×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Percaya nggak percaya, ini 6 mitos menstruasi yang perlu kamu tahu

View Image

0

BRILIO » Life

Percaya nggak percaya, ini 6 mitos menstruasi yang perlu kamu tahu

Masih banyak wanita percaya soal mitos ini. Padahal dalam penjelasan ilmiah sama sekali tak ada hubungannya dengan menstruasi.

05 / 04 / 2015

Brilio.net - Hampir aktivitas yang kamu lakukan berhubungan dengan mitos. Bahkan siklus bulanan atau menstruasi selalu dikaitkan dengan mitos yang belum tentu kebenarannya. Lebih anehnya lagi banyak wanita yang mempercayai akan kebenaran mitos sehingga melakukan hal-hal aneh yang justru dalam penjelasan ilmiahnya tidak mempunyai hubungan sama sekali dengan menstruasi.

Nah, supaya kamu nggak terus-menerus terjebak dalam mitos-mitos yang salah. Simak yuk, penjelasan secara medis mengenai mitos tersebut, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (5/4):

Percaya nggak percaya, ini 6 mitos menstruasi yang perlu kamu tahu

1. Menstruasi dapat dipengaruhi dengan minuman dingin

Benarkah minum-minuman dingin ketika sedang menstruasi akan menyebabkan darah membeku sehingga berakibat kista? Hal ini mungkin sering kamu dengar tapi tidak benar. Siklus menstruasi wanita diatur dan dipengaruhi oleh keseimbangan hormon estrogen dan progesteron. Keseimbangan hormon ini sangat dipengaruhi oleh kesehatan fisik dan psikologis.

Loading...

Minuman dingin tidak mempengaruhi keseimbangan hormon pada wanita dan tidak mempengaruhi siklus menstruasi, baik memperlancar maupun menghambat menstruasi. Apalagi hingga menyebabkan adanya pembekuan darah, itu hanya kesalahan cara pandang masyarakat.

2. Menstruasi dapat dipengaruhi dengan minuman bersoda

Banyak orang yang percaya kalau mengonsumsi minuman bersoda saat menstruasi dapat mempercepat menstruasi, benarkah? Hal ini tidak benar. Penelitian hingga saat ini memang menunjukkan bahwa minuman bersoda memang memiliki nilai nutrisi yang rendah, namun belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa minuman bersoda dapat memperlancar maupun menghambat menstruasi.

Namun, konsumsi minuman bersoda yang rutin dalam jangka panjang harus diwaspadai karena dapat mempengaruhi keseimbangan nutrisi dalam tubuh dan mempengaruhi keseimbangan hormon dan dapat mempengaruhi siklus menstruasi.

3. Tidak boleh mencuci rambut saat menstruasi

Apakah kamus salah satu yang mempercayai mitos ini? Kebayang dong gimana lepeknya rambut kamu selama menstruasi karena tidak boleh mencuci rambut.

Pada saat menstruasi, semua wanita harus menjaga kebersihan tubuh dengan optimal, mulai dari kebersihan tubuh dan rambut. Mencuci rambut saat menstruasi tidak akan mengakibatkan gangguan menstruasi apapun. malah dapat membuat rasa nyaman dan santai karena bersih dan wangi. Jadi boleh-boleh saja kamu mencuci rambut saat menstruasi bahkan di hari pertama sekalipun.

Pola hidup yang sehat dan seimbang akan menjaga keseimbangan hormon dan menjaga kesehatan siklus menstruasi kamu. Bila terjadi menstruasi yang tidak teratur, terlalu sering, terlalu berat, terlalu banyak, dan gangguan lainnya segera konsultasikan dengan dokter untuk mencari penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang optimal.

4. Minum obat saat menstruasi akan menghentikan menstruasi

Obat pereda nyeri aman digunakan untuk kamu yang ingin menghilangkan rasa sakit saat sedang haid. Akan tetapi kamu harus memperhatikan penggunaannya, gunakan jika memang dibutuhkan.

Minum obat anti nyeri untuk mengatasi keluhan-keluhan saat menstruasi seperti sakit kepala, sakit pinggang dan sakit perut tidak akan menghentikan menstruasi. Obat-obat tersebut tidak menyebabkan gangguan siklus menstruasi, karena obat anti nyeri tidak mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh. Jadi mitos minum obat saat menstruasi akan menghentikan siklusnya tidak benar ya.

5. Saat menstruasi tidak boleh berolahraga

Saat menstruasi, olahraga ringan malah dapat membantu peredaran darah di sekitar otot rahim dan mengurangi nyeri karena menstruasi. Olahraga ringan teratur pun malah dapat melancarkan menstruasi dan dianjurkan oleh The American College of Obstetricians and Gynecologists.

Hindari jenis olahraga yang berat dan jika terjadi perdarahan dan nyeri yang berat juga sebaiknya juga tunda dulu olah raga. Jadi mitos ini tidak benar dan boleh saja kok kalau kamu mau berolahraga meski saat menstruasi.

6. Melakukan hubungan intim saat menstruasi tidak akan menyebabkan kehamilan

Buat kamu yang sudah berkeluarga, melakukan hubungan intim saat menstruasi memang memiliki kemungkinan yang kecil dapat hamil. Namun meskipun begitu, sperma tetap bisa masuk ke dalam vagina. Sperma yang sudah masuk ini dapat bertahan di vagina selama tujuh hari dan sel telur bisa bertahan selama tiga hari. Jika periode menstruasi seorang wanita tidak benar-benar teratur, maka bisa saja terjadi salah perhitungan, sehingga kehamilan tetap terjadi.

Meskipun banyak mitos yang berkembang di masyarakat, jangan terburu-buru kamu mempercayainya. Adakalanya kamu harus mencari penjelasan ilmiahnya sehingga kamu tidak ketakutan dengan mitos yang belum tentu kebenarannya.

Tetap menjaga kebersihan dan kesehatan alat reproduksi kamu ya! Karena itulah aset terpenting untuk kamu juga nantinya.

BACA JUGA:

5 Artis top Indonesia yang meninggal di usia muda

Umur manusia bisa diprediksi lho, begini caranya

Pengakuan pemandi jenazah Olga, tubuh Olga gemuk & rambut agak panjang

4 Artis ini meninggal dunia di hari Jumat

Foto para dokter hormati jenazah Olga Syahputra ternyata Hoax





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    44%

  • Ngakak!

    33%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    11%

  • Marah

    0%

  • Love

    11%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more