tujuan 'Merdeka atau Mati'. Saudaraku, mari kita bangkit bersama. Membangun negeri tercinta."

22. "Semangat persatuan terus dikobarkan, 76 tahun Indonesia merdeka semoga jadi momentum kebangkitan kita semua! Dirgahayu Indonesiaku!

23. "Beberapa medali yang sudah diraih pada Olimpiade Tokyo menjadi tanda kebangkitan kita sebagai Macan Asia. Ayo manfaatkan momentum kemerdekaan ke-76, dan teruskan semangat perjuangan!"

24. "Satu per satu rakyat bangkit dan terus berjuang melawan keadaan sulit pandemi. Momentum Hari Kemerdekaan ini semoga bisa jadi penanda berakhirnya periode pandemi di Indonesia! Dirgahayu Indonesia ke-76!"

25. "Hargailah hasil dari perjuangan orang-orang sebelum kita demi masa depan anak cucu kita. Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia."

26. "Darahmu tumpah di Tanah Pusaka. Jiwamu mengawal tegaknya Indonesia. Engkau pahlawanku. Engkau kusuma negaraku. Selamat Hari Kemerdekaan bangsa Indonesia."

27. "Merah darahku adalah ungkapan bahwa semangat yang berkobar tidak akan padam hingga tetesan darah terakhir dan putih tulangku adalah mental baja yang tidak akan pernah pudar, walau panasnya peluru menembus tubuh."

28. "Berjuanglah terus dengan mengucurkan banyak-banyak keringat. Semangat 45, Dirgahayu Indonesiaku."

29. "17 Agustus bukan sekadar balap karung atau lomba makan saja. Lebih dari itu, 17 Agustus adalah mengenang jasa pahlawan dan memupuk persatuan bangsa. Dirgahayu Republik Indonesia."

30. "Sekali merdeka tetap merdeka! 76 tahun kemerdekaan wajib jadi waktu muhasabah, agar kita menjadi bangsa yang lebih baik! Dirgahayu Indonesiaku!"

Ucapan Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus, penuh makna.

Ucapan Hari Kemerdekaan © berbagai sumber

foto: freepik.com

31. "Perbedaan itu ada bukan untuk dipermasalahkan, tapi untuk kita rayakan. Selamat Hari Kemerdekaan."

32. "Suara-suara tak bisa dipenjarakan, di sana bersemayam kemerdekaan. Apabila engkau memaksa diam, aku siapkan untukmu pemberontakan." – Wiji Thukul

33. "Seribu orang tua hanya dapat bermimpi. Satu orang pemuda dapat mengubah dunia. Merdeka."

34. "Kemerdekaan bukan tanda untuk berhenti berjuang, tapi tanda untuk berjuang lebih keras. Selamat ulang tahun ke-75 untuk rakyat Indonesia."

35. "Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu lebih susah karena melawan bangsamu sendiri. Dirgahayu Republik Indonesia!"

36. "Selain terbebas dari penjajahan, kemerdekaan bangsa Indonesia adalah perayaan dari perbedaan yang disatukan."

37. "Indonesia bukan sekadar nama. Ada kenangan, cinta, luka di sana, ada tempat berpetualang dan pulang. Ada saya dan kau yang mencoba memperbaiki, dengan cara kita yang sederhana dan tak kenal lelah. Dirgahayu, Indonesiaku!"

38. "Kemerdekaan suatu negara dapat dijamin teguh berdiri apabila berpangkal pada kemerdekaan jiwa."

39. "Mari kita ingat semua pahlawan, masa lalu yang berjuang untuk kemerdekaan dan persatuan kita."

40. "Hari Rabu, pergi ke Australia. Dirgahayu Republik Indonesia."

41. "Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka."

42. "Kemerdekaan melawan penjajah memang telah usai, tapi perjuangan melawan ketidakpedulian dari diri sendiri masih berlanjut. Dirgahayu Indonesiaku."

43. "Kemerdekaan nasional adalah bukan pencapaian akhir, tapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya. Selamat HUT RI."

44. "Masih ada setitik harapan, mimpi yang kita jaga. Masih ada cita-cita yang bisa kita bagikan. Kemerdekaan bukan sekadar ritual belaka, tetapi ajang membangun bangsa."

45. "Sakit dalam perjuangan itu hanya sementara. Namun jika menyerah, rasa sakit itu akan terasa selamanya. Merdeka!"

46. "Selalu jaga semangat patriotisme, bersinar dalam dirimu, bangglah mejadi Indonesia. Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia!"

47. "Perjuangan bangsa Indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, hari esok, dan selamanya. perjuangan kita belum berakhir. Mari kita perjuangkan bersama Indonesia adil dan sejahtera. Dirgahayu Indonesia."

48. "Nasib bangsa tidak akan berubah jika kita tak mengubahnya. Mari sama-sama berjuang. Memperbaiki diri agar bermanfaat untuk negeri. Sekali merdeka tetap merdeka."

49. "Jangan membuat perbedaan manjadi alasan untuk bertengkar dan melemahkan rasa kasih sayang kita. Jadikanlah itu sebagai kekuatan. Selamat ulang tahun ke-76 Republik Indonesia."

50. "Tidak ada hasil yang memuaskan tanpa kerja keras dan perjuangan yang gigih. Tidak ada kegigihan perjuangan dan kerja keras yang tidak menghasilkan apa-apa. Dirgahayu Indonesia, merdeka!"

51. "Dari Sabang sampai Merauke, mari satukan semangat dalam perayaan HUT RI ke-76!"

52. "Berkaca dari kemenangan ganda putri bulu tangkis Indonesia di Olimpiade, mari kita rekatkan kembali semangat kebhinekaan! Dirgahayu Indonesiaku!"

53. "Semoga NKRI kita tetap bersatu dan lebih maju. Kerja kita semua prestasi bangsa! Dirgahayu Indonesiaku!"

54. "Selamat hari jadi ke-76 untuk Indonesia tercinta! Semoga menjadi semakin baik dari hari ke hari!"

55. "Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tetap satu jua. Dirgahayu Indonesia!"

56. "Pandemi bukan menjadi halangan untuk tidak semangat merayakan Hari Kemerdekaan RI. Dirgahayu bangsa Indonesia ke-76."

57. "Momen bersejarah ini menjadi pelecut semangat bagi putra-putri Indonesia untuk terus maju, berkarya, mengukir prestasi, dan berinovasi demi Indonesia yang lebih baik."

58. "Dirgahayu Republik Indonesia ke-76, semoga Indonesia menjadi salah satu negara maju dan Covid-19 di Indonesia segera selesai."

59. "Selamat Hari Kemerdekaan RI! Kemerdekaan adalah hadiah atas perjuangan keras para pemuda bangsa 76 tahun silam."

60. "Sampai detik ini, perjuangan kita harus terus berlanjut meskipun terhalang berbagai rintangan diri. Ayo bersama membangun kesadaran berbudaya agar Indonesia bertumbuh lestari."

Ucapan dari kata-kata bijak para pahlawan.

Ucapan Hari Kemerdekaan © berbagai sumber

foto: Inastagram/@dzakirah_butiq

61. "Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun." - Bung Karno

62. "Dalam pidatoku, sekali merdeka tetap merdeka. Kucetus semboyan: Kita cinta damai, tetapi kita lebih cinta kemerdekaan." - Ir Soekarno

63. "Sanggup mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan negara Republik Indonesia, yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945, sampai titik darah penghabisan." - Jenderal Soedirman

64. "Tuan boleh kata muslim itu fanatik, tapi tuan juga harus dengar kata hati tuan bahwa itu adalah modal besar bagi kemerdekaan Indonesia. Untuk tuan tahu, itu bukanlah fanatik, itu adalah gairah." - Buya Hamka

65. "Kemerdekaan untuk merdeka, kemerdekaan berarti mengakhiri untuk selama-lamanya penghisapan-penghisapan bangsa oleh bangsa, penghisapan-penghisapan yang tak langsung maupun penghisapan yang langsung." - Ir Soekarno

66. "Manakala suatu bangsa telah sanggup mempertahankan negerinya dengan darahnya sendiri, dengan dagingnya sendiri, pada saat itu bangsa itu telah masak untuk kemerdekaan." - Ir. Soekarno

67. "Percaya dan yakinlah bahwa kemerdekaan satu negara yang didirikan di atas timbunan runtuhan ribuan jiwa, harta benda dari rakyat dan bangsanya, tidak akan dapat dilenyapkan oleh manusia, siapa pun juga." - Jenderal Soedirman

68. "Indonesia merdeka bukan tujuan akhir kita. Indonesia merdeka hanya syarat untuk bisa mencapai kebahagiaan dan kemakmuran rakyat." - Mohammad Hatta

69. "Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang." - RA Kartini

70. "Kemerdekaan nasional adalah bukan pencapaian akhir, tapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya." - Sutan Syahrir

71. "Hidup yang tidak dipertaruhkan tidak akan pernah dimenangkan." - Sutan Syahrir

72. "Cita-cita persatuan Indonesia itu bukan omong kosong, tetapi benar-benar didukung oleh kekuatan-kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa kita sendiri." - Mohammad Yamin

73. "Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka." - Ir Soekarno

74. "Benar atau salah negeriku, lebih-lebih kalau kita tahu negara kita dalam keadaan bobrok, maka justru saat itu pula kita wajib memperbaikinya." - Prof Dr. R. Soeharso

75. "Jangan mengira kita semua sudah cukup berjasa dengan segitiga warna, selama masih ada ratap tangis di gubuk-gubuk, pekerjaan kita belum selesai! Berjuanglah terus dengan mengucurkan banyak-banyak keringat. Dirgahayu RI." – Soekarno

76. "Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu." - RA Kartini

77. "Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata membela cita-cita." - Mohammad Hatta

78. "Kemerdekaan merupakan sebuah mimpi yang menjadi kenyataan, tetapi juga merupakan sebuah gedung yang kosong. Menjadi tugas pendukung-pendukungnya untuk mengisi kemerdekaan. - Soe Hok Gie

79. "Selama orang percaya bahwa kemerdekaan akan tercapai dengan jalan putch atau anarchisme, hal itu hanyalah impian seorang yang lagi demam." - Tan Malaka

80. "Merdeka hanyalah sebuah jembatan, walaupun jembatan emas, di seberang jembatan itu jalan pecah dua: Satu ke dunia sama rata sama rasa, satu ke dunia sama ratap sama tangis!" - Ir Soekarno.

81.  "Aku tidak mengatakan, bahwa aku menciptakan Pancasila. Apa yang kukerjakan hanyalah menggali jauh ke dalam bumi kami, tradisi-tradisi kami sendiri, dan aku menemukan lima butir mutiara yang indah." - Ir Soekarno

82. "Kalau pemuda sudah berumur 21-22 tahun sama sekali tidak berjuang, tak bercita-cita, tak bergiat untuk tanah air dan bangsa, pemuda begini baiknya digunduli saja kepalanya." - Ir Soekarno

83. "Maka dengan tercapainya penyerahan kedaulatan, perjuangan belum selesai." – Mohammad Hatta

84. "Penjagaan terbaik bagi generasi muda adalah contoh yang baik bagi generasi tua." - Cut Nyak Dhien

85. "Saat terbaik untuk membuktikan bahwa kita adalah pemenang yaitu saat ketika kita tampak kalah." - Cut Nyak Dhien

(brl/pep)