Brilio.net - Makeup bagi para wanita memang merupakan suatu keharusan yang tak dapat ditinggalkan setiap hari. Tapi, nggak jarang wanita melakukan kesalahan terkait penggunaan makeup, yaitu tidur tanpa menghapusnya terlebih dahulu. Padahal, hal tersebut dapat menimbulkan efek yang berbahaya, lho.

Apa saja? Berikut ulasannya seperti dilansir brilio.net dari MarieFranceAsia, Minggu (10/6):

1. Infeksi mata

makeup tidur istimewa

Para ahli menyatakan, bahwa tidak menghapus riasan mata dapat menyebabkan infeksi. Partikel pada produk makeup, seperti maskara atau eye shadow dapat menimbulkan risiko peradangan, gatal-gatal, hingga kemerahan.


2. Penuaan dini

makeup tidur istimewa

Menghapus riasan wajah sebelum tidur dapat memperlambat timbulnya keriput dan garis-garis pada kulit. Seorang dokter asal New York, Erin Gilbert, mengungkapkan jika tidur dengan makeup sama saja tidak memberikan kesempatan pada kulit wajah untuk bernapas. Hal tersebut yang dapat menyebabkan penuaan dini.


3. Menghilangkan kolagen

makeup tidur istimewa

Jika Anda tidak membersihkan riasan wajah maka radikal bebas dari lingkungan akan tetap tinggal di dalam kulit. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan kolagen dari waktu ke waktu, menyebabkan kulit kendur, dan hilangnya elastisitas kulit.


4. Timbulnya bakteri penyebab jerawat

makeup tidur istimewa

Tidak membersihkan wajah dengan benar, membuat wajah menjadi tempat bakteri untuk berkembang. Foundation atau concealer yang menyumbat pori-pori kulit dapat menimbulkan komedo hingga jerawat.


5. Bulu mata mudah rapuh

makeup tidur istimewa

Akibat tidak membersihkan sisa-sisa maskara, bukan tidak mungkin bulu mata menjadi kering dan akan berakhir pada penipisan dan kerapuhan. Tentu saja kamu tidak menginginkan bulu mata menjadi rusak, bukan?