1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Binatang
Rizky Mandasari 14 November 2017 05:59

8 Hewan ini sudah lama punah tapi diyakini masih hidup, apa saja?

Manusia-manusia yang serakah dan gila uang ini telah menyebabkan kepunahan.

Brilio.net - Bumi merupakan planet menakjubkan di mana ada beragam varietas flora dan fauna yang fantastis. Ribuan tahun yang lalu, bahkan ketika manusia masih berkembang, flora dan fauna tidak terganggu untuk terus tumbuh menjadi lebih indah.

Namun kini manusia modern telah 'mengobrak-abrik' segala sesuatu di bumi. Manusia-manusia yang serakah dan gila uang ini telah menyebabkan kepunahan banyak spesies yang indah dengan menyebabkan polusi, ledakan populasi, perburuan dan penggundulan hutan.

Perlahan, daftar hewan dan tumbuhan yang punah meningkat dari hari ke hari. Kemungkinan besar, generasi penerus kita mungkin tidak akan melihat harimau dan badak. Namun ada berita bagus!

Ternyata ada beberapa hewan yang belum punah, yang mungkin tidak benar-benar punah dan masih tinggal di suatu tempat di Bumi.

Penasaran? Yuk simak 8 hewan yang sudah lama punah tapi diyakini masih hidup dan pindah habitat seperti brilio.net lansir dari laman ListAmaze, Senin (13/11).

1. Tasmanian Tiger.


Tasmanian Tiger juga dikenal sebagai serigala Tasmania, yang diyakini telah punah di abad ke-20. Hewan ini merupakan spesies asli Tasmania, Australia dan New Guinea. Tasmanian Tiger secara resmi punah namun ada laporan tentang penampakan mereka di wilayah ini tanpa banyak bukti.


2. Baiji.

Baiji adalah lumba-lumba sungai air tawar yang ditemukan di Sungai Yangtze di China. Baiji juga dikenal sebagai lumba-lumba sungai Cina atau lumba-lumba Yangtze.

Pada tahun 2006, Baiji tidak ditemukan dan kemungkinan besar punah dikarenakan penangkapan ikan serta pembangkit listrik tenaga air yang ekstensif. Namun pada tahun 2007, seorang pria China dilaporkan merekam seekor hewan besar yang berenang di Sungai Yangtze. Kemungkinan, hewan ini masih ada dan belum punah.

3. Harimau Jawa.

Harimau Jawa adalah spesies asli Pulau Jawa di Indonesia sampai pertengahan 1970-an. Mereka telah dilaporkan terlihat di beberapa bagian Pulau Jawa oleh penduduk desa pada tahun 2009 dan 2010. Perluasan lahan yang ekstensif oleh penduduk yang biasa mengolah padi di pulau ini, telah menyebabkan kepunahan lambat harimau ini.

4. Berang-berang sungai Jepang.

BRILIO VIDEO

Laila Sari, Jadi Tulang Punggung Keluarga Hingga Napas Terakhirnya
Beberapa hari sebelum meninggal, Laila Sari mengungkapkan alasan mengapa ia masih bekerja hingga usia senjanya. Simak selengkapnya di Brilio.net!

Berang-berang sungai Jepang adalah spesies punah yang pernah ditemukan di Jepang. Hewan ini telah ditandai sebagai sangat terancam punah dan secara resmi dinyatakan punah pada tanggal 28 Agustus 2012. Namun ada banyak laporan tentang penampakan mereka pada tahun 2013, yang membuat banyak orang bingung dengan status kepunahan mereka saat ini.


5. Beruang grizzly Meksiko.

Beruang grizzly Meksiko adalah subspesies beruang coklat yang resmi dianggap sudah punah. Mereka adalah hewan terbesar dan terberat di Meksiko. Pada tahun 1964, mereka secara resmi dinyatakan punah. Namun pada tahun 1979, sebuah penelitian menunjukkan kemungkinan keberadaan mereka. Ada rumor tentang penampakan mereka di area Amerika Utara.


6. Serigala Honshu.

Serigala Honshu juga dikenal sebagai serigala Jepang yang merupakan salah satu dari dua spesies serigala yang telah punah dari kepulauan Jepang. Mereka secara resmi dianggap telah punah sejak tahun 1905. Namun, ada beberapa laporan tentang penampakan serigala ini sejak mereka dianggap punah.


7. Solenodon Kuba.

Solenodon Kuba adalah mamalia beracun dari Kuba. Hewan ini unik dikarenakan air liurnya yang mengandung racun. Mereka sangat mirip dengan solenodon Hispaniolan. Mamalia ini dianggap punah pada tahun 1970. Namun kemudian pada tahun 1974 dan 1975, mereka ditemukan kembali. Selanjutnya, mereka ditemukan lagi pada tahun 1993.


8. Eastern Cougar.

Eastern Cougar adalah subspesies Cougar Amerika Utara. Mereka dinyatakan punah pada tahun 2011 oleh A.S. Fish and Wildlife Service. Ada banyak penampakan hewan ini di wilayah utara Amerika Utara oleh penduduk. Hingga saat ini masih belum ada bukti keberadaan mereka, namun banyak orang di kawasan ini yang masih melihat Eastern Cougar.

(brl/swh)

YOU MAY ALSO LIKE

4 Seleb Ini Dilabrak Gegara Rebut Suami Orang
Baru-baru ini ramai berita tentang artis yang dilabrak karena persoalan hubungan asmara. Simak selengkapnya di video Brilio.net berikut.
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    100%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

8 Hewan ini sudah lama punah tapi diyakini masih hidup, apa saja? .
Manusia-manusia yang serakah dan gila uang ini telah menyebabkan kepunahan.
https://www.brilio.net/binatang/8-hewan-ini-sudah-lama-punah-tapi-diyakini-masih-hidup-apa-saja--171113t.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories


Jangan cuma disimpen sendiri,
Posting karyamu dan menangin uang tunai
di platform baru, Brilio Creator!

Ikutan Di Sini
TOP

Would you like to switch to the English Version?