Brilio.net - Setiap bulan cewek mengalami siklus haid. Nah, beda orang ternyata beda pula ceritanya. Ada yang haid teratur, ada yang nggak. Ada yang selalu diawali nyeri, ada juga yang lancar-lancar saja.

Nah, kalau bicara warna darah menstruasi, selain merah segar apa ya? Hmm... ternyata warna darah menstruasi ini memiliki makna ilmiah, lho. Sebagaimana dikutip brilio.net dari BUSTLE, Kamis (31/3), berikut penjelasan warna-warna darah haid yang perlu kamu tahu:

1. Cokelat

warna haid © 2016 brilio.net

                                 foto: bustle.com

Loading...

Darah cokelat atau cenderung hitam umumnya dialami oleh banyak cewek pada hari-hari awal menstruasi. Hal ini bisa disebabkan dua hal. Pertama, akibat dari darah mulai lambat keluar dan terasa berat. Karena darah butuh waktu lama keluar, maka warnanya lebih gelap. Kedua, warna darah haid gelap terkait kecepatan menstruasi. Beberapa cewek mengalami peluruhan dinding rahim cepat, lancar, dan benar-benar bersih pada akhir menstruasi.

Sedangkan yang lainnya mengalami peluruhan lambat dan saat menstruasi berakhir, masih ada yang tersisa di lapisan rahim sehingga terbawa ke siklus haid berikutnya. Dan lapisan yang tertinggal ini akan keluar pertama kali pada haid berikutnya. Tapi kondisi ini sehat dan normal, sehingga kamu nggak perlu khawatir.

2. Merah cerah atau pink

warna haid © 2016 brilio.net

                                      foto: bustle.com

Kebanyakan dari cewek mengalami darah haid dari warna gelap ke merah segar beberapa hari berikutnya setelah hari pertama menstruasi. Darah merah segar ini adalah lapisan rahim baru setelah sisa darah siklus sebelumnya yang berwarna gelap bersih. Tapi ada juga cewek yang sejak awal haid memiliki darah segar. Cewek yang sejak awal punya darah segar ini berarti nggak punya sisa darah dari siklus haid sebelumnya. Namun kedua kondisi ini normal.

3. Merah sedikit tua

warna haid © 2016 brilio.net

                     foto: bustle.com

Warna ini masih sehat dan normal pada pertengahan menstruasi. Warna merah sedikit tua ini bisa disebabkan karena sisa darah haid siklus sebelumnya masih banyak. Akibatnya, darah berwarna segar juga makin lama untuk keluar atau bahkan sama sekali nggak keluar sampai akhir menstruasi.

4. Abu-abu

warna haid © 2016 brilio.net

                                             foto: bustle.com

Warna ini adalah alarm bagi kamu. Kalau darahmu abu-abu saat sebelum atau sesudah siklus haid mungkin berarti memiliki infeksi (abu-abu karena percampuran lendir yang terinfeksi dengan darah menstruasi) atau bisa juga karena mengalami keguguran. Tapi untuk memastikan, lebih baik berkonsultasi dengan ahli ginekologi, apakah karena infeksi atau pas hamil ternyata keguguran atau kemungkinan yang lain.

5. Oranye

warna haid © 2016 brilio.net

                                                foto: youtube.com

Warna ini hasil percampuran darah haid dengan cairan dari leher rahim. Selain berwarna oranye juga disertai garis-garis merah. Warna ini mungkin terkait infeksi, tapi lebih tepatnya kamu harus konsultasi dengan dokter ginekologi.