Brilio.net - Dalam satu bulan sekali, cewek pasti mengalami siklus menstruasi. Menstruasi ini diawali dengan adanya masa ovulasi. Ketika kamu dalam masa ovulasi, maka terjadi proses pelepasan sel telur (ovum) dari indung telur (ovarium) ke tuba fallopi. Proses ini membuat dinding rahim kamu menebal. Jikalau nggak dibuahi, sel telur ini diserap oleh tubuhmu, sehingga dinding rahim tebal tadi justru meluruh. Maka dari itu, kamu mengalami 'perdarahan' setiap bulan.

Nah, bicara masa ovulasi atau masa subur, ternyata ada hal-hal unik, lho. Masa subur ini penting banget untuk kamu yang sudah menikah dan ingin punya anak. Sebab, pada masa-masa inilah waktu yang tepat terjadinya pembuahan. Maka dari itu, kenali masa suburmu lewat 10 tanda ini, seperti dikutip brilio.net dari laman Health, Rabu (13/4).

BACA JUGA: Cantik & bertubuh seksi, 5 artis ini tetap ditolak jadi cover Playboy

1. Indera penciuman jadi super tajam.
Cewek akan lebih sensitif terhadap bau semasa periode subur, sebagaimana disebutkan dalam sebuah studi yang ada di jurnal Hormones and Behavior (2013). Secara khusus dijelaskan, kamu yang sedang dalam masa subur sensitif terhadap androstenone dan androsterone, yakni feromon manusia yang ditemukan dalam keringat dan urin cowok, dibandingkan dengan cewek yang minum pil KB (karena cewek ini memang nggak sedang dalam masa subur). Ada kemungkinan kemampuan ini bisa bermanfaat pas kamu bersama pasangan sah ketika merencanakan kehamilan.

2. Lebih peka terhadap 'gaydar'.
Gaydar? Maksudnya adalah radar deteksi gay. Jadi, sebuah studi yang dipublikasikan dalam Psychological Science (2011) menunjukkan bahwa ketika sekelompok mahasiswa cewek diminta melihat 80 foto cowok, separuhnya orientasi seksual normal dan sisanya gay, para cewek ini secara akurat mampu membedakan kedua kelompok itu hanya ketika kondisi mereka sedang dalam masa ovulasi. Nicholas Rule, salah satu tim penulis studi sekaligus profesor psikologi dari University of Toronto, Kanada, menyatakan bahwa kemampuan cewek mendeteksi mana cowok normal dan nggak, terletak di perubahan hormonal mereka.

3. Wajah lebih cerah memikat.
Menurut studi dari University of Cambridge, Inggris (2015), kamu akan mengalami perubahan warna kulit sepanjang siklus menstruasi. Ketika cewek difoto tanpa makeup pada saat yang sama setiap hari dalam satu bulan, mereka hampir memiliki wajah kemerahan saat masa subur. Perubahan ini nyaris nggak terdeteksi oleh mata manusia, tapi para peneliti menduga itu terkait perubahan lain dalam penampilan atau perilaku, karena penelitian lain telah menemukan bahwa cowok menilai cewek lebih menarik saat masa subur.

4. Suara dan cara berpakaian berubah.
Menurut studi dari University of California, Los Angeles (UCLA), Amerika Serikat (2009), cewek akan lebih feminin dan tinggi dalam bersuara ketika dia dalam masa subur. Tingginya nada suara ini dikaitkan dengan kesan lebih muda (dan dengan demikian lebih subur). Hal ini dikaitkan dengan hasil studi sebelumnya dalam Evolution & Human Behavior yang menemukan bahwa suara cewek dinilai lebih menarik dan seksi ketika masa subur.

"Kami juga menemukan bahwa cewek menunjukkan banyak perubahan perilaku selama ovulasi, termasuk berpakaian dan berjalan yang berbeda, yang ketika semua itu disatukan mungkin cara cewek yang nggak sengaja menunjukkan status mereka sedang subur," jelas Greg Bryant, psikologi di Center for Behavior, Evolution and Culture UCLA, sekaligus penulis studi di atas.

5. Lebih mudah berhenti merokok.
Ini khusus buat kamu, cewek perokok. Studi tahun 2014 menunjukkan bahwa cewek merasa sangat ingin merokok ketika masa menstruasi mereka selesai. Studi ini mencoba mengukur aktivitas otak cowok dan cewek yang menunjukkan relasi antara merokok dan gambar netral.

"Mungkin rendahnya level estrogen dan progesteron memburuk seiring dengan adanya interaksi dengan neurotransmitter otak lain yang memicu rasa ingin merokok," jelas salah satu tim studi, Adrianna Mendrek, sekaligus psikolog dari University of Montreal, Kanada.

Nah, yang terjadi sebaliknya, otak cewek bereaksi lebih sedikit berhubungan dengan merokok hanya ketika setelah ovulasi, dimana kedua hormon tersebut sedang tinggi-tingginya. Jadi, dalam masa subur, hasrat merokok jadi menurun drastis.

6. Kondisi asma nggak memburuk.
Nih, untuk kamu yang punya penyakit asma. Sebuah studi di Norwegia (2012) menunjukkan bahwa asma akan membaik ketika kamu dalam masa ovulasi. Para peneliti mencoba memetakan gejala hampir 4.000 cewek selama siklus menstruasi. Mereka menemukan bahwa walaupun asma dan sesak nafas terjadi intens selama dua minggu pertengahan bulan (atau ketika estrogen sedang tinggi-tingginya), keduanya akan membaik saat ovulasi (kira-kira pada hari ke-14 sampai ke-16).

7. Kadar kolesterol menurun.
Menurut sebuah studi National Institutes of Health (2010) yang diterbitkan di Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, menunjukkan bahwa kalau kamu mau periksa kadar kolesterol, jangan lakukan sebelum masa subur. Pasalnya, kadar kolesterol sebelum masa subur adalah kadar tertinggi.

8. Merasa lebih kompetitif dengan cewek lain.
Studi menunjukkan bahwa cewek yang dalam masa ovulasi lebih mungkin untuk meningkatkan status mereka dibandingkan dengan cewek lain. Dalam sebuah studi tahun 2014, para peneliti meneliti cewek yang sedang masa subur dan tidak untuk memainkan 'dictator game', di mana mereka diberi sejumlah uang untuk dibagi dengan cewek lain. Cewek dalam masa subur hanya akan membagi setengahnya saja kepada cewek lain. Bukan hanya itu, ketika cowok ditambahkan ke dalam permainan ini, cewek yang sedang masa subur justru memberikan 60% uang itu kepada cowok, dan 25% kepada cewek lain.

9. Lebih tertarik sama bad boy.
Kristina Durante, profesor marketing di Rutgers Business School, New Jersey, Amerika Serikat menyatakan bahwa saat kamu dalam masa subur, kamu akan lebih tertarik kepada bad boy. Bukan hanya tertarik, kamu akan meyakinkan diri sendiri mereka adalah cowok baik, nggak peduli seburuk apa pun track recordnya.

"Kami menemukan bahwa cewek yang sedang dalam pengaruh hormon ovulasi, pada dasarnya mereka menipu diri sendiri dalam pemikiran bahwa bad boy itu seksi dan lebih baik ketimbang cowok yang dapat diandalkan," ujar Durante.

10. Cowokmu jadi cemburuan.
Penelitian University of Liverpool, Inggris, menunjukkan bahwa cewek tertarik semua hal berbau maskulin saat masa subur, seperti garis rahang jelas dan kuat, bibir tipis nan seksi, dada bidang, dan tubuh tegap. Nah, karena inilah, cowokmu kebakaran jenggot. Soalnya di pikiranmu cowok lain yang lebih oke ketimbang pasanganmu sendiri. Duh, awas berantem karena cemburu ya, ladies!