Brilio.net - Hijrah menjadi perbincangan banyak kalangan muslim. Jika dilihat secara harfiah, hijrah berarti pindah atau bergerak dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Seperti dalam sejarah Islam, hijrah merujuk pada tradisi dan praktik Rasulullah SAW yang melakukan perpindahan dari Mekkah ke Madinah.

Sekarang ini hijrah tidak hanya secara fisik, namun juga gerakan spiritual. Artinya berhijrah tidak semata-mata perpindahan secara fisik melainkan juga niat dari hati seseorang untuk mengubah diri ke arah yang lebih baik lagi. Orang belajar memperbaiki diri dan lebih dekat dengan Allah SWT.

Hijrah memang tidak mudah, ada saja halangan dan tantangannya. Namun bagi mereka yang benar-benar ingin berubah, maka akan mengarungi segala cobaan agar mendapatkan ridha Allah. Seperti yang sudah tertulis pada firman Allah, yang artinya:

"Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: Tuhan kami ialah Allah kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu."

Berikut ini ada beberapa kata-kata hijrah dalam Islam yang mungkin bisa menginspirasi kamu, seperti dilansir dari berbagai sumber, Kami (16/7).

Loading...

1. "Bersyukur masih dikasih waktu oleh Allah. Tidak semua orang diberikan cukup waktu untuk berubah menjadi lebih baik."

2. "Di balik kata istiqomah ada perjuangan yang kuat, pengorbanan yang banyak, dan doa yang tidak pernah berhenti."

3. "Kalau kita ingin berubah menjadi lebih baik karena Allah maka Allah akan menghantar orang-orang baik untuk kita."

4. "Jangan asal berubah, tetapi perhatikan juga arahnya. Arah perubahan yang terbaik adalah menuju ke jalan yang lebih baik."

5. "Biarlah kita terlihat jahat oleh orang lain, asalkan kita tak berpura-pura menjadi baik walaupun masa silam kita gelap. Sekurangnya kita ada usaha untuk berubah."

6. "Berubah menjadi pribadi yang baik, yang menguntungkan diri sendiri dan orang lain, jangan besarkan egomu."

7. "Shalihah, selipkan doa untukku dan para muslimah pejuang tangguh, agar tetap istiqomah bersama-sama menggapai jannahNya."

8. "Hijrah dulu, istqomah kemudian. Memang berat tapi coba saja dulu. Toh, nanti jika sudah merasakan pasti ketagihan."

9. "Kalau mulai lelah, ingatlah Allah. Ingat bagaimana awal mula ingin hijrah dulu."

10. "Istiqomah itu berat, yang ringan namanya istirahat."

11. "Hidup adalah proses, hidup adalah belajar, tanpa ada batas umur, tanpa ada kata tua. Jatuh berdiri lagi, kalah mencoba lagi, gagal bangkit lagi. " Never give up and keep istiqomah" sampai Allah berkata " Waktunya pulang"

12. "Hijrah karena Allah akan menumbuhkan rasa istiqomah perlahan-lahan."

13. "Berubah itu sukar, tapi yang lebih sukar adalah beristiqomah dengan perubahan diri, hanya yang berkeazaman kukuh teguh meneruskan."

14. "Seiring waktu, semua orang akan berubah, dan mereka yang dewasa akan berubah menjadi lebih baik."

15. "Bulatkan tekadmu untuk berubah menjadi lebih baik, terus belajar dan hilangkan rasa malasmu."

16. "Biarlah kita terlihat jahat oleh orang lain, asalkan kita tak berpura-pura menjadi baik walaupun masa silam kita gelap. Sekurangnya kita ada usaha untuk berubah."

17. "Faktanya, sakit akan mengubah seseorang. Entah menjadi buruk atau lebih baik. Tetapi kebanyakan berubah menjadi lebih baik."

18. "Hijrah itu bukan berlomba-lomba mencari popularitas, demi mendapatkan pujian semata. Tetapi mutlak mencari ridho-Nya Ilahi."

19. "Kesempatan adalah mengubah keadaan agar menjadi lebih baik. Menyebarkan kebaikan untuk menginspirasi perubahan, dan peluang untuk berubah."

20. "Tak ada yang lebih romantis dari sujudnya hamba pada Tuhannya. Menyesal, berdoa, dan bertekad untuk berubah menjadi lebih baik lagi."

21. "Istiqomah itu sulit. Ikhlas itu berat. Kenapa? Karena balasannya surga, sebab itulah iman yang terbaik." - Fiqih Cinta.

22. "Orang yang mengaku cinta Allah, pasti akan menaati apa yang Allah suruh dan larang."

23. "Hijrah adalah memperbaiki diri agar menjadi penyabar bukan pencibir, agar menjadi menyapa bukan pencela."

24. "Hijrah bukan hanya butuh 'proses', tapi juga butuh 'progres'."

25. "Seseorang akan diuji terus menerus sehingga dia berjalan di muka bumi ini bersih dari dosa-dosanya." - HR. Bukhari.

26. ""Hijrah yang sesungguhnya adalah untuk Dia yang menciptakan kita, bukan untuk dia yang kita kagumi."

27. "Hijrah dulu, istiqomah kemudian. Memang berat tapi coba saja dulu. Toh, nanti jika sudah merasakan pasti ketagihan."

28. "Hargailah proses hijrah seseorang. Sebab engkau tidak akan pernah tahu betapa sakitnya ia berubah untuk menjadi lebih baik."

29. "Betapa banyak kegetiran dan kesulitan yang dialami, yang bisa memalingkan jalan ibadah. Kecuali untuk orang-orang yang bersabar dan selalu istiqomah." - Erick Yusuf.

30. "Move on dari jahiliyah. Move on ke jannah. Siapa kau untuk menghalang? kau pun hamba macam aku."

Memutuskan untuk meninggalkan hal-hal tidak baik dan sudah menjadi kebiasaan, memanglah tidak mudah. Dibutuhkan pengorbanan yang besar dalam proses panjang. Namun bukan berarti hal itu tidak bisa diubah, asal ada keinginan dan tekad kuat setiap orang bisa memperbaiki dirinya lebih baik.

Kata-kata hijrah dalam Islam © 2020 brilio.net

foto: funeralwise.com

Proses hijrah tidak selamanya berjalan mulus. Berbagai hambatan, tantangan dan godaan seringkali menjadi batu sandungan yang menguji keseriusan tekad seseorang dalam berhijrah.

31. "Hijrah dan Istiqomah terkadang membuat kita ditinggalkan oleh orang orang yang kita cintai. Percayalah, itu adalah ujian, Allah akan gantikan dengan orang yang lebih tepat mengisi kehidupan kita."

32. "Seorang wanita yang berhijab tentu bukanlah seorang malaikat yang bebas dosa. Namun ia sedang berproses menjadi muslimah idaman syurga."

33. "Buat muslimah, jaga selalu kehormatan kalian ya. Jangan pernah tergoda akan gombalan cinta palsu sang lelaki yang belum berani mengajak kalian menikah."

34. "Muslimah sejati tidak akan mengumbar aurat di media sosial. Ayo ajak teman teman mu untuk hijrah bersama. Karena syurga tidak hanya untukmu saja, bukan?"

35. "Tidak ada kenikmatan yang sebenarnya selain berada dijalan yang benar, hijrah bersama teman dan keluarga yang kita cintai."

36. "Hijrah bagi muslimah itu, adalah perjalanan yang indah namun penuh lika-liku."

37. "Wanita terbaik senang belajar agama, dekat dengan keluarga dan selalu memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya."

38. "Semoga Allah memberikan karunia dan nikmat-Nya kepada ukhti yang senantiasa hijrah, belajar ilmu agama dan memperbaiki penampilannya supaya lebih syar'i."

39. "Bertahan di jalan yang diridhoi-Nya, senantiasa memperbaiki diri, ikut pengajian dan berteman dengan lingkungan yang positif adalah cara istiqomah dalam berhijrah."

40. "Yakinlah akan ada hikmah dibalik jalan Hijrahmu. Selalu istiqomah meraih ridho-Nya dan jangan bosan untuk menjadi muslimah yang sholehah."

41. "Siapa bilang hijrah bagi lelaki itu mudah? Penuh tantangan dengan jalan yang berliku. Selagi kamu berharap dengan janji-Nya, maka itu semua mudah untuk dijalani, amin."

42. "Pada akhirnya semua akan menemukan yang namanya titik jenuh.

Dan pada saat itu kembali, adalah jalan yang terbaik. Kepada siapa? Kepada Allah pastinya."

43. "Hijrah cintaku menguatkan alasanku untuk menjadi manusia yang lebih baik."

44. "Maafkan diriku yang dulu, masih bergelimang dalam dosa pacaran. Kini sebisa mungkin aku berusaha hijrah dari kebiasaan jahil menuju pribadi yang lebih taat."

45. "Satu satunya pacaran yang diperbolehkan dalam islam adalah pacaran setelah menikah. Kuy, halalin doi dengan mendatangi ayahnya!"

46. "Bagaimana pun hijrah adalah proses yang tidak mudah bagi sebagian orang. Oleh karena itu kita membutuhkan dukungan dari orang orang di sekitar kita."

47. "Hijrah itu berat, namun kita akan terbiasa. Jangan menyerah hanya karena cibiran orang. Jangan didengar! Lebih baik dengar saja seruan Allah."

48. "Allah tahu kamu capek, kamu lelah, kamu kesakitan, kamu kesusahan. Allah mendengar semua jeritan dan doamu. Yang perlu kamu tahu adalah bahwa Allah tidak akan memberi suatu ujian di luar batas kemampuanmu."

49. "Jika kesabaran sudah di tangan, maka berbagai hinaan dan cacian yang mereka lontarkan hanya akan terasa bagai debu kecil yang beterbangan."

50. "Niat baik memang tidak selalu diterima dengan baik. Tapi akan selalu menemui akhir yang baik."

51. "Hijrah tidak akan terhenti hingga tertutupnya pintu taubat. Dan pintu taubat tidak akan terhenti hingga matahari terbit dari barat." – HR. Abu Dawud.

52. "Seperti adab bertamu, kita tak mungkin menunggu pintu dibukakan oleh pemilik rumah tanpa kita berusaha mengetuk atau bersalam dahulu. Begitulah hidayah, jangan hanya ditunggu, tapi jemputlah agar pemilik hati membukakan pintu hidayah."

53. "Ketika kita memilih untuk berhijrah, maka kita pun harus belajar cara berkawan dengan lawan jenis yang baik itu seperti apa, harus tahu batasannya seperti apa. Jangan takut menjadi asing dan jangan sampai hijrah kita hanya pada status saja."

54. "Hargailah proses hijrah seseorang. Sebab engkau tidak akan pernah tahu betapa sakitnya ia berubah untuk menjadi lebih baik."

55. "Hijrah bukan berarti kamu tidak lagi menjadi diri sendiri. Karena kamu tetap menjadi diri sendiri dengan keadaan yang lebih baik daripada sebelumnya."

56. "Hijrah adalah memperbaiki diri agar menjadi penyabar bukan pencibir agar menjadi penyapa bukan pencela."

57. "Ketika kita mengambil keputusan dengan melibatkan-Nya, lalu melepaskan sesuatu yang kita senangi karena alasan-alasan syar’i, jangan takut! karena Allah akan menggantinya untukmu, bahkan lebih. Percayalah."

58. "Allah lah yang menjadi prioritas, Allah yang menjadi nomor satu di hati kita."

59. "Hijrah itu tidak mudah karena hadiahnya surga. Tetap melangkah, jangan menyerah, apalagi berbalik arah."