Brilio.net - Ada lima tipe kepribadian berdasarkan konsep STIFIN yang diperkenalkan oleh seorang bernama Farid Poniman. Konsep ini adalah hasil kompilasi dari teori-teori psikologi, neuroscience, dan ilmu sumber daya manusia (SDM). Prinsip utamanya mengacu ke konsep kecerdasan tunggal dari Carl Gustaav Jung.

Mengenali tipe kepribadian penting buat kamu, supaya bisa berkarir atau berkarya di tempat yang tepat. Jadi kamu bisa enjoy dengan pekerjaanmu kelak. Berikut ini rangkuman dari brilio.net buat kamu soal sensing, seperti dikutip dari stifin.com dan Jamil Azzaini:

1. Sensing Introvert
Kepribadian ini ambisius tapi gampang nyerah, kayak barang getas. Sensing introvert mesti didekati secara alus. Kadang sulit ditaklukkan karena selalu ingin bersaing bahkan semua orang dijadikan pesaing, tapi kadang jadi pribadi penurut, berjiwa petualang yang senang jalan-jalan. Dan dia sepertinya nggak sadar kalau memposisikan teman perjalanannya sebagai pesaing.

Sebenarnya jenis ini jago menyelesaikan masalah, sayangnya orangnya cepat berubah dan mudah gelisah. Kehebatan utamanya adalah kemampuannya untuk merangkum, cuma lucunya kadang ia 'blank' atau kosong. Ada masa-masa dimana ia seperti kosong menatap benda tanpa makna. Memiliki kemampuan untuk mengenali benda-benda fisik yang nyata disamping anehnya ia memiliki kemampuan telepatis pada hal yang tidak nyata.  

Sensing introvert sangat berbakat menjadi aktor atau aktris karena kemampuannya untuk unjuk kebolehan, dan seringkali tanpa sadar ia sedang menghalalkan segala macam cara untuk unjuk kebolehannya tadi. Wah, orang tipe ini uletnya bukan main, tapi aduh bawelnya minta ampun.

2. Sensing Ekstrovert
Kepribadian ini seperti berkelamin ganda. Kadang kokoh seperti laki-laki tapi kadang sangat manja seperti perempuan. Perempuan jenis ini kalau sudah menjanda akan cenderung menjadi single parent karena merasa tidak perlu orang lain, kewanitaannya dan kelaki-lakiannya seperti sama-sama dimilikinya.

Sensing ekstrovert punya jiwa petualang yang ingin pergi menjelajah dunia tapi hatinya kerdil sering minder. Dia pinter ngeles tapi punya kekuatan sebagai pendamping yang menyenangkan. Pembawaan sehari-harinya kalem, lembut, seperti seorang pemalas tapi sesekali akan menjadi petir yang sangat kuat.

Sosok ini amat dermawan tapi nggak akan menghabiskan semua hartanya karena ia selalu mau menyiapkan belanja untuk bersenang-senang. Mereka jenis penikmat yang tiada tandingannya. Dalam hal kemampuan mengingat keadaan secara kronologis mereka ahlinya dan itulah yang menjadi kekuatan untuk berdialog bahkan debat kusir dengan lawan bicaranya.

Kepribadian ini adalah pekerja yang tangguh, tapi mereka tidak suka bekerja dalam suasana ketidakpastian.  Mereka termotivasi dengan adanya  kepastian. Meski mereka jenis pendamping yang setia tapi kalau sudah dilukai mereka bisa segera minggat.

Bagian otak yang paling dominan dari tipe sensing adalah limbik kiri. Mereka punya sifat khas yaitu rajin. Tipe sensing punya passion untuk melakukan pekerjaan detail dan kecil tapi jumlahnya banyak. Mereka lebih mudah kalau ada contoh yang bisa ditiru. Jadi pebisnis franchise lebih menyenangkan bagi tipe sensing ketimbang harus menangani sebuah proyek besar yang menuntut kreativitas dan belum ada contohnya. Salah satu tokoh berkepribadian sensing adalah Chairul Tanjung.

Karir yang bisa digeluti untuk kamu yang berkepribadian sensing adalah sebagai berikut:

Dokter, bankir, sejarawan, administratur, birokrat, operator, sekretaris, polisi, tentara, wartawan, pegawai swasta, pedagang, agribisnisman, peneliti, atlit, penyanyi, aktor/aktris, staf umum, pekerja pabrik, security, pilot/driver, pramugari, pelukis naturalis, fotografer, cameraman, presenter, model, penari, peladang, petani, peternak, pelaut, salesman, animator, pekerja lapangan dalam berbagai sektor.