Brilio.net - Memiliki teman yang suka mencemooh atau berkata pedas? Atau mungkin kamu sendiri yang memiliki pembawaan begitu?

Tak dipungkiri sekali waktu makan hati, ya. Namun ternyata, tidak sepenuhnya sarkasme itu buruk, lho.

Para peneliti dari lulusan sekolah bisnis Amerika Serikat (termasuk Harvard) menyelenggarakan serangkaian percobaan untuk menganalisis pengaruh komentar sarkasme terhadap kreativitas seseorang.

Serangkaian percobaan itu misalnya seperti menyalakan lilin dan memasangnya ke dinding tanpa membiarkan lilin menetes di lantai. Studi ini menemukan bahwa mengatakan dan mendengarkan komentar sarkastis akan bermanfaat bagi proses kreatif.

"Kami menemukan sarkasme dapat merangsang kreativitas, lahirnya ide, wawasan atau solusi masalah yang baru dan berguna," terang ketua peneliti, Li Huang, seperti dikutip brilio.net dari laman METRO, Kamis (30/7).

Kalau teringat kutipan Oscar Wilde (seorang penulis dan penyair Irlandia) 'Sarcasm is the lowest form of wit' atau sarkasme adalah bentuk kecerdasan terendah, faktanya para peneliti menemukan bahwa justru sarkasme merangsang pikiran lebih cerdas.

Bagaimana menurutmu, guys?