Brilio.net - Produk skincare dicari orang untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Walau begitu, ada beberapa bahan skincare yang tidak boleh dipakai secara bersamaan. Salah satunya adalah pemakaian AHA/BHA dan retinol untuk wajah.

Oleh karena itu, selalu hati-hati ya! Salah satu kesalahan pemakaian skincare berisiko mengalami iritasi kulit. Tentu kamu nggak mau rugi materi karena salah beli skincare. Masalah ini bisa diselesaikan dengan SPinjam, fitur pinjam uang dari Shopee.

Kandungan aktif yang tidak boleh dicampur dengan retinol

Terkadang, pemakaian skincare lebih dari satu jenis secara bersamaan untuk mendapatkan hasil optimal. Walau begitu, kamu jangan asal menggabungkan begitu saja. Ada beberapa jenis produk yang tidak bisa dipakai bersamaan dengan retinol.

1. Retinol dengan AHA/BHA

Retinol tidak boleh dipakai bersamaan dengan AHA/BHA. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan. Pemakaian berbarengan menyebabkan eksfoliasi yang berlebihan pada kulit wajah.

Retinol, AHA (acid hydroxy acid), dan BHA (beta hydroxy acid) merupakan bahan skincare yang dapat mengatasi masalah kulit. Jerawat, kulit kusam, penumpukan sel kulit mati, hingga tanda-tanda penuaan kulit dapat diatasi dengan tiga kandungan tersebut.

Retinol dan AHA/BHA memiliki cara kerja yang mirip yaitu mengangkat sel kulit mati dan membantu peremajaan kulit. Kalau digunakan bersamaan membuat sel kulit terangkat secara berlebihan. Pemakaian yang kurang tepat justru membuat kulit kering.

Sebaiknya, pemakaian bahan skincare retinol dan AHA/BHA tidak dicampur. Gunakan secara bergantian di hari berbeda. Misal, hari ini memakai AHA/BHA di wajah lalu besoknya memakai retinol untuk wajah.

2. Retinol dengan Benzoyl Peroxide

Produk ini sering muncul dalam produk untuk kulit berjerawat. Sebab, retinol dan benzoyl peroxide terkenal mampu mengobati jerawat.

Kamu jangan menggunakan retinol dengan benzoyl peroxide secara bersamaan. Dampak yang terjadi adalah kulit kamu menjadi kering, sampai kulit terkelupas. Bahkan penggabungan keduanya dapat mematikan zat aktif satu sama lain.

Kamu dapat memakai benzoyl peroxide di pagi hari, dan retinol di malam hari. Dengan begitu, pemakaian skincare membuat bahan aktif bermanfaat untuk menghilangkan jerawat di muka.

3. Retinol dengan Asam Salisilat

Retinol adalah turunan vitamin A untuk merangsang sel-sel kulit mati, meningkatkan produksi kolagen, dan mengurangi tanda penuaan. Semenatra asam salisilat berguna untuk membantu meregenasi kulit dan mengobati jerawat.

Jika ingin digunakan sebaiknya secara terpisah. Sebab ketika retinol dan asam salisilat dicampur justru meningkatkan risiko kerusakan kulit seperti kulit kering, iritasi, sampai jerawat sulit hilang. Cara mengatasinya dengan memakai asam salisilat di pagi hari dan retinol di sore hari. Hal ini membuat kulit wajah kamu makin terawat dengan baik.

4. Retinol dengan Vitamin C

Vitamin c dan retinol sering menjadi bahan produk skincare yang digunakan secara berlapis. Kedua bahan ini berkhasiat mengurangi kerutan di wajah serta meratakan tekstur kulit.

Faktanya, Retinol dan vitamin c bekerja pada kandungan PH yang berbeda sehingga tidak bisa dipakai secara bersamaan. Retinol memiliki kandungan PH basa, semenatra vitamin c berada pada PH asam. Penggunaan keduanya kurang optimal.

Kamu dapat memakai skincare kandungan vitamin C waktu siang hari karena dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV). Setelah itu, gunakan retinol saat malam hari, terutama sebelum tidur.

Kandungan skincare yang tidak boleh dipakai bersamaan

Selain retinol, ada berbagai bahan kandungan skincare yang tidak boleh dipakai secara bersamaan. Pencampuran kandungan pun nggak bisa asal-asalan. Maka, kamu perlu cari tahu kandungan skincare sebelum dipakai.

1. BHA dan Benzoyl Peroxide

Benzoyl peroxide adalah bahan yang menjadi obat totol saat wajah penuh jerawat. Kamu perlu tahu kalau bahan ini tidak dapat dipakai secara bersamaan. Pemakaian secara berbarengan dapat memicu jerawat aktif dan iritasi kulit.

2. Vitamin C dan AHA

Skincare yang mengandung vitamin C dan AHA mampu mencerahkan kulit. Namun, kamu tidak bisa menggabungkan keduanya karena sama-sama mengandung asam aktif. Dampaknya di kulit kamu adalah mengganggu keseimbangan PH kulit dan memicu iritasi kulit.

3. AHA/BHA dan Niacinamide

Sobat Shopee jangan mencampurkan AHA/BHA dan Niacinamide ya. Walaupun Niacinamide memiliki tekstur dan kondisi kulit. Tetapi, hanya bekerja pada kondisi PH netral. Sedangkan, AHA/BHA membuat PH kulit jadi rendah. Dengan demikian, menggabungkan keduanya untuk pemakaian skincare sangat tidak direkomendasikan.

Beli rekomendasi skincare retinol dengan SPinjam

Mulai sekarang, kamu perlu memperhatikan lagi kandungan skincare dan jangan asal menggabungkan. Konsultasikan kepada dokter untuk hasil terbaik. Sedangkan untuk proses pinjam uang dapat dilakukan di Spinjam.

Agar belanja jadi lebih hemat, kamu bisa memanfaatkan promo Shopee 12.12 Birthday Sale pada 14 November-12 Desember 2022! Ada Gratis Ongkir Rp0, Cuci Gudang Diskon s.d. 90%, dan Rezeki Nama Diskon s.d. 50 Ribu yang bisa bikin belanja jadi terasa semakin menguntungkan.

(brl/lak)

(brl/lak)