Brilio.net - "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati pahlawannya." Itulah salah satu quote Ir Soekarno yang begitu familiar di telinga kita. Sebagai bangsa yang besar, sudah seharusnya kita tidak melupakan jasa para pahlawannya. Karena dari merekalah Kemerdekaan Indonesia ini didapat.

Kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Tanpa jasa para pahlawan yang mau berjuang mempertaruhkan nyawa, Indonesia tak akan merdeka. Ya, bagi suatu bangsa negara, kemerdekaan ialah meraih hak kendali penuh atas seluruh wilayah bagian negaranya. Sementara untuk seseorang, kemerdekaan bisa diartikan mendapat hak untuk mengendalikan dirinya sendiri tanpa dapat gangguan dari orang lain.

Nah, dalam beberapa hari ke depan bangsa Indonesia akan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-75 tepatnya pada 17 Agustus. Mungkin lewat quote tentang kemerdekaan, bisa meningkatkan rasa nasionalisme dan membuatmu terinspirasi perjuangan pahlawan yang penuh semangat.

Seperti berikut ini misalnya, beberapa quote tentang kemerdekaan yang bisa membakar semangat kamu untuk lebih mencintai Tanah Air. Cocok dibaca dan direnungkan kembali jelang 17-an nanti. Penasaran seperti apa?

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (12/8), berikut 40 quote tentang kemerdekaan, penuh semangat dan motivasi.

Quote tentang kemerdekaan, bakar semangat jiwa.

foto: Instagram/@dentagathavalent



1. "Kemerdekaan bukan tanda untuk berhenti berjuang, tapi tanda untuk berjuang dengan lebih keras."
2. "Sekali merdeka, tetap merdeka! Jika kita merasa telah merdeka, maka seharusnya perasaan lemah dan tak berdaya tidak lagi bercokol dalam diri kita."
3. "Kemerdekaan ini bukanlah hadiah dari Belanda, kemerdekaan ini tidaklah didapatkan dengan cuma-cuma, kemerdekaan ini adalah tetesan darah para pejuang bangsa."
4. "Perjuangan bangsa indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, hari esok, dan selamanya. Perjuangan kita belum berakhir."
5. "Sekali merdeka, tetap merdeka! Jika kita merasa telah merdeka, maka seharusnya perasaan lemah dan tak berdaya tidak lagi bercokol dalam diri kita."
6. "Sekarang ini kewajiban kita sebagai anak bangsa adalah mengisi kemerdekaan itu, dengan mengharumkan NKRI, Merdeka!"
7. "Berjuanglah terus dengan mengucurkan banyak-banyak keringat.”
8. "Merah darahku adalah ungkapan bahwa semangat yang berkobar tidak akan padam hingga tetesan darah terakhir, dan putih tulangku adalah mental baja yang tidak akan pernah pudar walau panasnya peluru menembus tubuh."
9. "Jika kamu pernah merasakan betapa pedih dan menderitanya dijajah oleh bangsa asing, maka kamu akan bisa menghargai setiap darah yang diteteskan oleh para pejuang kemerdekaan Indonesia."
10. "Jangan pernah bermimpi untuk merdeka, ketika kalian sendiri malas untuk mengejarnya."
11. "Hargailah hasil dari perjuangan orang-orang sebelum kita demi masa depan anak cucu kita.”
12. "Kobarkan semangat, lumpuhkan rasa takut dan mulailah bergerak menuju sebuah tujuan untuk terciptanya sebuah kemerdekaan.”
13. "Merdeka itu hak segala bangsa dan juga hak semua orang, padamkan kebencian antarbangsa dan ciptakan perdamaian antardunia."
14. "Sakit dalam perjuangan itu hanya sementara. Namun jika menyerah, rasa sakit itu akan terasa selamanya, merdeka."
15. "Hidup ini tidak semudah membalikkan telapak tangan, maka bersungguh-sungguhlah dalam berjuang."
16. "Keindahan hidup itu bukan terletak di dalam puncak sebuah tujuan melainkan ketika kita berjuang untuk mewujudkan tujuan."
17. "Kini kita dapat tertawa puas. Menggapai mimpi dengan bebas. Asal rajin dan tak malas. Melanjutkan kemerdekaan dengan tegas.”
18. "Barangsiapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam."
19. "Hidup ini keras, hanya orang yang kuatlah yang mampu bertahan. Hidup ini menyakitkan, hanya orang yang sabar dalam beramallah yang mampu membalikkan keadaan."
20. "Tidak ada hasil yang memuaskan tanpa adanya kerja keras dan perjuangan. Tidak ada hasil dari perjuangan dan kerja keras yang tidak menghasilkan apa-apa.”

Loading...
2 dari 2 halaman

Quote tentang kemerdekaan dari para tokoh.

foto: Instagram/@preman_cemen



21. "Kemerdekaan hanyalah dapat dimiliki oleh bangsa yang jiwanya berkobar-kobar dengan tekad merdeka atau mati." - Soekarno
22. "Percaya dan yakinlah bahwa kemerdekaan satu negara yang didirikan di atas timbunan runtuhan ribuan jiwa, harta benda dari rakyat dan bangsanya tidak akan dapat dilenyapkan oleh manusia, siapa pun juga." - Jenderal Soedirman
23. "Kemerdekaan nasional adalah bukan pencapaian akhir, tapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya." - Sutan Syahrir
24. "Sebab kemerdekaan yang tak diperjuangkan, tidak akan pernah dimenangkan." - Najwa Shihab
25. "Tak ada jalan mudah untuk mencapai kemerdekaan di mana pun. Banyak dari kita berkali-kali harus melewati lembah dengan bayangan kematian sebelum mencapai puncak cita-cita kita itu." - Nelson Mandela
26. "Tanpa cinta, kemerdekaan hanya laut hampa. Langit yang tak punya cakrawala!" - Agus Noor
27. "Di mana ada kemerdekaan di situlah harus ada disiplin yang kuat. Sungguh pun disiplin itu bersifat self dicipline, yaitu kita sendiri mewajibkan dengan sekeras-kerasnya. Dan peraturan yang sedemikian itu harus ada di dalam suasana yang merdeka."- Ki Hadjar Dewantara
28. "Kemerdekaan suatu negara dapat dijamin teguh berdiri apabila berpangkal pada kemerdekaan jiwa." - Buya Hamka
29. "Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata membela cita-cita." - M. Hatta.
30. "Kemerdekaan tidak diberikan begitu saja oleh pihak penindas karena itu sang tertindaslah yang harus memperjuangkannya." - Martin Luther King
31. "Cita-cita persatuan Indonesia itu bukan omong kosong, tetapi benar-benar didukung oleh kekuatan-kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa kita sendiri." - Mohammad Yamin.
32. "Robek-robeklah badanku, potong-potonglah jasad ini, tetapi jiwaku dilindungi benteng merah putih. Akan tetap hidup, tetap menuntut bela, siapapun lawan yang aku hadapi." - Jenderal Soedirman
33. "Sesekali berhentilah sekedar untuk bersantai. Bukan untuk terlena, namun membangun semangat untuk perjuangan berikutnya." - Abdullah Gymnastiar
34. "Untuk mencapai sesuatu, harus diperjuangkan dulu. Seperti mengambil buah kelapa, dan tidak menunggu saja seperti jatuh durian yang telah masak." - Mohammad Natsir
35. "Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri." - R.A. Kartini
36. "Seribu orang tua hanya dapat bermimpi, satu orang pemuda dapat merubah dunia." - Bung Karno
37. "Keberhasilan bukanlah milik orang yang pintar. Keberhasilan adalah kepunyaan mereka yang senantiasa berusaha." - B.J. Habibie
38. "Kekuatan tidak berasal dari kemenanganmu, perjuanganmu lah yang mengembangkan kekuatanmu. Ketika kamu melewati waktu-waktu sulit dan memilih untuk tidak menyerah, itulah arti dari kekuatan." - Mahatma Gandhi
39. "Menyesali nasib tidak akan mengubah keadaan. Terus berkarya dan bekerjalah yang membuat kita berharga." - Gus Dur
40. "Semuanya kelihatan tidak mungkin sampai segala sesuatu selesai." - Nelson Mandela